Salah Satu Ancaman di Jalan…Ban Truck Lepas

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatulllohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Ban truck lepas dan melaju kencang, bahkan terbang sangatlah berbahaya bagi siapapun. Apalagi yang lepas ban belakang yang masih double karena terikat dengan velgnya, massanya menjadi jauh lebih besar lagi. Karena bobot 2 ban saja sudah berat, apalagi ditambah dengan bobot velg bajanya, bisa sangat mematikan jika mengenai seseorang baik yang ada di pinggir jalan maupun yang sedang mengendarai motor.

Baru saja sebuah video menggambarkan bagaimana efek merusaknya ban truk yang lepas ini. Padahal hanya terserempet sedikit saja pada bagian belakang. Motor skutik maksi ini jadi rusak parah, jangankan bagian plastiknya, bagian swingarm nya pun sampai patah. Berikut penampakannya…

Lampu belakang dan cover body remuk

 

Swingarm patah

 

Kejadian yang sangat mengerikan, untung saja ban truck tersebut hanya menyerempet sedikit bagian belakang motornya. Dan rider nya tidak sampai terjatuh dari motor. Meskipin demikian dampakny sudah sangat mengerikan, bayangkan jika motor tersebut mengenai ridernya ???

Kejadiannya seperti ini

 

Kapan kita mati memang waktu dan tempat hanya Allah yang tahu. Akan tetapi kita selalu mengharapkan mati dengan chusnul khotimah, mati dengan cara yang sebaik-baiknya, kalau bisa mati syahid di jalan Allah. Oleh karena itu syarat soerang muslim yang mau melakukan perjalanan, meskipun jarak dekat adalah selalu berdoa kepada Allah, agar memberikan keselamatan di perjalanan sampai pulang ke rumah.

Selanjutnya selalu waspada, terutama pada keberadaan kendaraan berbadan besar. Karena banyak sekali hal-hal yang berbahaya bisa terjadi jika kita terlalu dekat. Hal yang berbahaya yang bisa jika berada dekan dengan kendaraan besar adalah (na’udzubillahi min dzalik):

  • Tersenggol, jatuh dan terlindas. Karena kendaraan besar tidak menyadari keberadaan motor kecil yang posisinya terlalu dekat (blind spot)
  • Muatan berlebih menyebabkan ban pecah dan bak/kontener terguling menimpa kendaraan yang di sebalahnya, sangat berbahaya buat rider.
  • Terhantam ban lepas karena as nya patah
  • Tertimpa muatan yang jatuh dari bak, mungkin bisa sampah, tanah, pasih bahkan bongkahan batu yang cukup besar. dan lain-lain

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.