Tips Mengendari Motor Kopling di Tanjakan

motogokil.com- Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Mengendarai motor kopling kerap dijadikan hobi bagi sebagian orang. Dianggap memberikan kesan maco, jenis motor ini banyak juga digemari oleh konsumen. Cara berkendara menggunakan motor ini dianggap gampang-gampang susah. Pasalnya, pengendara harus menyelaraskan antara tuas kopling dan gas agar kondisi mesin tetap menyala.

PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menyadari bahwa pentingnya edukasi mengendarai motor kopling atau yang biasa disebut dengan motor manual guna mengurangi potensi kecelakaan dijalan raya. Terlebih ketika menghadapi medan jalanan yang menanjak, pengendara harus mengetahui cara menyikapi kendaraan dengan baik dan benar.

Dwi Suwanto selaku Instruktur Service Yamaha STSJ mengatakan :

“Diperlukan kemampuan mengatur kopling yang tepat agar motor beroperasi dengan baik. Jika pengendaranya tidak lihai, bisa saja motor mogok atau mati di jalanan,”

Yamaha STSJ memberikan tips bagi pengendara motor kopling bagi pemula, yuk simak tips nya!

1.  Kuasai perpindahan gigi
Ketika pengendara melihat rambu tanjakan, pindahkan transmisi ke gigi satu atau dua. Jika tanjakan curam, gunakan gigi satu. Semakin tinggi tanjakannya, kerja mesin akan semakin berat. Tidak disarankan untuk menaikan persneling gigi karena membuat motor kehilangan daya dorong.

2.  Gunakan rem belakang
Dalam kondisi jalanan yang menanjak, gunakan rem belakang ketika berhenti. Hal ini guna mencegah motor tidak bergerak mundur.

3.  Jaga Jarak aman dengan kendaraan didepan
Menjaga jarak aman berguna untuk memberikan waktu bagi kendaraan didepan yang bergerak mundur. Sehingga pengendara bisa menghindar jika ada kejadian yang tidak diinginkan.

4.  Jangan menyalip kendaraan saat berada di tanjakan
Jalanan yang menanjak seringkali membuat pengendara tidak bisa melihat kendaraan dari arah berlawanan.  Sehingga tidak disarankan untuk menyalip kendaraan ketika menanjak.

Berikut adalah beberapa tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ bagi konsumen yang berkendara menggunakan motor kopling dan dihadapkan dengan kondisi jalan menanjak. Informasi lebih lengkap mengenai Yamaha STSJ dapat dilihat melalui instagram @Yamahafriends. Kunjungi website resmi www.yamaha-stsj.com untuk informasi terkait motor Yamaha.

Semoga tips ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan