[DutchGP] 4-Inline Jawara, V4 Engine Rontok di Babak Kualifikasi dan Pemanasan (WUp) di Sirkuit Assen Belanda


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Luar biasa, pembalap Petronas Yamaha SRT, fabio uartararo (fq20) memuncaki babak kualifikasi, sekaligus memcahkan laptimen sebelumnya. Ia mampu melibas sirkuit assen dengan panjang lintasan 4,542 m. dengan laptime 1’32.017. Berati ia lebih cepat 0.61 detik dari rekor sebelumnya yang buat juga oleh pembalap legendaris yamaha valentino rossi (vr46) dengan laptime 1’32.627.

Dan ternyata pengisi baris-1 start grid motogp belanda ini adalah semua pempabalap yang menggunakan konfigurasi engine 4-inline.

Artinya sirkuit assen ini sangat cocok dengan mereka, dan sebaliknya pembalap dengan konfigurasi engine v4 rontok. Bahkan jika pembalap v4 engine ini lupa dengan batas kemampuannya, mereka akan merasakan akibatnya, yaitu jungkir-balik alias crash. Seperti yang dialami jorge lorenzo (jl99), aleix espargaro (ae41) dan danilo petrucci (dp09).

Aleix Espargaro

Danilo Petrucci

Jorge Lorenzo

Baik aleix espargaro maupun danilo petrucci masih selamat, masih bisa ikut bapalan di assen. Akan tetapi tidak dengan loranzo, karena crash-nya lorenzo begitu brutal. Dan setelah diperiksa ada ruas tulang punggungnya yang retak, sehingga ia harus istirahat total guna pemulihan cideranya.

Bagaimana dengan marc marquez (mm93) yang juga menggunakan motor dengan konfigurasi engine v4 ? Sama saja ia juga mengalami kesulitan membukukan waktu terbaikknya. Tapi ia cukup menyadari kelemahannya dan mengakui keunggulannya. Ia juga hampir cilaka di latihan bebas, untungnya tidak crash.

Ada dua pembalap yamaha yang mendominasi latihan bebas dan kualifikasi, yaitu quartararo dan vinales. Lalu ke mana sang legenda motogp valentino rossi (vr46) ? Rupanya ia tidak seberuntung rekan-rekannya sesama pembalap yamaha. Karena ia merasakan motornya sangat lambat, ia tertingga 1.6 detik lebih lambat dibandingkan pole siter yang juga pembalap yamaha, bahkan pembalap satelit, hal ini cukup merisaukannya.

Berikut ini hasil babak kualifikasi dan pemanasan tadi siang

Babak Kualifikasi

Babak Pemanasan (WUP)

Hari yang bagus buat pra pembalap dengan mesin 4-inline, terutama pembalap yamaha. Dan marc marquez sepertinya tidak akan mudah dalam balapan kali ini untuk juara. Karena ada jagoan-jagoan 4-inline yang sedang hot, seperti quartararo, rins, vinales dan tentu saja rossi yang dengan pengalamannya mampu merangsak maju ke depan. Akan tetapi mm93 tetap punya harapan, karena ia bersama honda rc213v versi 2019 saat ini adalah yang terhebat, bisa saja ia menguat saat race nanti.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan