Tanpa Aero Spoiler, Marquez dan Honda RC213V Tetap Dominan di Babak Latihan Bebas Maupun Kualifikasi


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Setelah race di qatar, pencinta motogp sempat disibukkan dengan ramainya pemberitaan tentang protes 4 apbrikan atas part “ilegal” yang diaplikasikan oleh squad ducati. Setelah melalui perdebatan sengit akhirnya part tersebut (aero spoiler) dianggap legal dan kemenangan andrea dovizioso dengan ducati gp19-nya dianggap sah. Dan massimo rivola (ceo aprilia gresini) tetap beranggapan bahwa part tersebut memberikan keuntungan aerodinamika.

Dan memang pada akhirnya honda juga menyadari kegunaan part tersebut. Hal itu dibuktikan dengan honda juga mengajukan part sejenis untuk mendapatkan persetujuan fim motogp. Dan ada kemungkinan suatu saat honda memakainya juga untuk mengoptimalkan setingan yang telah ada.

Akan tetapi ketika melihat motor honda rc213v-marc marquez yang berlaga di free practice(fp)  sampai kualifikasi, terlihat honda belum mengaplikasikan part tersebut. Meskipun demikian, seperti biasanya di sirkuit rio honda argentina ini, marc marquez selalu bisa mendominasi. Terlihat dari hasil fp1 sampai fp4 dan kualifikasi, hanya fp2 yang lolos karena direbut andrea dovizioso.

Artinya tanpa tambahan part “sendok” tersebut marc marquez dan honda rc213v tetap kompetitif. Dan hal seperti yang dinyatakan oleh alberto puig :

” Pihaknya tidak tahu apakah akan menggunakan komponen seperti Ducati dalam waktu dekat.

“Saya tahu Honda dan pastinya mereka mencoba menganalisis. Mereka mencoba untuk memahami mana fungsi khusus [dari aerodinamika] dan di mana Anda bisa meningkatkannya,” 
Saya yakin semua pabrikan akan mencobanya. Tapi saya kira itu tidak banyak memangkas selisih waktu,” 
Berikut ini hasil perolehan marc marquez dari fp sampai q2
Melihat ada 4 jagoan di depan, marquez, vinales, dovizioso dan rossi akan berlaga di barisan depan. Semoga balapan nanti malam bakalan seru. Dan semoga juga tidak terjadi senggolan antara rossi dan marquez seperti musim lalu.
Semoga bermanfaat, wassalmu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.
Advertisements

$where = 0;

One response to “Tanpa Aero Spoiler, Marquez dan Honda RC213V Tetap Dominan di Babak Latihan Bebas Maupun Kualifikasi

  1. melihat gap yg dibangun marc, kliatan karakter sirkuit cocok dg motor ditambah improve top speed.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan