[CatalanGP] Marc Marquez Tahun ini Lebih Lambat, tapi Menang. Adakah Peran Lorenzo Membantunya ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Marc maruqez menang balapan di catalunya ! Biasa saja, maklum seperti diketahui bersama, honda rc213v semakin powerful, topspeed nya sudah mampu mengimbangi ducati gp19. Apalagi marquez (mm93) juga semakin matang, semakin pintar dan tidak mudah terprovokasi seperti beberapa tahun sebelumnya.

Akan tetapi, terjadinya drama crash-nya lorenzo (jl99) yang mengakibatkan dovizioso (ad04), vinales (mv12) dan rossi (vr46) ikut ndlosor membuat kemenangan mm93 berbau keberuntungan. Karena sejatinya pasukan yamaha (rossi, vinales, quartararo) dalam kondisi yang sangat prima. Pasukan ducati juga tidak bisa diremehkan, dovi dan petruci berada dalam performa terbaiknya. Rontoknya beberapa rider unggulan akibat insiden tersebut, seakan-akan mempermudah mm93 meraih kemenangan di catalunya kemarin (membuat kemenangan marquez terasa semakin hambar).

Apalagi jika dibandingkan dengan tahun lalu (2018), ternyata performa mm93 bersama honda rc213v di catalunya juga lebih lambat. Pertanyaannya adalah :

Apakah ada peran lorenzo merontokkan penghalang marquez, sehingga marquez semakin mudah memenangkan balapan  di catalunya ?”

Mari kita selidiki data marquez tahun lalu dan sekarang…

Hampir semua parameter performa marquez+honda rc213v tahun ini 2018 lebih baik daripada tahun ini (2019). Anehnya mm93 bisa menang dengan motor yang performanya sedikit menurun. Apakah kemenangan mm93 karena beberapa pembalap unggulan tersungkur akibat ulah lorenzo ?

Nggak juga kayaknya, karena petruci sendiri juga melambat padahal sudah menggunakan motor pabrikan. Tahun 2018 petruci bersama Alma Pramac Racing waktu total untuk menempuh 24 lap adalah  40’28.621. Sedangkan tahun 2019 ini bersama Mission Winnow Ducati hanya 40’35.712, juga melambat. 

Barangkali yang membuatnya melambat adalah suhu dan kelembaban di atas aspal yang berubah, yang berpengaruh terhadap performa motor. Karena meningkatnya suhu di aspal, akan membuat udara di atas permukaan aspal semakin renggang. Kandungan udaranya semakin tipis, begitu pula dengan kerapatan oksigen-nya, sehingga energi pembakarannya pun sedikit menurun.

Jadi jorge lorenzo memang memberikan pengaruh terhadap persaingan di kelompok depan, akan tetapi tidak untuk kemenangan marquez. Marquez menang karena performanya sendiri yang kenyataannya memang lebih baik. Ini dibuktikan dengan raihan poin yang lebih baik sampai race di catalunya, tahun ini 140 sedangkan tahun lalu hanya 115.

Berikut ini hasil bapalan kemarin

Klaseman pembalap sementara

Klasemen konstruktor dan tim

Saat ini saingan terberat marquez hanyalah andrea dovizoso. Akan tetapi sepertinya perjuangan dovi cukup berat. Karena dari 5x duel dengan marc marquez, dovi hanya menang 1x saja, sisanya marquez yang menang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan