Tips Atasi Tarikan Motor Kurang Responsif

motogokil.com- Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pernahkan anda mengalami momen ketika ingin menarik gas yang dalam guna membuat kendaraan melaju lebih cepat, namun tarikan gas tidak maksimal atau kurang responsif? Hal ini kerap menjadi permasalahan yang dimiliki oleh pengendara roda dua. Tentu hal ini membuat pengendara bertanya-tanya mengenai kondisi dan performa kendaraannya.

GM Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ), Ilham Wahyudi menyampaikan ada beberapa faktor yang bisa menjadi faktor tarikan gas kurang responsif. Sering kali konsumen mengira kesalahan terletak pada bahan bakar, namun bisa jadi karena ada faktor lain yang mempengaruhi.

“Pastinya hal ini tidak boleh disepelekan oleh pengendara sepeda motor. Segera bawa ke bengkel untuk melakukan pengecekan, sehingga performa motor bisa terus terjaga,” ungkap Ilham.

Adapun Ilham membagikan tips yang bisa dilakukan jika tarikan gas pada kendaraan kurang responsive :

1. Cek kondisi busi kendaraan
Busi dengan umur yang sudah tua bisa menyebabkan sistem pengapian pada kendaraan jadi kurang maksimal. Pastikan kondisi busi dalam keadaan bagus dan selalu gunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan.

2. Ganti oli secara berkala
Sistem pelumasan juga menjadi faktor yang penting untuk komponen kendaraan. Komponen mesin yang terlumasi dengan baik dapat mengembalikan performa mesin dan membuat tarikan menjadi lebih responsif.

3. Bersihkan ruang bakar
Ruang bakar yang penuh kerak karbon mempengaruhi proses pembakaran jadi kurang maksimal. Gunakan carbon cleaner setiap 3000 km.

Segera jadwalkan service berkala secara rutin di bengkel resmi Yamaha terdekat dan selalu gunakan part dan oli Yamalube yang ASLI. Informasi terkait bengkel resmi Yamaha dapat dilihat melalui website www.yamaha-stsj.com atau melalui CS Yamaha STSJ di 08228 – 7777 – 898.

#ASLILEBIHBAIK

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan