Italdesign Mematenkan Seat Belt Motor Cerdas, Simak Cara Kerjanya

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan, aamiin.

Pernah jatuh atau kecelakaan/tabrakan dengan sepeda motor ? Bagi biker tulen tentunya pernah, bahkan bukan hanya pernah tapi sering. Dan untuk iwf sendiri, selama naik motor sudah sering jatuh atau kecelakaan kecil saat naik sepeda motor, alchamdulillah Allah masih beri keselamatan dan kesehatan.

Untuk meminimalkan dampak kecelakaan pada pengendara, perusahaan teknik dan desain asal Italia (Italdesign) telah mengembangkan dan mematenkan sistem sabuk pengaman sepeda motor cerdas. Mengapa ada embel-embel cerdas ? Berikut ini penjelsan cara kerjanya…

Jadi beberapa kecelakaan sepeda motor, ditinjau dari sisi keamanan sang pengendara (rider) dapat dibagi dua kelompok besar :

  • Lebih selamat jika tetap di atas sepeda motor. Contoh dari kecelakaan jenis ini adalah saat motor menabrak mobil yang diam didepannya, rider lebih baik tetap di motor ketimbang terlempar ke depan.
  • Lebih selamat jika motor dilepas. Kecelakaan seperti ini biasanya kecelakaan tunggal, misalnya jatuh/terpeleset di tikungan, maka lebih baik rider menjauh dari sepeda motor.

Dari dua contoh kejadian kecelakaan di atas tentunya akan menjadi pertanyaan, bagaimana cara kerja sabuk pengaman yang didisain untuk sepeda motor ini ?

Ide Italdesign sudah memikirkan situasi seperti ini, sehingga ia membuat desain seat beal sepeda motor dengan konsep sebagai berikut :

  • Menambahkan sandaran punggung yang kaku seperti cangkang ke sepeda motor atau skuter, dengan tali bahu dan sabuk pinggang yang menahannya pada pengendara.

  • Sandaran itu sendiri dipasang pada ball joint, memungkinkannya bergerak – sampai batas tertentu – bersama pengendara.

  • Mekanisme pelepasan cepat, yang dioperasikan oleh komputer on-board menggunakan berbagai sensor, mampu melepaskan sandaran secara instan jika terjadi kecelakaan di mana akan lebih aman untuk menjauh dari sepeda, tetapi juga menguncinya tempatkan saat lebih aman untuk tetap bersepeda. Di sinilah letak kecerdasannya (smart), karena sistem ini dapat mengetahui tipe kecelakaan, sehingga ia bisa memilih tetap atau melepaskan sandaran punggung tersebut.

Dari ilustrasi yang digambarkan Ilustrasi Italdesign, sistem ini lebih cocok diaplikasikan pada sepeda motor model skuter (skutik). Disebabkan karena pusat gravitasi rendah skuter berarti kecil kemungkinannya untuk maju ke depan dalam kecelakaan mobil-vs-sepeda, sehingga berpotensi lebih aman bagi pengendara untuk diikat ke tempatnya. Dan pengendara skuter akan merasa bahwa penggunaan seat belt ini tidak masalah karena tidak terlalu membebani dan menganggu pergerkannya.

Semoga informasi ini bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

1 Trackback / Pingback

  1. Italdesign Mematenkan Seat Belt Motor Cerdas, Simak Cara Kerjanya | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan