Aero Spoiler Ducati Dinyatakan Legal. Honda RC213V Akan Semakin Mengancam

Assaalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pengadilan banding motogp (MotoGP Court of Appeal) menyatakan bahwa spoiler di swingarm ducati gp19 adalah sah (legal). Artinya aplikasi part tersebut tidak melanggar regulasi motogp. Dan kemenangan andrea divizioso dianggap sah dengan poin 25.

Meskipun demikian, insinyur aprilia tetap beranggapan bahwa spoiler tersebut memberikan dampak aerodinamis pada bagian belakang. Karena menurutnya terdapat 3 buah vane yang memberikan efek downforce pada bagian ban belakang. Sehingga memberikan keuntungan peningkatan traksi dan rider dapat menggeber motor lebih cepat sesaat ketika memasuki tikungan.

Dan tentu saja ketika part aero spoiler di swing-arm yang menguntungkan ini dilegalkan, maka semua tim akan menggunakannya, tidak terkecuali repsol honda. Sehingga semua menggunakannya, saat itu keunggulan ducati di aspek ini akan hilang. Dan hal ini akan sangat penguntungkan pasukan honda, karena honda rc213v terkenal sangat liar dan sulit ditaklukkan saat memasuki tikungan.

Adanya downforce pada bagian belakang akan bisa meminimalkan ban belakang melayang saat pengereman keras memasuki tikungan. Karena saat pengereman keras swing-arm akan turun, karena beban beralih kedepan. Dan saat itu spoiler akan mendapatkan cross section maksimal untuk mendapatkan downforce dari udara yang menghantamnya.

Pencinta motogp tentu saja sangat sering melihat bagaimana motor honda rc213v dani pedrosa stopie saat engereman keras mendekati tikungan. Begitu dengan honda rc213v marc marquez yang bergerak liar ke kanan-kiri saat pengereman super keras di akhir stright mendekati tikungan. Adanya down force aero spoiler ini akan mengurangi gejala stopie (ban belakang melayang) dan juga pergerakan liar tersebut. Dan karena traksi maksimum ban belakang bisa diperoleh lebih cepat, maka akaslerasi di tikungan juga bisa dilakukan lebih awal, dan rider bisa meninggalkan tikungan dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Perhatikan gerakan liar honda rc213v marc maruez saat ingin memasuki tikungan

Juga ban belakang melayang saat hard late braking menjelang memasuki tikungan.

Jadi kalau part aero spoiler dia swing arm ini juga boleh digunakan tim selain ducati, maka justru honda-lah yang paling merasa senang. Karena akan memberikan banyak perbaikan dalam handling khususnya ketika memasuki tikungan. Rider honda akan semakin percaya diri melibas tikungan lebih cepat lagi karena traksi ban belakang meningkat akibat down force yang diberikan part tersebut.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Be the first to comment

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan