Banyak Alasan untuk Menghentikan Produksi Honda Vario 110

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita di manapun kita berada

Motor dihentikan produksinya atau disuntuk mati (discontinue) sudah menjadi hal biasa. Begitu pula dengan motor honda, sudah banyak sekali model motor honda yang disuntik mati. Paling banyak motor sport, kemudian motor bebek dan bahkan motor yang (dulu) lumayan laris seperti vario 110 pgmfi esp ini tidak lupun dari suntik mati, alias dihentikan produksinya.

Vario 110 ini tahun 2017 (kalau iwf nggak lupa) bersama vario 125 bahu membahu mengguasai market share skutik (skuter matik) di tanah air. Kuantitasnya cukup besar dan bisa dikatakan sulit dibendung oleh kompetitor. Akan tetapi saat ini banyak alasan kuat yang mengharuskan ahm menyuntik mati vario 110, diantaranya adalah :

  • Modelnya paling cupu alias katrok. Aliran style vario 110 ini masih menganut model lama laias jadul. Sehingga dilihat sekilas saja, vario 110 menjadi varian skutik honda yang paling nggak enak dilihat dibandingkan rekan-rekannya di kelas yang sama seperti beat, scoopy dan genio. Sehingga menurut iwf kuantitas penjualannya menjadi turun drastis (sedikit karena kurang laku) dan keuntungannya menjadi tidak menarik lagi.
  • Memproduksi vario 110 membutuhkan sumberdaya seperti buruh, pabrik dan lain-lain. Sementara untuk memproduksi varian lain lebih menguntungkan mengapa harus mempertahankan vario 110 ? Ya tidak mungkin lah, lebih baik sumberdaya tersebut dialihkan untuk memproduksi beat, scoopy ataupun genio.
  • Sudah frame (rangka) generasi baru yang lebih baik dan lebih menguntungkan. Jika pun akan diproduksi skutik baru 110 pengganti vario 110, pastilah akan menggunakan rangka baru ini, demi memperkecil biaya produksi. Dan logika yang sangat mudah, kalau ganti rangka sudah pasti ganti body dan ganti style. Oleh sebab itu style yang sekarang pastilah akan dilengserkan.
  • Ada engine baru (4 klep 157 cc) yang siap menggantikan engine lama (2 klep) pada skutik honda di kelas yang lebih tinggi dari vario 110. Biasanya engine ini akan dilengserkan ke varian yang lebih rendah, untuk tetap mempertahankan gengsi kelas di atasnya. Kombinasi engine baru dan rangka baru, maka lahirlah motor skutik baru, menggantikan vario 110 yang sekarang.

    Engine honda sh125i my2020

Kira-kira 4 alasan tersebut yang menjadi alasan paling kuat dan relevan mengapa honda vario 110 dengan model yang sekarang disuntik mati. Alasan tersebut iwf ambil dengan asumsi jika iwf menjadi pihak pabrikan. Yang semua alasan tersebut berujung pada mencari keuntungan yang lebih besar.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan