AHM Menghadapi Permasalahan Suplai Chip, Siapa Biang Keroknya ?

motogokil.com _ Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Dalam laman resminya AHM menyatakan sumber terhambatnya proses produksi sepeda motornya adalah suplai chip (IC) yang terganggu. Dan hal ini melanda seluruh dunia, sehingga semua produksi peralatan termasuk sepeda motor yang mengandalkan kontrol modern berbasis IC juga terganggu. Berikut penuturannya :

” Saat ini kami sedang mengalami keterlambatan distribusi sepeda motor Honda karena kelangkaan pasokan chip semikonduktor yang melanda dunia. Semikonduktor merupakan salah satu komponen penting bagi sejumlah industri, termasuk otomotif. Tanpa chip semikonduktor, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna.”

Dan jika diamati kejadian besar di awal tahun 2022 tidak lepas dari penyerbuan rusia ke ukraina. Beberapa kejadian besar tersebut adalah :

  • Isu covid-19 dengan serta merta hilang
  • Ekonomi dunia terguncang, embargo yang diterapkan eropa dan amerika kepad rusia memukul balik eropa dan amerika.
  • Ternyata ukraina adalah salah satu negara penghasil gas neon (gas mulia) yang berperan penting dalam proses pembuatan divais semikonduktor termasuk IC.

Proses tersebut adalah proses pemindahan pola bentuk geometris pada masker ke lapisan tipis (beberapa mikron) dan bahan yang peka terhadap radiasi (photoresist). Arinya jika gas neon tidak tersedia, maka proses pembuatan chip IC akan berhenti. Dan inilah yang mengakibatkan para produsen IC tidak bisa /terhambat dalam memproduksi IC yang kebetulan dibutuhkan oleh industri otomotif seperti AHM.

Jadi biang kerok terhambatnya produksi motor adalah kelangkaan gas neon, akibat rusia menginvasi ukraine. Karena dipekirakan ukraine menghasilkan pasokan gas neon 45% -54% kebutuhan neon dunia. Dan saat invasi rusia, produksi neon di ukraine langsung berhentu total, pabriknya hancur.

 

Selain itu memanasnya hubungan antara china dengan taiwan ikut memberikan dampak yang sigifikan terhadap kontraksinya pasokan chip dunia. Karena di taiwan terdapat 20% produsen chip dunia, sehingga memanasnya suasana di sana, mengakibatkan panic buying chip di seluruh dunia. Sehingga bagi pengguna yang kurang sigap, tidak akan kebagian, atau biaya pembeliannya menjadi membengkak akibat memberi dari pihak ke-3.

Tentu saja sepeda motor yang diproduksi oleh ahm yang sudah mengandalkan sistem pgmfi ditambah dengan fitur-fitur elektronik modern sangat terpengaruh oleh kondisi ini. Pasalnya dua kejadian di atas mengakibatkan pasokan ic untuk berbagai keperluan tersebut tidak tersedia. Akibatnya motor tidak bisa “jadi” secara utuh, secara mekanik lengkap (engine, rangka, roda, cover body dll) akan tetapi bagian elektroniknya masih belum tersedia.

Semoga kelangkaan ini dapat segera berakhir, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Kelangkaan Chip Teratasi, Honda Siap Penuhi Permintaan Konsumen - MOTOGOKIL

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan