Kendaraan Bermotor di Ambang Kepunahan, Bermula di Eropa

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Fenomena kendaraan listrik (electric vehicle) terus bergulir dan auranya semakin kuat, apalagi baru saja diadakan moto-e di jakarta. Seiring dengan itu, kendaraan bermotor (dengan penggerak combustion engine) semakin di tekan keberadaannya. Seperti yang terjadi di eropa dengan semakin ketatnya standar emisi yang diberlakukan sampai saat ini [artikel].

Hal ini mengindikasikan bahwa kendaraan bermotor semakin dibatasi, sementara kendaraan listrik didorong untuk tumbuh dan tersosialisasi dengan baik. Dan menjadikan iwf semakin yakin adalah uni eropa sedang membuat proposal untuk mendirikan EV station charging (tempat pengecasan kendaraan listrik) di setiap 60 kilometer [artikel]. Dan juga siap menghentikan penjualan kendaraan bermotor di eropa padda tahun 2035 [artikel], berarti tinggal 13 tahun lagi ya.

Tiga indikasi di atas (pengetatan standar emisi, persiapan sarana-prasarana kendaraan listrik dan penghentian penjualan kendaraan bermotor) menunjukkan bahwa kendaraan bermotor telah mulai memasuki ambang kepunahan, khususnya di eropa. Dan biasanya akan disusul di negara-negara maju lainnya seperti amerika, jepang, singapura dan yang lainnya. Dan kemudian akan diadopsi oleh beberapa kota besar di negara-negara lainnya yang cukup mampu menyadiakan sarana-prasarana kendaraan listrik.

Seperti kita ketahui bersama bahwa memang penelitian dan produksi kendaraan listrik sudah berlangsung cukup lama. Akan tetapi karena kendaraan bermotor dinilai masih lebih handal dan efisien, maka perkembangan kendarran listrik berjalan lambat. Akan tetapi tampaknya memasuki abad 21 ini, hampir semua produsen kendaraan bermotor berlomba membuat kendaraan listrik terbaiknya. Apalagi di motivasi oleh lahirnya kendaraan listrik terbaik tesla yang tidak memiliki latar belakang produsen kendaraan bermotor.

Sampai saat ini teknologi dan performasi kendaraan listrik sudah sangat tinggi, dan sudah siap menggantikan kendaraan berbahan bakar fosil. Berikut ini beberapa aspek dari perkembangan teknologi dan performa kendaraan listrik saat ini, yang siap memusnahkan kendaraan bermotor :

  • Sudah ditemukannya motor listrik bertenaga sangat kuat dengan bobot yang relatif lebih ringan. Missalnya motor elektrik quark yang dibangun koenigsegg, dengan bobot yang hanya 28 kg mampu menghasilkan power 250 kW (sekitar 335 hp) dengan torsi 600 Nm [artikel].
  • Kendaraan listrik seperti mobil listrik, dapat memiliki kapasitas baterei yang sangat besar. Salah satunya adalah tesla model s/x yang dibekali baterei dengan kapasitas 100 kWh (dilaporkan sekitar 99 kWh), mampu menjangkau 405 mil (atau sekitar 652 km) untuk sekali pengisian.

    Apalagi teknologi baterei juga terus berkembang, sehingga baterei semakin ringan dengan kapasitas yang semakin tinggi. Dan juga memiliki kemampuan pengisian (charging yang semakin cepat), seperti teknologi baterei nanobolt lithium tungsten, zinc manganese oxide, organosilicon electrolite dan lain-lain [artikel]
  • Kemampuan pengisian yang semakin cepat, misalnya mobil listrik lucid air, memiliki kecepatan pengisian 20 mil (32,2 km) per menit [artikel]. Artinya pengisian baterei dalam 20 menit, akan mampu menjangkau 644 km, jarak yang jauh untuk mulai istirahat.
  • Kendaraan listrik dapat melaju dengan cukup kencang, baik mobil maupun motor. Misalnya motor listrik lightning ls-218 yang memiliki topspeed 351 kpj [artikel],

    dan mobil listrik aspark owl yang memiliki topspeed 400 kpj [artikel]

 

Jadi cara unit, teknologi dan performa kendaraan listrik baik mobil ataupun sepeda motr sudah sangat siap menggantikan kendaraan bermotor. Tinggal kesiapan dari negara-negara yang ingin menerapkannya yang meliputi :

  1. Sosialisasi kepada masyarakat
  2. Sarana dan prasaranan statiun pengisian
  3. Penanganan limbah baterei dan lain-lain yang mungkit terkait hal bukan teknis (misalnya ekonomi dan politik).

Dan memang jika semuanya semakin siap, maka kendaran bermotor dengan penggerak mesin bakar akan mulai memasuki ambang kepunahan. Di lain sisi justru kendaraan listrik akan mulai mendominasi alat transportasi masyarakat. Seperti yang terjadi di beberapa negara eropa, misalnya di swedia yang mayoritas sudah menggunakan kendaraan listrik/hibrid [artikel]

Meskipun demikian, apakah kendaraan dengan penggerak motor bakar akan benar-benar punah ? Iwf rasa nggak juga, bahkan mungkin masih bisa bertahan ketika ditemukan teknologi yang mampu memproduksi bahan bakar dari tumbuhan dengan harga murah. Artinya ketika masih bisa menghasilkan bensin atau soler dari tumbuhan atau hewan dengan harga murah, maka kendaraan dengan sumber penggerak motor bakar akan terus bertahan.

Karena kendaraan ini memiliki satu-satunya keunggulan yang sulit ditandingi yaitu pengisian sumber energi, seperti saat kita ngisis bensin cukup 1 menit, motor bisa melaju lebih dari 500 km. Selain itu selama ada kendaraannya tanpa beli lagi dan pom bensin masih buka, kendaraan bermotor akan tetap eksis, meskipun persentasenya menurun.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan