Dorna Berhasil “Meng-Entertain” MotoGP

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Balapan motogp tahun 2018 sudah usai dengan segala kejutan-kejutannya. Dan tentu saja harus dimunculkan kejutan-kejutan di setiap musim agar penonton tidak bosan. Karena kejutan inilah yang menjadi daya “entertain” sehingga menarik minat banyak penonton, yang tujuan akhirnya adalah keuntungan panitia.

Jika penonton turun, tandanya penonton sudah bosan, dan keuntungan pasti juga turun. Sehingga panitia harus berusaha keras agar penonton kembali bergairah untuk menyaksikan pergelaran motogp ini. Dan sepertinya dorna telah berhasil membangkitkan gairah para penonton motogp tahun 2018 ini. Hal ini dibuktikan dengan naiknya jumlah penonton hingga lebih dari 8% (di luar penambahan jumlah race di thailand) [artikel].

Tentu saja kenaikan jumlah penonton sampai lebih dari 218 ribu tentu saja sangat menguntungkan panitia. Dan tentu saja hal ini tidak dicapai dengan berpangku tangan (membiarkan balapan dengan apa adanya), akan tetapi dengan berbagai usaha dan upaya. Berikut beberapa upaya yang dilakukan panitia motogp (dorna) untuk membuat balapan di sirkuit semakin menarik :

  • Menurunkan gap antara tim yang berlaga dengan ECU dan ban yang seragam
  • Memberikan motivasi untuk tim baru, dengan membebaskan pengembangan mesin selama balapan
  • Eksplorasi dan publikasi dari semua unsur yang luar biasa. Mulai dari aparel, padock, team, pembalap, info, dan lain-lain.

Yang paling kentara adalah membuat jalannya balapan menjadi lebih seru. Dengan mendekatkan gap performa antara tim, semua tim memiliki kesempatan untuk menang yang tidak jauh berbeda. Sehingga terjadi persaingan yang ketat saat balapan yang mengakibatkan senggolan bahkan crash. Inilah salah satu yang membebuat balapan menjadi menarik, dan dorna berhasil menggarap aspek ini.

Kedepannya, barangkali akan sama bahkan akan dibuat lebih ketat lagi. Sehingga jarak performa antar pembalap menjadi sangat dekat. Dan kejutan-kejutan akan semakin sering bermunculan. Penonton semakin senang dan semakin banyak yang datang ke sirkuit, tentu saja uang semakin banyak mengalir ke panitia,

Kurang lebihnya mohon maaf, wassalamu’alaikum arochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan