Beberapa Teknologi Mutakhir dari Honda, Mungkin Ada yang Belum Tahu


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Untuk sebahagian rakyat tanaha air, istilah honda sudah tidak asing lagi. Bahkan di beberapa daerah masyhur bahwa honda adalah sepeda motor. Karena tidaklah heran jika ada sebuah percakapan; “Honda mu merek e opo ?”, jawabnya “Suzuki sam”.

Akan tetapi banyak dari masyarakat masih awam, bahkan mungkin sama sekali tidak tahu dengan beberapa teknologi yang telah dikembangkan honda untuk sepeda motor. Karena yang sering ditemui hanyalah honda sebagai sepeda motor pada umumnya, honda genset, honda dan lain-lain. Sampai ini banyak sekali teknologi mutakhir yang telah dikembangkan honda terkait dengan “dunia sepeda motor”, mari disimak…

Beberapa teknologi sudah mulai familier dengan mata dan telinga masyarakat permotoran Indonesia yaitu :

Simulator mengendarai sepeda motor

Combi Brake System (CBS)

Smart Key System

PGM-FI

Idling Stop System (ISS)

Beberapa sistem canggih di atas (kecuali simulator) ternyata sudah banyak di adopsi pada skutik honda. Bahkan sistem-sistem ini malah ada yang belum diaplikasikan pada motor lainnya (sport dan bebek). Artinya skutik honda termasuk motor canggih ditinjau dari banyaknya fitur-fitur dengan teknologi terkini.

Dan masih ada beberapa sistem yang terdengar asing bagi kebanyakan rider tanah air. Karena sistem ini merupakan fitur-fitur utama pada motor-motor di luar negeri. Yaitu motor-motor yang tergolong canggih yang kebetulan belum masuk ke tanah air. Teknologi tersebut adalah :

Hyper VTEC

Honda Electronic Steering Dumper (HESD)

Electronic Control Belt

Motorcycle Airbag System 

Human Friendly Transmission

Dual Clutch Transmission

Flexy Fuel Technology

Combine ABS (CBS yang  Lebih Canggih)

Ternyata masih lebih banyak teknologi yang dikembangkan honda yang belum diketahui khalayak ramai rider di Indonesia. Masing-masng dari teknologi dan sistem di atas tentunya membutuhkan penjelasan yang cukup panjang. Jadi sementara itu dulu yang bisa motogokil sampaikan, penjelasan per sistem nya insya Allah di lain artikel.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa ba rokatuh.

Advertisements

$where = 0;

7 responses to “Beberapa Teknologi Mutakhir dari Honda, Mungkin Ada yang Belum Tahu

  1. Hidup Honda… Hidup Market Share…

  2. Hidup ECU Pirelli…qiqiqi..

  3. piston oval gak masuk ya :v

  4. Honda Joss kotos-kotos
    Dewa motor sak jagad
    Ngah ngah Ngah …

  5. Dijabarin satu per satu ya pak dosen, please…

  6. nggak penting dijelaskan teknologi diatas karna beberapa juga sudah dipake di produk masspro indonesia, yang justru penting dibahas itu “Teknologi Power Delivery Honda” dimana hampir setiap motor yang dibuat honda selalu mempunyai Penyaluran tenaga / Power Delivery yang lebih baik ;lebih smooth dan lebih terdosis dibanding kompetitor yang terbukti saat diuji diatas mesin Dyno, dimana produk honda memiliki kurva penyaluran tenaga yang baik, hampir tidak ada istilah “kurva gergaji”, bentuk kurvanya melengkung dinamis dan terlihat ngisi terus hampi tak ada gejala penurunan tenaga di RPM tertentu.

    • itu bisa diatur sesuai denga ciri ke-khasan pabrikan masing-masing. sejauh yang pernah ane coba :
      – yamaha : power bagian bawahnya terasa banget tendangannya, bagi yang tidak terbiasa malah bikin lelah (nvl)
      – honda : power menengah ke atas baru terasa tendangannya, power putaran bawah cenderung lemot (grand, suprax25, cs1, cbr150), ada juga yang berasa seperti yamaha yaitu (all new cb150r)
      – suzuki : power atasnya mengerikan (gsx r150 fufi), ada juga yang power bawahnya leumayan nendang kayak yamaha (smash dan fufi)

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting