Tampil Impresif di Latihan Bebas, Pol Espargaro Tunda Copy Honda RC213V Marc Marquez

mmotogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh, semoga kita semua selamat, sehiat dan bahagia di manapun kita berada.

Kecewa dengan performanya di balapen kemarin di sachsenring, pol espargaro (pe44) bertekad akan men-copy seluruh settingan dan frame yang digunakan di motor honda rc213v yang dikendarai marc marquez (mm93). Pasalnya ia megitu heran bagaimana mungkin ia bisa tertinggal sangat jauh dari rekan satu timnya dengan jarak lebih dari 14 detik. Prasangka awalnya adalah bahwa ia membutuhkan motor yang sama dengan yang digunakan marc.

Akan tetapi ketika latiha bebas dimulai, pe44 menghentikan rencana untuk menguji sepeda mm93z dan sasis honda baru pada motornya. Karena pada hari pembukaan kemarin, penampilannya cukup mengesankan di latihan bebas/free practice (fp-1 dan fp-2) di MotoGP Belanda. Daripada mencoba spek honda yang berbeda dari rekan setimnya dan menguji sasis baru, pe44 malah menemukan bahwa  motornya sendiri cukup kompetitif.

Untuk saat ini pe44 menggunakan paket berbasis sasis 2021 ‘normal’, sangat penasaran dan  ingin mencoba ‘motor Marquez’ (yang mana menggunakan sasis tahun 2019/lebih lama). Hal ini akan ia lakukan rencanaya adalah untuk lebih memahami bagaimana ia bisa ketinggalan 14 detik dari mm93 di balapan akhir pekan lalu. Sementara itu, HRC juga telah menyediakan sasis baru untuk kedua pebalap pabrikan tersebut, yang mana telah dicoba oleh mm93 di beberapa lap di sesi Jumat kemarin.

Tidak disangkan performa pe44 ternyata bisa langsung impresif, yang pada akhirnya menempatkannya di urutan kedua dalam waktu gabungan dari pebalap Yamaha Maverick Vinales. PE44 menjelaskan bahwa dia perlu menguji ulang perubahan teknis yang ditemukan pada tes Barcelona yang, meskipun tampak menjadi bumerang di Sachsenring yang ketat dan berkelok-kelok, tampaknya sesuai dengan trek Belanda yang berkecepatan tinggi dan bercengkeraman tinggi. Pol espargaro mengatakan :

“Kami memiliki banyak hal untuk diuji hari ini: motor Marc, pengaturan Marc, sasis baru. Tapi saya tidak melakukan apa-apa!” dia tersenyum. “Saya memulai dengan motor yang saya gunakan di Jerman. Saya mengendarainya di FP1 dan saya sangat bagus, sangat percaya diri, sangat cepat sehingga saya terus melaju dengannya.

“Mencoba motor Marc tidak sepenting mencoba sasis baru. Jadi, saya berencana untuk mencoba sasis baru di FP2, tetapi dengan hujan saya tidak bisa mengujinya. Jadi saya berakhir sama seperti saya finis di Jerman.”

Menariknya, Espargaro menambahkan bahwa ada alasan bagus lainnya mengapa dia bertahan dengan motornya saat ini, tetapi tidak dapat mengungkapkan dengan tepat apa itu tanpa memberikan rahasia teknis. Ia mengatakan :

“Saya ingin menjelaskan mengapa kami tetap menggunakan motor yang kami pakai di Jerman. Di Jerman hasilnya tidak seburuk yang terlihat. Tapi saya memulai dengan sangat buruk dan kemudian saat balapan dengan rasa panas (dari knalpot) di kaki saya, menjadikan saya tidak fokus.

“Pada tes Barcelona [sebelum Sachsenring] kami mengubah satu hal pada motor saya yang sangat bagus. Motor standar Jerman saat itu sangat mirip dengan motor tes Barcelona. Kami datang ke Belanda dengan pengaturan Barcelona dan langsung mendapatkan hasil yang baik, jauh lebih baik disebabkan adanya aspal baru di sirkuit ini

“Pastinya perubahan di Barcelona sedikit membantu cengkeraman. Tapi saya belum menemukan cengkraman yang lebih baik di aspal baru ini. Penting setelah Sachsenring untuk memastikan bahwa apa yang kami coba di Barcelona benar-benar berhasil. Dan di pagi hari ini saya mengendarai motor dengan sangat cepat (terbang) dan saya juga menikmatinya.

“Saya pikir ini adalah pertama kalinya saya menikmati menjadi cepat di setiap putaran dengan kecepatan yang baik dan ketika saya mendorong, saya melaju dengan sangat baik, jadi itu adalah perasaan yang bagus.

“Juga penting untuk mencoba hal lain di hari ini yang bukan bagian dari settingan yang diterapkan di Jerman. Saya tahu sulit untuk memahami penjelasan saya ini, tanpa menjelaskan secara teknis apa yang kami ubah. Tetapi ada makna di balik itu semua, mengapa kami memulai akhir pekan ini dengan sepeda dari Jerman (pe44 tidak berani menjelaskan lebih rinci).”

“Dan kemudian rencananya adalah juga untuk memeriksa motor Marc. Tapi pertama-tama orang Jepang meminta saya untuk mencoba sasis baru karena ada sesuatu yang menarik untuk memeriksa liburan musim panas dan arah mana yang harus mereka ambil untuk masa depan.”

Jadi terlihat bahwa performa pe44 belum stabil, maklum karena baru saja make motor honda rc213v musim balapan tahun ini. Sebelumnya ia ktm dengan konfigurasi engine yang serupa dengan honda rc213v yang saat ini ia kendarai. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

1 Trackback / Pingback

  1. Tampil Impresif di Latihan Bebas, Pol Espargaro Tunda Copy Honda RC213V Marc Marquez | Jatimotoblog

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.