MPM Honda Jatim Dukung Penuh “Halal bi Halal” Jatimotoblog 2023

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Alchamdulillah sampai saat halal bi halal blogger dan vlogger jatimotoblog dihelat di kota batu, sebahagian besar anggotanya dalam keadaan sehat dan sempat sehingga bisa hadir dalam acara tersebut. Acara ini didukung penuh oleh MPM Honda Jatim dalam hal akomodasi, konsumsi dan juga oleh-oleh. Sehingga dalam hal penyelenggaraan dari awal hingga akhir dapat iwf (admin motogokil, yang juga sempat hadir dalam sebagian acara tersebut) katagorikan sukses.

Meskipun demikian dari ragam acara yang diadakan, menurut iwf secara pribadi ada beberpa koreksi yang harus dilakukan pembenahan dalam hal substansi (isi) acara halal bi halal ini. Sehingga acara seperti ini bisa lebih baik lagi, memiliki makna yang lebih, sesuai dengan arti penting dari kata “halal bi halal”, dan tidak hanya menjadi acara formal yang hanya berisi seremoni belaka, seperti acara-acara seremoni lainnya. Sehingga acara dapat memberikan manfaat yang jauh lebih banyak bagi yang menghadirinya.

Sebelumnya iwf mau sampaikan bahwa acara ini sejatinya berisi beberapa agenda yang bermanfaat, yaitu :

  1. Zoom dengan blooger-vlogger nasional untuk saling sapa dan mungkin juga mendapatkan masukan untuk jatimotoblog
  2. Mengunjungi makam sesepuh jatimotoblog, mbah wiro

Tadinya Iwf berharap dua acara ini dapat memberikan inspirasi dan pencerahan bagi semua yang terkait dalam jatimotoblog. Akan tetapi setelah iwf mengikuti mulai dari zoom, kemudian hadir di lokasi sekitar jam 11 malam, sampai berangkat pulang, maka iwf menyimpulkan bahwa memang secara agenda, semuanya sukses diadakan. Akan tetapi secara subsatansi sepertinya tidak mendapatkan hasil yang memang seharusnya menjadi topik penting agenda halal bi halal ini.

Beberapa kandungan penting yang seharusnya didapatkan, tetapi ternyata lepas atau miss dari acara ini adalah :

  1. Tidak adanya percakapan yang serius berisi tentang kondisi yang dihadapi oleh para blogger-vlogger saat ini, khususnya anggota jatimotoblog, umunya blogger-vlogger nasional, terkait dengan suasana otomotif nasional dan dunia, bagaimana cara mengatasi permasalahan yang menyertainya dan langkah-langkah apa yang akan dilakukan oleh jatimotoblog untuk membantu para anggotanya.
  2. Pemaknaan kata “Halal bi halal” yang masih pada tataran kulit, belum masuk pada makna kata. Menurut iwf halal bi halal bermakna, saling menghalalkan (mema’afkan) kesalahan dari orang-orang yang berjumpa setelah ‘idul fithri’. Di bulan romadhon kaum muslimin berusaha membersihkan dirinya dari dosa-dosanya kepada Allah, dengan banyak beribadah, khususnya sholat tarawih di malam hari dan berpuasa di siang harinya. Kemudian kesalahan-kesalahan kecil saat romadhon dibersihkan dengan zakat fithrah menjelang akhir romadhon.
    Selanjutnya proses pembersihan dosa dilakukan secara horizontal, yaitu antara dirinya (yang telah beribadah di bulan romadhon dan zakat fithrah) dengan orang lain. Yaitu dengan cara meminta ma’af jika memang ada kesalahan, dan juga mema’afkan orang lain yang memiliki kesalahan padanya. Seharusnya ini menjadi acara inti, sesuai dengan judul acaranya. Yaitu memaknai halal bi halal dengan lebih tepat, tidak hanya sesuatu yang ringan untuk dituliskan. Akan tetapi setelah iwf tunggu sampai tengah malam, ternyata memang acara seperti ini tidak diagendakan, sayang sekali
  3. Setelah melewati acara di sebahagian malamnya, maka menurut iwf acara lainnya hanyalah sekedar pelengkap. Termasuk acara berkunjung ke makam salah satu sesepuh jatimotoblog, mbah wiro. Menurut iwf (mohon maaf jika keliru, ini hanya pendapat pribadi yang mungkin tidak sesuai dengan pendapat masing-masing anggota jatimotoblog dan juga pembaca motogokil), terminologi “halal bi halal” ada bahkan erat hubungannya dengan “kuburan”, yang dalam hal ini makam mbah wiro.
    Semua kita akan mati, masuk kubur, tidak ada yang abadi. Seperti halnya mbah wiro yang sudah berangkat duluan, sementara kita pasti menyusulnya. Kita tidak tahu kapan kita akan menyusul mbah wiro, bisa sebentar lagi atau mungkin masih lama. Yang terpenting bukan waktunya, akan tetapi “bekal” ketika kita masuk ke “alam lain” di dalam kubur, yaitu alam barzakh. Jadi fahami, bahwa mati adalah pintu masuk dari alam dunia ke alam kubur.
    Tidak ada yang tertinggal mendampingi diri kita di alam kubur selain amal kita di dunia saat kita hidup. Jadi saat masuk alam kubur, kita seakan baru bangun dari mimpi. Alam kubur adalah alam riil, sementara saat kita hidup di dunia adalah alam mimpi, dan kita tidak bisa kembali ke alam mimpi lagi. Tinggal kita menghadapi malaikat penjaga kubur, jika amal kita baik, maka malaikat penjaga kubur mempersilahkan kita menonton keindahan surga dari dalam kubur. Dan jika amal kita buruk, maka malaikat penjaga kubur akan menyiksa kita sampai hari kiamat tiba.
    Nah dengan adanya acara halal bi halal, seharusnya kita dapat saling menghapus dosa diantara kita. Karena kita adalah manusia biasa yang tidak akan luput dari salah dan lupa. Dengan halal bi halal maka dosa, dendam, hasad, iri dan dengki seharusnya berguguran, seiring dengan keichlasan kita saat berjabat-tangan. Dan ini menjadi bekal penting bagi kita dalam menghadapi kehidupan kita di alam kubur nanti. Yiatu menghilangkan beban-beban dosa kita kepada orang lain.
    Selain itu agar kita tidak membuat kesalahan yang sama, maka kita saling berwasiat untuk melakukan kebenaran dan berwasiat dalam menghadapi segala sesuatunya dengan kesabaran. Dan ini hanya bisa dilakukan jika jatimotoblog merupakan suatu organisasi yang solid yang memperhatikan permasalahan ini dengan tujuan hidup yang jelas. Dan hal ini sungguh berat untuk dilakukan bagi orang-orang yang tujuan hidupnya tidak fokus pada satu arah yang benar.

Demikianlah impresi iwf pada acara halal bi halal jatimotoblog tahun 2023 ini. Terimakasih iwf ucapkan kepada mpm honda jatim dengan dukungan penuhnya dan juga para panitia yang telah berusaha dalam menyukseskan acara ini. Semoga kedepannya acara seperti ini bisa menjadi lebih baik lagi, baik agendanya maupun isinya.

Wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.