CR700W Dengan Hanya 690 CC Hasilkan 220 HP di 10500 RPM, Gokil

Diposting pada

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Motor balap yang digunakan di motogp rata-rata memiliki bobot kering 157 kg dengan power di atas 240 hp dan kapasitas engine 1000cc. Artinya setiap 100 cc dari kapasitas ruang bakarnya memiliki produktifitas lebih dari 24 hp, dan pwr 1,53 hp/kg.  Gokil sih jika dibandingkan dengan motor harian ninja zx25r ruang bakarnya hanya 20 hp per 100 cc dengan pwr 0,28 hp/kg.

Akan tetapi sebuah motor yang hanya berkapasitas 690 cc lebih gokil dibandingkan motor balap yang berlaga di motogp. Dengan kapasitas sebesar itu, engine mampu menyemburkan tenaga sampai 220 hp, artinya produktifitas enginenya mencapai 31,9 hp per 100 cc. Bayangkan dengan bobot yang hanya 129,5 kg,  pwr lebih tinggi dibandingkan motor balap motogp yaitu sekitar 1,69 hp/kg. Dengan pwr sebesar ini pastinya akan sangat kencang akselerasinya, apalagi power tersebut dihasilkan pada putaran menengah 10500 rpm bukan seperti engine motogp yang harus berputar di atas 18000 rpm.

Inilah crighton CR700W, sebuah motor balap harian yang dijantungi oleh Twin Rotor Fuel Injected Four-Stroke Rotary (aluminium block), 690cc (total maximum combustion chamber capacity). Dengan max. Power Output 220 hp @ 10,500rpm dan max. Torque 105 ft/lbs @ 9,500rpm. Seorang test rider sekaligus mantan juara British Superstock 600, Mason Law, menambahkan :

“Mengendarai Crighton adalah pengalaman yang fenomenal. Kecepatan bawaan sepeda motor itu mengejutkan. Saya merasa seperti sedang meluncur di landasan sebuah kapal induk dengan jet F-35. Kecepatan bawaannya ditambah dengan bobotnya yang ringan berarti memiliki rasio power-to-weight lebih dari motor MotoGP modern dengan banyak torsi. Itu pasti mengundang senyum.”

Pokoknya wow banget lah, teknologi rotary engine saat ini sudah jauh lebih maju. Beberapa yang menjadi kelemahannya di masa lalu sudah mendapatkan solusi terbaiknya. Diantaranya adalah :

  • Komponen struktural engine terbuat dari paduan aluminium LM24 berkekuatan tinggi
  • Semua permukaan keausan engine dilapisi molibdenum dan nicasil untuk memastikan bobot yang ringan, gesekan rendah, dan ketahanan aus yang tinggi.
  • Driveshaft eksentrik utama dibuat dari paduan baja EN36 yang distabilkan secara kriogenik.
  • Elemen seal pembakaran termasuk gesekan ultra-rendah, seal puncak keramik silikon nitrida dua bagian. Kepadatan sangat rendah dan kekerasan ekstrem dari bahan eksotis ini memberikan elemen penyegelan mesin dengan karakteristik keausan yang mendekati nol.
  • Geometri rotor super lebar, memberikan rasio volume-ke-permukaan tertinggi dari semua mesin rotari yang pernah dibuat.

  • Gearbox dirancang dan dibuat oleh produsen gigi pemenang balapan, Nova Transmissions Ltd.

  • Sasis klasik yang diturunkan dari Spondon memiliki lengan ayun belakang shock tunggal yang dibuat dari paduan aluminium seri 7000. Sasis dilengkapi dengan roda serat karbon Dymag, garpu depan Ohlins atau Bitubu dan peredam kejut belakang, dan kaliper depan dan belakang spek MotoGP Brembo.

  • Sistem pembuangan titanium dan inconel, yang memanfaatkan sistem pembuangan rotari untuk menghasilkan vakum energi tinggi melalui inti mesin. Vakum ini mempercepat aliran udara terus menerus melalui puncak bersirip dari setiap ujung rotor. Sistem unik ini sangat ringan, membutuhkan nol bagian yang bergerak, mengekstraksi nol energi dari poros penggerak engine, dan 100% andal.

  • Memiliki saluran pendingin internal, didinginkan dengan cairan melalui pompa pendingin inline yang digerakkan oleh poros yang terintegrasi penuh.

Dan sepertinya untuk urusan performa, mesin wankel (rotary engine) memang masih memberikan harapan besar untuk berkompetisi dengan jenis konstruksi 4-stroke lainnya. Karena efisiensinya jauh lebih tinggi, tanpa kehilangan daya di buka tutup klep/katup serta perubahan gerakan naik turun menjadi berputar. Oleh karena itu ada baiknya juga membaca artikel linnya di bawah ini :

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

One thought on “CR700W Dengan Hanya 690 CC Hasilkan 220 HP di 10500 RPM, Gokil

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan