Tips Atasi Tuas Kopling Patah, Gampang

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Salah satu permasalahan motor dengan kopling manual adalah gagang/tuas kopling patah. Penyebab patah biasanya karena terjatuh, dan gagang kopling menghantam sesuatu yang cukup keras. Kalau gagang koplingnya ori (original), biasanya hanya bengkok saja, karena bahannya kuat dan ulet. Tapi jika imitasi, seringkali jika jatuh dan mengenai benda keras, misalnya jalan aspal atau beton, atau kena batu, bisa langsung patah.

Yang repot kalau ketika patah, posisi di tengah jalan atau di tengah hutan, wah repot pastinya, motor jadi susah masuk gigi. Bisa sih dipaksain tapi nggak enak. Nah seandainya tuas koplinga patah hanya sebagian, masih ada gagangnya sedikit, masih bisa diakalin. Cukup untuk bisa dipakai ke bengkel, untuk beli tuas kopling yang baru.

Begini tips dan caranya …

Faham kan ?
Jadi intinya :

  1. Harus disambung dengan suatu batang, bisa baut besi atau mungkin kayu (tapi kayu yang keras dan kuat).
  2. Kemudian diikat ke sisa patahan tuas tadi, kalau kebetulan di rumah bisa menggunakan klem/clamp baja seperti di gambar. Untuk sementara mungkin bisa menggunakan klem selang kompor gas di dapur, biasa ada 2 di kompor dan di regulatornya, pinjam saja dulu. Kalau darurat yang diikat dengan akar, tali atau kawat yang kuat, cari di pinggir jalan.

Tapi kalau patahnya di pangkal tuas, alias tidak tersisa tuasnya sedikit pun untuk disambung, ya terpaksa gunakan tips seperti saat tali kopling putus. Diantaranya seperti yang ada di artikel ini.

Jadi jika ternyata tidak ditemukan batang yang kuat untuk disambung dan juga pengikat yang kuat untuk menyambung batang dengan tuas yang patah, ya terpaksa pakai cara ini juga.

Tapi kalau patahnya cuma pendek saja, alias tuas yang tersisa masih cukup panjang, ya santai saja. Masih bisa digunakan, tapi nggak enak kalau licin. Karena tidak terdapat “pentol” sebagai pengganjalnya. Kalau tuas tersebut orsinil, masih bisa diakalai dengan sedikit dibengkokkan.

 

Dijadikan seperti ini, mungkin dibantu dengan menggunakan pemanas agar mudah membengkokkannya.

Dan segera mengunjungi bengkel motor, toko sparepart atau toko tambal ban terdekat. Barangkali di sana ada part pengganti atau minimal ada akal-akalan yang lebih baik yang bisa membantu mengatasi masalah ini.

Semoga tips ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan