Trik Aman Standar Tegak Motor Sport Full Fairing, Atasi Sok Depan Kiri Bocor


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sehatera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Permasalahan seal oli sok depan teleskopis bocor sering dijumpai pemilik motor sport. Apalagi motor sport (full fairing) yang tidak dilengkapi standar tengah atau lebih sering menggunakan satndar samping. Dan kebetulan yang bocor kok seal oli sok bagian kiri, jarang sekali terjadi pada bagian kanan. Silahkan googling tentang sok depan bocor, nanti akan dijumpai masalah tersebut.

Tentunya ada pertanyaan :

Adakah hubungan antara hanya menggunakan standar samping dengan seal oli bocor di sebelah kiri ? “

Berikut ini analisis motogokil beserta trik mengatasinya…

Motor sport full fairing biasanya tidak dilengkapi standar tengah, hanya standar kiri saja. Dan terkadang untuk menghindari ambruk, standar samping di desain pendek sehingga motor sangatlah miring ke kiri. Dan jika motor distandar samping dalam waktu lama inilah yang akan menjadi salah satu penyebab seal sok kiri bocor. Kok bisa ?

Ketika motor distandar samping, maka sok depan sebelah kiri akan mendapatkan gaya dari samping. Hal ini sebagai akibat kemiringannya, semakin besar sudut kemiringannya semakin besar pula gaya tersebut. Perhatikan gambar ini

Bagi mas bro sekalian yang pernah bongkar sok depan, tentunya akan tahu, bahwa antara tabung sok dan bottom sok tidak benar-benar rapat. Ada sedikit celah sehingga tabung sok dapat bergoyang ke kanan-kiri. Meskipun sangat kecil (mungkin 0.0xx mm) akan tetapi adanya gaya tekan ke samping (saat motor di standar samping) yang lama akan membuat seal sok berbentuk sedikit oval. Atau pada bagian tersebut elestisitasnya melemah, sehingga mudah diterobos oli.

Oleh karena itu, memang sebaiknya motor sport tanpa standar samping harus tetap tegak. Tentunya dengan standar paddock di belakang, seperti ini

Ya memang harus tambah biaya beli standar paddock. Yang mana harganya bervariasi antara 150 ribu sampai 300 ribu. Tapi kalau mau ngirit bisa pakai trik yang biasa motogokil lakukan, perhatikan gambar ini.

Ya sesederhana itu, tidak perlu modal uang, cukup sebuah ganjal dengan ketinggian 4-5 cm. Sudah teruji, tersenggol beberapa kali tidak jatuh, ya iyalah lha wong sebelah sananya temok. Selamat mencoba.

Semga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Trik Aman Standar Tegak Motor Sport Full Fairing, Atasi Sok Depan Kiri Bocor

  1. Nice trick masbro.. dan terimasih sdh memajang motor ane jg,hehehe..

    Btw doyan dohc overbore jg rupanya..

  2. Terkendala kalo punya anak kecil takut main2 terus ketimpa

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan