Wuyang-Honda Bikin Skutik Keren, Tapi Kurang Cocok Buat Indonesia

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita dari wabah penyakit dan segala mara bahaya, aamiin.

Di tengah kemonotonan bentuk  dan style motor skutik di Indonesia, wajar jika khalayak pengamat motor melirik model-model di negara lain (tetangga).Salah satunya adalah skutik yang baru saja rilis di negeri tirai banbu china. Motor ini adalah skutik tipe kecil nb-x dan nx-125, yang digadng-gadang dapat menjadi alternatif pilihan pencinta skutik honda di tanahair.

Jika dilihat dari kebiasaan honda di Indonesia, maka kemungkinan kecil (atau bahkan tidak mungkin) motor ini akan dimasukkan ke Indonesai. Karena sampai sekarang tidak ada dalam sejarah, tidak pernah atpm honda mengimpor motor dari pabrik wuyang-honda china. Hal ini kemungkinan didasari beberapa pertimbangan yaitu model, kualitas, teknologi dan style.

Nah karena calon konsumen di tanah air memang sangat kepo dengan yang namanya style dan jga merek, maka inilah yang menjadi alasan mengapa menurut iwf kedua motor ini tidak cocok ditawarkan pada konsumen Indonesia. Dari style skutik nb-x malah nggak mirip skutik honda, tapi lebih mirip mio (mio j), salah satu skutik yamaha.

Sedangkan nx-125 memang lebih mirip vario 125 jika dilihat dari depan. Akan tetapi jika dilihat dari belakang lebih mirip mio soul gt ketimbang vario 125. Apalagi dengan bodinya yang lumayan bongsor, aplikasi roda kecil malah membuatnya menjadi kurang proporsional.

Nah masalah ukuran roda juga menjadi masalah di beberapa daerah di Indonesia. Karena banyak daerah yang jalan-jalannya masih belum mulus. Masih banyak lubang yang cukup besar dan juga gundukan yang bisa membahayakan. Aplikasi roda kecil pada motor ini akan memberikan guncangan yang jauh lebih berat ketimbang roda yang lebih besar yang biasa dipakai skutik di Indonesia.

Apalagi sekarang musim hujan, ketinggaian dek terhadap genangan air menjadi “susuatu” yang cukup pentiing bagi konsumen. Karena jika dek masih jauh daei permukaan air, baik sepatu maupun akan terhindar dari cipratan dan genangak air saat melibas banjir kecil. Nah aplikasi ban kecil akan memberikan kesan bagi konsumen bahwa motor ini rawan genagan banjir, akhirnya calon konsumen enggan membeli motor ini.

Dan jika konsumen sampai tahu bahwa motor ini  bikinan china( made in china), maka itu lebih gawat lagi. Karena konsumen bisa mengingat kembali trauma di masa lalu saat motor china menyerbu pasar Indonesia. Akan teringat merek-merek jialing, jamus, ktm dan lain sebagainya, yang motor ini pada akhirnya sulit dijual bahkan digadaikan pun juga sulit.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan