Tips Agar Shockbreaker Motor Kalian Lebih Awet

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Peredam kejut atau yang biasa dikenal sebagai shockbreaker menjadi salah satu komponen yang berguna untuk meredam getaran atau guncangan suatu kendaraan. Manfaat dari shockbreaker akan terasa ketika pengendara melewati jalanan berlubang, karena komponen ini akan membantu menimilisir guncangan yang terjadi. Selain itu, shockbreaker juga berfungsi untuk menjaga agar bearing ban dapat bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) merekomendasikan seluruh pengguna kendaraan roda dua untuk merawat shockbreaker kendaraanya. Shockbreaker yang keras dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Sehingga perlu dirawat agar kondisinya tetap dalam keadaan prima. Dwi Suwanto, selaku Instruktur Service Yamaha STSJ mengungkapkan :

“Kalo shockbreaker nya tidak berfungsi dengan baik sudah pasti membuat pengendara tidak nyaman dan cepat pegal. Bukan tidak mungkin bisa merubah posisi atau setelan komponen lainnya,” ungkapnya.

Adapun Dwi memberikan tips cara menjaga Shockbreaker agar tetap awet :

  1. Jaga kebersihan shockbreaker anda karena kotoran yang menempel terlebih dalam waktu yang lama akan membuat seal shockbreaker.
  2. Kalau bisa hindari rute jalan yang tidak rata karena akan membebankan shockbreaker kendaraan. Ketika anda terpaksa melewatinya, usahakan untuk berkendara dengan hati-hati.
  3. Jangan membawa beban terlalu berat karena akan mengganggu suspensi kendaraan sehingga shockbreaker akan bekerja lebih extra.
  4. Hindari modifikasi pada shockbreaker. Seringkali konsumen memasang aksesoris pada shockbreaker dengan tujuan mempercantik tampilan, padahal dalam beberapa kasus aksesoris tersebut mengganggu kinerja dari shockbreaker tersebut.
  5. Jika memasang kunci cakram/roda depan jangan terlalu rapat dan jangan lupa melepas kuncinya sebelum motor digunakan. Supaya shockbreaker tidak terjadi kerusakan.
  6. Umumnya penggantian oli shockbreaker dilakukan setiap 2-3 tahun sekali. Namun, segera ganti oli shockbreaker jika anda terlalu sering melewati medan jalan yang berat.

Segera lakukan pemeriksaan komponen kendaraan anda di bengkel resmi Yamaha. Teknisi Handal Yamaha akan memberikan pelayanan terbaik guna menjaga keamanan dan kenyamanan pengendara sepeda motor Yamaha.

Informasi terkait bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898

Semoga tips ini bermanfaat bagi semua rider pemirsa motogokil sekalian. Wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

#ASLILEBIHBAIK

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan