Segarkan Tampang Vixion dengan Modif Cafe Racer. Berapa Biayanya ???

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Semoga Allah mensejahterakan dan menyelamatkan kita di perjalanan sampai ke tujuan.

Di awal kemunculannya, yamaha vixion begitu cetar membahana. Karena motor inilah yang menjadi leader penyematan sistem pengabutan injeksi di motor sport. Dan dengan meudahnya ia menggusur beberapa merek motor sport yang sudah merajai pasar saat itu seperti honda megapro, honda tiger dan juga suzuki thunder.

Sampai saat ini (tahun 2019) yamaha vixion sudah beberapa melakukan trnasformasi, baik minor change (facelift) maupun major change. Penampakan vixion saat sudah semakin sporti karena bersaing dengan rival terberatnya yaitu honda cb150r. Akibatnya vixion (old) yang sempat mambanjiri pasar sport di tanah air jadi tampak jadul.

Bagi yang beraliran konservatif, nggak masalah dengan tampang yang semakin tampak jadul, yang penting bisa diajak jalan, kerja dan aktifitas lainnya (touring). Sedangkan bagi yang mengedepankan style, tentu saja “nggak banget” dengan tampang jadul vixion tahun 2008-2009. Harus berubah lah, agar tampak semakin segar (fresh).

Salah satu turunan (diversifikasi) dari vixion adalah yang terbaru xsr 155 yang bertampang retro modern. Banyak rider old vixion yang kepincut dengan motor sport terbaru yamaha ini. Akan tetapi jika merasa berat dengan harga yang mencapai 33 jutaan, maka lebih baik vixion yang ada dimodifikasi ala cafe racer, mirip lah dengan nuansa klasik xsr 155.

Beberapa ubahan penting yang pasti dilakukan untuk menjadikan yamaha vixion ber-style retro adalah :

  1. Lampu depan (headlamp), jika kebetulan bahannya adalah vixion 2008 yang berlampu bulat, maka tidak perlu biaya ganti lampu. Harga lampu bulat di bengkel spesialis retro berkisar antara 70 ribu sampai 800 ribu.
  2. Tangki bensin pasti ganti, karena tangki bensin khas retro bentuknya sederhana tidak banyak lekukan. Harga tangki bensin ymentahan yang belum dicat sekitar 250 ribu sampai 350 ribu. Sedangkan tangki bensin yang sudah dicat sekitar 500 ribu sampai 600 ribu.
  3. Jog dan rangka belakang, juga pasti ganti. Karena biasanya motor sport generasi saat ini rangka belakangnya “njentit” naik ke atas, sedangkan motor sport retro cenderung datar. Sedangkan jognya bermotif garis-garis layaknya roti sisir. Harga rangka belakang yang biasa/lurusan atau yang model hornet (buntut tawon) sekitar 175 ribu sampai 195 ribu. Sedangkan jog-nya sekitar 165 ribu sampai 200 ribu.

Ada bengkel yang hanya menjual dan ada pula yang menyediakan jasa pemasangan. Biasanya jasa pemasangan tidak terlalu mahal, sekitar 100 ribuan kurang lebih. Selebihnya tergantung dana dari owner vixion, sampai sejauh mana ubahan yang ingin ia lakukan. Ada beberapa bagian lagi yang bisa dilakukan ubahan agar vixion semakin mendekati jiwa klasiknya, yaitu :

a. Roda dengan model jari-jari

b. Area belakang meliputi knalpot, stoplamp-sen dan sok belakang double

c. Area depan meliputi stang, spion dan speedometer

d. Deltabox dikamuflase laksana rangka diamond

Perhatikan hasil modifikasi vixion sederhana dengan sedikit ubahan tampak seperti ini.

sumber : pinterest

Dan ketika bagian-bagian di atas mendapatkan sentuhan yang lebih, maka menjadi seperti ini :

sumber : otoinfo

Jadi mengenai berapa biaya yang harus dikeluarkan sesuai banyaknya ubahan. Kalau merujuk ubahan gambar pertama biayanya minim, karena ubahannya hanya rangka belakang, jog dan knalpot. Sedangkan gambar yang kedua lebih banyak yang meliputi bagian stang, tangki, jok-rangka belakang, sok belakang double, knalpot dan roda jari-jari. tantu saja biayanya lebih banyak.

Menurut beberapa artikel yang iwf baca, transformasi dari motor sport biasa menjadi retro klasik bisa menelan biaya 5 jutaan sampai 18 juta. Harga itu belum termasuk bahan dasar. Tentu saja jika bahan dasar sudah mendekati klasik (seperti honda cb), biaya lebih sedikit.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Segarkan Tampang Vixion dengan Modif Cafe Racer. Berapa Biayanya ???

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan