Konsumen Harus Tahu Keunggulan Assist-Slipper Clutch Yamaha R15

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seiring dengan semakin majunya teknologi yang diterapkan pada sepeda motor, yamaha juga terus melakukan inovasinya untuk meningkatkan fungsi dan performa motor produksinya. Salah satunya adalah All New Yamaha R15 yang mengusung berbagai fitur dan belum ada di rival sekelasnya, salah satu fitur keunggulannya adalah assist & slipper clutch. Ilham Wahyudi GM Service PT. Surya Timur Sakti Jatim (STSJ), menjelaskan :

“Fitur tersebut berada di kopling, ini awalnya lebih mudah ditemukan di motor Yamaha dengan kapasitas lebih besar,”

Lalu apa sih keuntungan pakai assist & slipper clutch dan bagaimana konstruksinya serta cara kerjanya?

Keuntungan
Dengan teknologi assist pada kopling, handel kopling akan jadi lebih ringan. Sehingga tangan pengendara tidak akan mudah lelah terutama ketika di kemacetan. Hasilnya, saat handel kopling All New R15 ditarik memang terasa ringan banget, seakan pakai per yang lembek atau lemas tapi tetap responsif. Hal ini lah yang membuat tangan lebih rileks namun tidak mengganggu akselerasi motor.

Tidak hanya itu saja,

keuntungan kedua adalah ketika engine brake tidak akan membuat roda belakang mengunci. Misal saat akan masuk tikungan, maka rider akan menurunkan gigi sehingga timbul engine brake, jika motor tanpa slipper clutch maka roda belakang mudah slide atau mengunci. Dengan adanya slipper clutch maka efek tadi tereduksi seakan kita menarik kopling, efeknya tentu saja laju motor lebih mudah dikontrol dan lebih nyaman pastinya.

“Jika digunakan untuk balap, masuk tikungan jadi lebih cepat tanpa perlu takut roda belakang slide atau mengunci,” tambah Ilham lagi.

Menurutnya efek engine brake ini makin besar jika kapasitas mesin besar ditambah rasio kompresi tinggi, makanya pada big bike Yamaha terbaru, fitur ini sudah seperti kewajiban, tapi kini hadir di R15 sport bike 155 cc berperforma tinggi. Selain itu, efek jangka panjang lainnya, karena engine brake lebih halus, maka usia rantai, gir hingga ban otomatis bakal jadi lebih panjang, karena hentakan berkurang.

Yamaha R15 sendiri dipasarkan dengan harga Rp 39 jutaan OTR Surabaya dan untuk informasi lebih lanjut dapat mengunjungi Instagram resmi Yamaha STSJ di @yamahafriends atau dapat menghubungi CS Yamaha Jatim di 08228 – 7777- 898.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Semoga bermafaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan