KTM Uji Fairing Baru Penuh Lubang, Untuk Apa ?

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Tes terakhir di barcelona yang awaki oleh iker lecouna memperlihatkan fairing terbaru dari KTM. Banyak sekali elemen tambahan yang melekat pada fairing tersebut diantaranya dua sayap kecil di belakang atas dan banyak lubang yang tepat menghadap ke depan. Serta ada sirip berlubang laksana insang ikan hiu di bagian belakang bawah.

Sekarang mari kita telisik, buat apa elemen-elemen tambahan tersebut…

Menurut insinyur aerodinamika ktm, banyak lubang tersebut adalah untuk :

  • Mengurangi permukaan angin dan mencegah efek hembusan angin yang cukup kencang yang mampu menggeser sepeda sehingga sedikit melenceng dari yang diinginkan pembalap.
  • Mengurangi turbulensi mikro di area depan, sehingga aliran udara diarea berikutnya meningkat. Aliran udara yang lebih bersih dari tubulen akan membuat sayap bekerja lebih baik. Sayap ini dapat didisain untuk menciptakan daya angkat di area tengah atau meningkatkan stabilitas dan cengkraman mekanis ban ke aspal.

Ternyata efek itulah yang diinginkan bagi motor, terutama ketika balapan di sirkuit yang banyak angin seperti phillips island, australia. Jadi sekecil apapun kontribusi dari pengembangan dan perubahan di balapan motogp pasti akan dilakukan. Demi untuk terus-menerus memangkas lap time, sehingga kemungkinan menjadi juara semakin besar.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. KTM Uji Fairing Baru Penuh Lubang, Untuk Apa ? | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan