Kira-Kira Value Apa yang Ingin Ditawarkan Yamaha New R25 Facelift ?

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Jika melihat trend dan dinamika naik turunnya market share sepeda motor (data aisi) di tanah air, maka akan tampak jelas bahwa pasar motor mulai menurun. Sepertinya daya beli masyarakat memang cenderung terus turun beberapa tahun ini. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang belum mencapai target.

Dan dampaknya juga mempengaruhi model yang dibeli oleh kebanyakan konsumen sepeda motor. Dalam semua model yang ditawarkan, model skutik (skuter matik) masih terlihat tumbuh market sharenya, terutama yang harganya menengah ke bawah. Selain karena labih murah, juga lebih praktis menghadapai jalanan yang semakin macet.

Sementara motor bebek dan sport market share-nya turun dan semakin turun. Motor bebek turun karena tidak praktis (harus masuk gigi dan pencet kopling/bagi tipe manual). Sedangkan motor sport ada tambahan hambatan untuk diterima pasar yaitu :

  • Selain tidak praktis karena kopling manual, juga
  • Mahal
  • Berat dan
  • Besar bodinya

Jadi wajar jika pangsa pasarnya semakin menyusut. Bahkan ada beberapa pengamat otomotif baik dari media maupun blogger yang menyatakan pasar motor sport sudah satgnan. Tapi ternyata anggapan ini sepertinya tidak dihiraukan oleh pabrikan, bukatinya masih ada motor sport yang tetap diriset dan akan dirilis dalam waktu dekat ini. Munculnya spyshot (katanya) yamaha new r25 facelift, kalau dilihat knalpotnya sih iya.

Di tengah kelesuan ekonomi dan menurunya daya beli konsumen, dan berhadapan dengan kompetitor yang powerful, kira-kira value (nilai) apa yang ingin ditawarkan oleh yamaha new r25 facelift ini ? Karena jika melihat gambar sekilas, sepertinya perubahan yang signifikan hanya pada aplikasi usd di bagian depan. Sedangkan bagian lainnya tampak sama, bahkan knalpotnya pun masih sama.

Menurut motogokil yang akan diberikan yamaha pada new r25 ini adalah :

  1. Power yang jauh meningkat, lebih tinggi dari kompetitor, khususnya cbr250rr.
  2. Karena style-nya (sesuai spyshot) masih kalah dari kompetitor, maka value berikutnya adalah harga yang sangat kompetitif, tetap lebih rendah.

Dengan kondisi pasar yang sangat sempit dan semakin menyempit, akan sangat sulit berkembang bagi motor sport full fairing jika harganya semakin mahal. Penambahan fitur-fitur canggih juga bisa dikatakan minim, karena akan meningkatkan harga, padahal harganya kemungkianan besar akan lebih mahal dari sebelumnya akibat 2 value (usd dan kenaikan power) di atas.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

 

2 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan