Mesin Hancur Bukan Hanya Karena Nerabas Banjir

motogokil.com – Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Salah satu kondisi tersedih dari seorang biker adalah, sedang asik jalan…ee mesin motornya meleduk, mendengar suaranya saja pasti langsung kaget (terkejut). Pastinya motor langsung mogok, dan ketika sang biker melihat bagian mesin motornya yang pecah bin ambrol, serta oli mesin yang berceceran di aspal, bisa bikin wajah pucat dan tubuh lunglai. Apalagi jika perjalanan sedang dalam urusan penting, si biker bisa langsung down, membayangkan urusannya yang terbengkalai, motor kesayangannya yang bakalan nginep/ngejogrog di bengkel dalam beberapa bulan dan duitnya yang bakalan terkuras.

Memang banyak kejadian mesin motor pecah (ambrol) akibat water hammer yang terjadi saat motor diajak menerabas banjir yang cukup tinggi. Sehingga ada sebahagian air yang memasuki ruang bakar. Sifat air tidak sama dengan gas yang bisa ditekan (dikompres), jika air ditekan (saat langkah kompresi) ia akan melawan, dan bagian yang paling lemah akan kalah. Bagian yang paling lemah ini adalah stang piston alias connecting rod.

Stang piston yang patah ini akan bergerak liar mengikuti gerakan berputarnya bandul (crankshaft), saat motor masih berjalan. Dan ia akan menghantam apa saja termasuk gigi transmisi dan dinding crankcase. Dan apesnya karena dinding crankcase adalah bagian yang paling lemah (terbuat dari aluminium yang tidak cukup tebal), maka ialah yang paling duluan ancur, akhirnya mesin ambrol.

Jadi jika ditinjau secara rinci kejadian mesin ambrol adalah :

  • Water hammer, kemudian
  • Stang piston (connecting rod) patah
  • Stang piston yang patah menghantam crankcase –> ambrol/pecah.

Akan tetapi kasus ini bukanlah inti masalah penyebab mesin ambrol. Penyebab utamanya adalah “gangguan pada gerakan piston-stang piston-bandul. Dan water hammer adalah salah satunya yang menyebabkan gerakan piston terganggu. Penyebab lain yang bisa mengganggu gerakan piston selain water hammer adalah :

  • Timing buka tutup klep yang tidak pas, sehingga menghantam piston. Piston pecah, conrod terlepas (bersama pin pistonnya) kemudian menghantam crankcase.

  • Sistem pelumasan terganggu/rusak sehingga piston ceket dalam silinder. Beberapa penyebab gangguan pada sistem pelumasan, misalnya :
    • Saluran oli buntu
    • Gir pompa oli pecah
    • Oli berkurang sampai kurang dari batas minimum, karena ikut terbakar di ruang bakar
    • Kualitas oli jauh berkurang karena tercampur dengan air, baik air banjir atau air radiator.
    • Crankcase bagian bawah bocor akibat terhantam batu, besi cor-coran di jalan. Kasus ini mirip dengan drat bau tap oli kendor, atau bagian tersebut retak.

    • Tutup pembuangan oli kendor dan lepas di jalan tanpa disadari.
  • Sistem pendingin terganggu/rusak sehingga piston memuai melebihi batas toleransi, sehingga piston terjepit dalam silinder. Akibatnya stang piston bisa lepas/patah dan menghantam crankcase. Beberapa penyebab terjadinya gangguna pada sistem pendingin adalah :
    • Air radiator habis, bisa karena memang terlambat menambah, atau karena paking/sil mesin bocor, sehingga air radiator masuk ke bagian lain dari mesin, misalnya masuk ke ruang bakar atau ke crankcase bercampur dengan oli
    • Radiator bocor, bisa disebabkan karena tabrakan kecil yang tidak disadari, atau karena terhantam batu. Akibatnya air radiator terus berkurang bahkan sampai habis.
    • Pompa air radiator rusak.
    • Klem pada sambungan selang-selang radiator rusak, air radiator bocor lewat sambungan-sambungan tersebut. Lambat laun air akan berkurang dan habis tanpa disadari.
  • Ada yang iseng/jail memasukkan barang keras seperti pasir, batu, baut atau mur ke dalam crankcase melalui lubang oli.
  • Ada komponen/part di dalam crankcase yang lepas atau patah, misalnya bandul balancer. Jika bandul balapncer sampai patah, patahannya yang berupa besi baja ini bisa masuk ke girboks atau mengganjal gerakan crankshaft, mesin juga bisa mabrol.

Ternyata banyak juga yang penyebab mesin ambrol, yang intinya disebabkan oleh terganggunya pergerakan piston. Dan akhirnya merembet ke komponen lainnya. Jadi jangan buru-buru menyalahkan banjir dan water hammer kalau ada mesin motor yang pecah bin ambrol ya.

Jika mau lebih detil, yang menyebabkan water hammer pun bukan hanya banjir. Dan water hammer bisa langsung bisa juga tidak langsung, yang sama-sama bikin mesin ambrol. Waduh apaan lagi nih….nanti iwf bikinin artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wabarokatuh.

 

1 Trackback / Pingback

  1. Mesin Hancur Bukan Hanya Karena Nerabas Banjir | Jatimotoblog

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan