Bikin Yamaha Gear 125 Rasa Racing ? Bisa

motogokil.com – Asssalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sebelum yamaha gear 125 hadir, yamaha mio sudah dikenal sebagai motor matik yang kencang, sangat powerful. Bahkan sering dijadikan basis motor balap skutik. Dan sering menang pula dalam ajang balapan nasional.

Untuk melengkapi kemampuna yamaha gear 125 menggantikan mio, maka gear 125 juga bisa dijadikan lebih kencang lagi. Meskipun dalam kondisi standarnya sduah encang. Sebelum meng upgrade performa mesinnya, ada baiknya melihat spesifikasi standarnya.

Volume Silinder : 124.96 cc
Daya Maksimum : 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 9,5 Nm / 5500 rpm
Diameter x Langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1

Ternyata gear 125 sudah memiliki stroke yang cukup panjang, tentu saja untuk mempebesar dayanya dapat dengan mudah dengan mem-boreup diameter silidernya. Paling ideal sih dijadikan square, alias diamater silindernya berada di sekitar 57 -58 mm. Power bertambah laksanan motor berkapasitas 150cc.

Kemudian untuk menyempurnakan pembakarannya, dapat dilakukan peningkatan rasio kompresi. Maklum kalau mau kencang ya kompresi dibiin lebih padet, sekitar 10 – 10,5. Bahkan kalau berani bermain di angkkan 11, dengan syarat bensinya pakai pertamax turbo. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan piston jenong, tapi dengan syarat lift nokenas harus diperhatikan, agar klep tidak menabrak piston.

Jika dirasa masih kurang kencang, bisa meggeser power puncak di sekitar 10500 rpm. Tentu saja ubahan ang harus dilakukan sangat banyak, selain mengaplikasi ecu racing. Yaitu perubahan ukuran throttle body, intake manifold, head beserta isinya, header kanlpot dan injector. Selanjutnya tinggal menyesuaikan rasio gearbox, bobot roller dan konstanta pegasnya. Jika semua ini sudah dilakukan, maka jadilan gear 125 menjadi gear 150 racing.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan