Merapi Mengingatkan Bahwa Manusia Sangatlah Lemah


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Masih ingat letusan gunung merapi yang dahsyat beberapa tahun yang lalu ? Dalam acara honda bikers day 2017 bulan lalu, honda (ahm) berbaik hati mengajak motogokil dan sejumlah blogger/vlogger se tanah air untuk mengunjungi situs letusan gunung merapi. Di mana kami meninjau jalur lahar dingin yang menjadi berkah bagi panambang pasir. Juga lokasi terdampak khususnya rumah mbah marijan (kuncen gunung merapi).

Letusan gunung sangat mempengaruhi banyak aspek kehidupan di sekitarnya. Mulai dari kehancuran yang disebabkan secara langsung, maupun keberkahan sisa etsan secara tidak langsung. Yang menyebabkan kehancuran akibat letusan gunung merapi diantaranya adalah; gempa, lava, pyroclastic (wedus gembel) dan banjir lahar dingin.

Pada saat meletusnya gunung merapi, aliran lava yang merupakan ancaman yang sangat serius. Karena lava merupakan batu pijar dalam bentuk lelehan dengan suhu yang bisa mencapai 1200 derajad cescius, apapun yang diterjangnya bisa hancur. Selain itu ancaman yang tidak kalah dahsyatnya, yaitu wedus gembel. Wedus gembel atau pyroclastic adalah debu letusan yang bersuhu 1000 derajad celcius, dan saat meluncur turun kecepatannya bisa mencapai 700 kpj. Jangankan manusia yang terdiri dari 80% air, barang-barang yang lebih keras pun bisa remuk dan leleh. Lihat beberapa perabot rumah tangga yang tersentuh olehnya

Sepeda motor yang terkena wedus gembel. Hampir seluruh bagian karet dan plastik hancur tak bersisa. Yang ditinggalkan hanya bagian logam yang memang memiliki suhu leleh lebih tinggi.

Barang-barang yang terbuat dari kaca, seperti piring dan gelas meleleh. Karena titik leleh gelas adalah 1400-1500 derajad celcius, maka suhu wedus gembel ya sekitar itu. Bayangkan jika wedus gembel ini menerjang mahluk hidup seperti tumbuhan, manusia dan binatang….bisa jadi areng dalam seketika.

Nyata sudah bahwa manusia sangatlah lemah. Ada banyak kekuatan yang dahsyat (seperti letusan gunung merapai) di sekitar kita. Apalagi kekuatan Allah yang maha kuasa pencipta semuanya itu, semua kekuatan mahluk akan tiada artinya. Oleh karena itu janganlah sombong melangkah di permukaan bumi ini, hai mahluk lemah.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

2 responses to “Merapi Mengingatkan Bahwa Manusia Sangatlah Lemah

  1. Engge pak…leress

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan