Gaya Riding yang Terpaksa Lucu dan Berbahaya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Untuk urusan sepeda motor dan semua yang terkait dengan sepeda motor, Indonesai memang nggak ada matinya. Bukan saja di tingkat lokal dan nasional, bahkan di tingkat internasional juga bikin orang luar terheran-heran, seperti yang terjadi di mandalika kemarin. Dan selain itu gaya berkendara rakyat Indonesia juga yang bisa bikin orang luar geleng-geleng kepala ketika melihatnya.

Termasuk beberapa pembalap motogp, yang melihat orang-orang indonesia dengan santainya naik motor dengan kecepatan 40 kpj, goncengan lebih dari dua, bahkan sambil menggendong bayi. Mungkin mereka sudah terbiasa naik motor dengan menggunakan standar keselamatan yang tinggi, sehingga hal tersebut dianggap sangat berbahaya. Dan mereka sama sekali belum pernah melihat yang seperti itu di negara mereka.

Kalau para pembalap motogp, termasuk aleix espargaro dan yang lainnya melihat ini pasti mereka tercengang…

Naik motor dengan gaya seperti ini, di jalan umum, dengan barang bawaan over size dan tanpa helm, tentunya sangat-sangat berbahaya menurut mereka. Tentu saja menurut rider tanah air yang sadar keselamatan berkendara (safety riding) juga dianggap tidak safety (aman). Karena bisa membahayakan diri sendiri juga oerang lain, baik pengendara maupun pejalan kaki.

Akan tetapi kebanyakan dari mereka melakukan ini disebabkan karena terpaksa. Ya terpaksa karena beberapa sebab :

  • tidak punya kendaraan lain selain motor
  • tidak ada anggaran bensi dan waktu untuk bolak-balik mengangukut barang secara tepat (dengan ukuran dan bobot yang wajar), dan sebab lain-lainnya.

Akhirnya bagi para pengendara lainnya tampak lucu, karena posisi pengendara yang tak wajar di atas motor. Dan tentu saja berbahaya, karena pengendara tidak bisa melihat dengan jelas apa yang ada di depan motor. Dan kemampuan manuver menjadi sangat terbatas, bayangkan jika ada lubang atau batu tepat di depan, bakalan lansung kejeglong atau terpelanting, yang bisa menyebabkan dia jatuh.

Semoga kita tidak melakukan hal yang seperti ini, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.