[KKK] Kecelakaan Terparah Bersama Honda Black Astrea Grand 1993 di Malang

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari wabah penyakit den berbagai mara bahaya, aamiin.

Banyak penyebab kecelakaan yang dialami oleh seorang rider. Bisa karena ridernya sendiri yang lalai, ngantuk, melamun atau ugal-ugalan. Bisa juga disebabkan oleh faktor lain seperti kondisi motor dan kondisi lingkungan di jalan.

Salah satu kecelakaan yang paling parah yang pernah iwf alami dulu saat bersama my first legend motorbike, honda black astrea grand keluaran tahun 1993. Kecelakaan ini murni karena kesalahan iwf yang terbawa emosi, sedikit ugal dan kurang “ngeh” terhadap kondisi di jalan raya. Semoga kisah kecelakaan ini bisa mencerahkan pembacanya, dan menjadi pelajaran agar jangan sampai mengalami hal yang sama seperti yang iwf alami.

Berikut ini kronologinya ….

Kejadia terjadi siang hari di malang jawa timur, sejenak setelah sholat jum’at ber akhir. Awalnya tidak ada suasana yang tidak mengenakkan yang mengganggu hati, feeling dan konsentrasi iwf saat bermotor. Ketika di suatu jalan double (buelevard) ada seorang remaja ngebut selap-selip melewati iwf, barulah emosi iwf terpicu, hati mulai panas…”wah songong nih anak”. Akhirnya terjadilah kejar-kejaran di jalan tersebut.

Tepat di depan masjid si remaja melambat karena di depan ada mobil suv melambat (atau mungkin malah berhenti). Ada celah kosong di kiri mobil suv, akhirnya iwf melibas remaja tersebut, memotong jalannya kemudian masuk ke sebelah kiri suv dan apa yang terjadi saudara-saudara

Ternyata mobil SUV tersebut berhenti untuk memberi jalan untuk anak kecil agar bisa menyeberang. Si remaja pinter dan waspada mengurangi kecepatan. Iwf yang terbawa emosi dan mungkin juga kurang pengalaman, khususnya di jalan tersebut kaget, ketika tiba-tiba di depan motor ada anak kecil. Kejadian sangat cepat, sekejap mata dan dengan reflek iwf banting setir ke kanan, anak kecil sedikit terserempet bagian setang dan sayap motor (ebek-ebek). Motor langsung melintir dan terbanding bersama iwf. Motor lepas ndlosor di aspal, tas yang membawa buku cukup banyak (dulu saat mengerjakan skripsi) putus talinya, iwf terbanting dan guling-guling di aspal. Untungnya tidak ada kendaraan lain yang melaju dari depan atau belakang, karena jalanan relatif sepi.

Terlihat si anak kecil berlari ketakutan barangkali ia juga merasa bersalah,  dan kemungkinna besar ia dari masjid mau pulang ke rumah. Dalam hati iwf mengucap alchamdulillah si anak kecil nggak knapa-napa. Motor honda grand iwf beset parah di bagian samping, badan pegel-pegal di berbagai tempat dan juga besot-besot (lecet) tergerus aspal, tas putus, buku-buku ambyar. Semua tidak begitu iwf perdulikan, yang diperdulikan adalah cepat-cepat cabut, segera berlalu dari tempat tersebut, tengsin, malu-maluin.

Sampai di rumah baru dah tahu bahwa besi spion kanan patah. Pantas saya bisep tangan kanan iwf kok terasa pegal sekali, nggak biasanya bagian ini cidera. Ternyata saat terlempar dari motor tadi, bisep tangan kanan iwf menghantam spion kanan, sampai besi sepion patah…dahsyat kan ? Besi kalah sama daging.

Pelajaran yang bisa diambil adalah :

  1. Jika ada mobil melambat, dan kita tidak mengatahui ada apa di depan mobil, karena tertutup badan mobil, maka harus melambat dan langsung waspada, jangan-jangan ada sesuatu di depan yang membahayakan. Apalagi mobil sudah menyalakan lampu hazard, menandakan pengendara di belakangnya harus waspada.
  2. Jangan sembarangan masuk celah kosong di kanan atau di kiri mobil, apabila ada mobil melambat atau bahkan berhenti di jalan yang lurus dan tidak wajar dilakukan oleh pengendara mobil. Jangan-jangan ada sesuatu di depannya (dalam kasus iwf adalah ada anak kecil menyeberang jalan).
  3. Mengendarai motor atau mobil harus menggunakan fikiran yang jernih, jangan menggunakan emosi. Agar kita dapat mengontrol kendaraan dengan benar.
  4. Jadi pengendara harus sabar, jangan mudah terprovokasi oleh kondisi di jalan baik oleh lingkungan maupun oleh ulah pengendara lain.

Itulah salah satu pengalaman kecelakaan iwf naik motor, honda grand, di tahun 90-an, dah lama banget ya. Masih banyak lagi cerita kecelakaan yang iwf alami bersama my first legend motorbike yang satu ini. Semoga cerita dari pengalaman pribadi ini bisa menjadi pelajaran agar masbro dan mabksis tidak mengalami hal sama.

Di masa pandemi tahun 2020 ini, rider banyak menjumpai jalan sepi dan lengang. Harus waspada jika mendapati kondisi seperti yang iwf alami. Tetap fokus, waspada dan jangan lupa membaca bismillah dan berdo’a agar Allah senantiasa melindungi kita di perjalanan sampai ke tujuan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “[KKK] Kecelakaan Terparah Bersama Honda Black Astrea Grand 1993 di Malang

  1. wow. kalo cerita saya (masa remaja 1999). nyalip truk gandeng baru sampai tengah gandengan eeh,truknya malah nyalip truk d depannya . walhasil saya terlempar sebelah kanan ,turun dari aspal (speed 100an) dgn hasil jumpalitan di bebatuan. seluruh bodi astrea prima (1991) remuk & baret”. badan memar” semua dan lutut lumayan parah. begitu juga yg di boncengin.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan