Lewat AHM Best Student 2018, Honda Berperan Aktif Membangun Generasi Bangsa

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Suatu bangsa akan tetap eksis bahkan akan maju jika didukung oleh kesiapan generasi mudanya. Siap dalam menghadapi semua tantangan di depan, karena meraka akan maju ketika generasi tua mulai berguguran. Tantangan yang dihadapi di masa yang akan mendatang sangatlah berat, baik internal maupun eksternal, dan negara berkewajiban menciptakan generasi unggul untuk menghadapinya.

PT. AHM (Astra Honda Motor) sebagai perusahaan ototmotif roda terbesar di tanah air ikut serta mengambil peran ini, yaitu meningkatkan kualitas generasi muda. Salah satunya adalah lewat sebuah event AHM Best Student (AHMBS) di tahun 2018 ini. Yang mana acara ini memberikan motivasi bagi siswa setingkat SMA untuk menjadi seorang wirausahawan yang unggul di kemudian hari.

Apa hubungannya wirausaha dengan kemajuan bangsa dan negara Indonesia ? Jelas sangat erat hubungannnya, karena dalam sebuah kegiatan wirausaha berkumpul berbagai macam keahlian, mulai dari riset, produksi, pemasaran-distribusi, pelayanan purna jual dan peningkatan yang berkelanjuta. Dan suatu negara sangat bergantung pada kekuatan ekonominya yang didukung oleh para wirausahawan yang tangguh.

PT AHM meleksanakan acara ini dengan bertahap. Berikut ini tahapannya :

  •  Kompetisi ketat secara berjenjang yang diikuti sebanyak 353 siswa kelas XII SMA/SMK/Madrasah Aliyah dari 241 sekolah di seluruh Indonesia, yang dilakukan oleh main dealer sepeda motor Honda
  • Kemudian tim AHM bersama PPM School of Management menyeleksi dan mengukuhkan 26 siswa setingkat SMA sebagai wirausaha muda cerdas, kreatif dan berbakat melalui rangkaian Grand Final AHM Best Student (AHMBS) 2018.
  • Selanjutnya dipilih enam finalis juara, yaitu 5 siswa terbaik hasil dari seleksi dan satu siswa yang berhasil meraih Golden Ticket, dalam Grand Final AHMBS di jakarta.

Memasuki tahun pelaksanaan ke-16, AHMBS 2018 mengusung tema “The Millenial Race of Young Entrepreneur”. Hal ini menegaskan bahwa AHMBS merupakan kegiatan untuk wirausaha kreatif yang memiliki karakter khas, yaitu kreatif, percaya diri, serta akrab dengan teknologi khususnya media sosial. Para peserta beradu kreativitas bisnis di tengah komitmen mereka menimba berbagai ilmu sekolah masing-masing. Dan selanjutnya juri menilai kinerja mereka meliputi beragam aspek, yaitu :

  • kreativitas bisnis,
  • kinerja bisnis,
  • pemanfaatan media sosial,
  • prospek bisnis,
  • kegigihan dalam mengembangkan usaha bisnis, dan
  • kemampuan memaparkan bisnisnya hadapan dewan juri.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan :

”Kami ingin berkontribusi agar bangsa ini dapat melahirkan jutaan pengusaha muda kreatif dan mandiri yang akan menopang perekonomian nasional dari sektor informal. Kami harap karya siswa peserta AHMBS ini akan mendorong lahirnya wirausaha muda kreatif sekaligus menumbuhkan semangat enterprenuer di kalangan generasi muda” .

Dalam rangkaian Grand Final AHMBS 2018 ini, AHM juga memberikan pembekalan lanjutan bagi para peserta. Dengan memberikan pengayaan ilmu wirausaha untuk mendukung pengembangan bisnis para siswa kedepannya. Khusus untuk acara ini, dihadirkan pengusaha muda yang pernah menjuarai AHMBS periode sebelumnya yaitu Muhammad Assad yang banyak memanfaatkan media sosial dalam mengembangkan usahanya.

Untuk menciptakan fondasi network yang kokoh antar peserta AHMBS di masa mendatang, AHM mengemas program ini dengan mengajak anak-anak muda milenial ini menaklukkan tantangan kelompok yang dikemas dalam aktivitas AHMBS Amazing Race di Sentul, Bogor. Kegiatan ini bertujuan melatih kerjasama, kemampuan memecahkan masalah, dan kreativitas bisnis.

Penghargaan Bagi Peserta AHMBS 2018

  • Pemenang dengan hadiah utama 1 unit Honda BeAt untuk Best of the Best Student AHMBS 2018. Hadiah ini diharapkan dapat mendukung aktivitas kesehariannya dalam mewujudkan mimpi.
  • Semua finalis yang menempati posisi enam besar mendapatkan hadiah masing-masing berupa gadget untuk mendukung operasional bisnisnya.
  • Satu peserta dipilih sebagai favorit pilihan main dealer Honda dan siswa peserta. Apresiasi juga diberikan untuk tiga peserta yang menunjukkan kreasi terbaik dengan memanfaatkan media social.
  • Semua peserta finalis AHMBS 2018 yang masuk dalam babak final (26 siswa) juga berhak mendapatkan beasiswa pendidikan dengan total sebesar Rp54 juta.

Kegiatan AHMBS 2018 tahun ini sukses juga berkat dukungan Yayasan AHM dan anak perusahaan AHM. Yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia. Semoga acara ini terus berlanjut dan semakin meningkat kualitasnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh.

Advertisements

$where = 0;

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan