Honda X-ADV 150 Keren, Tapi Jangan Terlalu Berharap dengan Performanya

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Akhirnya bocor juga penampakan full motor skutik (scooter matic) honda jenis baru. Menurut teman-teman blogger sih ber-genre adventure, tapi menurut iwf hanya penampakannya saja. Karena sekilas mirip dengan honda x-adv 750 yang memang asli didisain untuk menjadi skutik adventure.

Bandingkan penampakan skutik honda di atas dengan adv-750…

Memang mirip banget penampakan kasarnya (sekilas pandang). Akan tetapi kalau mau dicermati lebih detil, tahulah kita bahwa memang skutik baru honda yang katanya memiliki kapasitas engine 150 cc ini hanya penampakannya yang adventure, akan tetapi spesifikasinya hanyalah skutik dalam kota (city scooter). Iwf berpendapat begitu, karena melihat beberapa penampakan berikut pada bocoran x-adv 150 ini:

Roda Mengaplikasi Velg Casting Wheel (CW)

Velg cw jelas diperuntukan untuk jalan beraspal mulus. Sedangkan velg jari-jari (spoke) untuk adventure, karena memiliki kemampuan meredam guncangan yang jauh lebih baik, ketika melewati jalan yang rusak. Tapi kok modelnya kayak lambang yamaha ya, padahal lho katanya selalu bersaing memperebutkan pasar ?

Penyalur Tenaga CVT seperti PCX

Penyaluran tenaga mesin dengan menggunakan transmisi cvt ditujukan untuk kenyamanan. Akselerasi dapat bertambah secara kontinyu tanpa harus oper gigi. Akan tetapi memiliki beberapa kelemahan diantaranya akselerasi tidak sepontan, karena terjadi banyak kerugian slip di kopling sentrifugal dan puli-puli cvt. Motor yang menggunakan transmisi ini biasanya digunakan diperkotaan dengan jalan aspal yang mulus dengan kontur naik-turun yang tidak ekstrim

Sedangkan motor adventure membutuhkan torsi yang besar, penyaluran tenaga ke ban belakang yang spontan. Untuk mendukung fungsi ini maka digunakan transmisi manual dengan gearbox dan rantai yang menghubungkan engine ke roda. Karenanya adv-750 tetap menggunakan transmisi jenis ini, hanya saja untuk meningkatkan kenyamanan laksana motor matic, dilengkapilah engine 2-inline dengan kopling jenis dct (dual clutch transmission). Dengan tambahan perangkat khusus dct bisa memberikan sensasi laksana cvt dengan penyaluran daya laksana manual.

Engine Identik dengan PCX 150

Honda telah memiliki skutik dengan kapasitas 150 cc yaitu vario 150 dan pcx 150. Sebagai langkah diversifikasi dan efisiensi, maka langkah logis jika jika x-adv 150 memiliki engine yang identik dengan kedua pendahulunya. Lihat penampakannya dan bandingkan dengan pcx 150, mirip banget.

Dengan kata lain honda x-adv 750 adalah motor sport yang didisain dengan style skuter dengan kenyamanan seperti motor bertransmisi otomasis. Sedangkan honda x-adv 150 adalah skuter honda 150 (pcx 150) yang didisai segarang x-adv 750. Sehingga dengan engine yang hanya bertenaga 10.8 kW (14,7 ps) dan torsi 13.2 Nm, jangan terlalu berharapa banyak pada performanya. Apalagi jika (ternyata) bobot x-adv 150 lebih berat, tentunya PWR-nya akan lebih kecil dan akselerasinya akan lebih loyo.

Jika honda ingin memberikan sesuatu yang lebih pada x-adv 150 dibandingkan pcx 150, maka honda harus memperhatikan hal ini (performance). Dan beberapa bagian yang bisa di-upgrade adalah :

  • Peningkatan power dan torsi, khususnya di putaran yang lebih rendah lagi.
  • Konfigurasi CVT yang lebih agresif di putaran rendah

Mohon maaf jika ada kurang dan salahnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

5 responses to “Honda X-ADV 150 Keren, Tapi Jangan Terlalu Berharap dengan Performanya

  1. Yang penting tampang, soal performa nomor sekian, orang buat dalam kota ini pak dosen, iya ga sih…

  2. Leluhur mengatakan tak ada rotan akar pun jadi. Pasti pak dosen lebih tahu. Karena honda beat pun bisa diajak touring. Itu semua karena kebutuhan menyesuaikan keadaan.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan