[Modifikasi] Pemindah Gigi dengan Menggunakan Sproket (Gir-Rantai)


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wwa barokatuh

Ssalam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Modifikasi memang nggak ada matinya, ada saja ide-ide aneh seorang pencinta modifikasi dan juga para modifikator. Selama tetap mengedepankan fungsi, modifikasi patut diapresiasi. Apalagi selain fungsional juga unik yang menjadikannya lain dari yang lain, justru ini yang diinginkan seorang rider pencinta modifikasi.

Salah satu modifikasi unik adalah mengubah bentuk pemindah gigi, yang sebelumnya berbentuk pengungkit (pedal – stud ) menjadi bentuk gir sproket. Jika dilihat pada gambar judul di atas, gir yang digunakan dua buah, pada tuas dan juga pada as versneleng, yang dihubungkan dengan rantai pendek. Perhatikan juga modifikasi sejenis pada motor lainnya…

Cukup keren serta eye catching, dan pasti akan mengundang pertanyaan orang-orang yang melihatnya.

Sepertinya…pembuatannya juga tidak terlalu sulit, yaitu dengan me-las pangkon pada clamp di as pemindah gigi. Sedangkan pedal pemindah merupakan pedal custom dengan bentuk yang lebih lebar. Kemudian pangkon ini dan juga pangkal pedal dilubangi sesuai dengan lubang gir timing (gir pada noken as/camshaft).

Kemudian setelah gir terpasang (dengan memanfaat 2 baut) keduanya dihubungkan dengan kamprat. Nah disini perlu dilakukan setting panjang rantai dan juga kemiringan pedal. Kalau bisa modifikasi menggunakan part gir-rantai/kamprat bekas, sehingga biayanya jauh lebih murah ketimbang menggunakan part baru.

Gimana mas bro, mau coba mengaplikasikan modofikasi ini ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

One response to “[Modifikasi] Pemindah Gigi dengan Menggunakan Sproket (Gir-Rantai)

  1. Apa nggak malah ribet buat sehari hari dalam jangka waktu yang lama,,apalagi maaf yang daerah kan banyak lumpur nyangkut,,,kayaknya aku nggakk sihhh,, tapi kalau buat modif lomba atau sementara sihh okee okee ajaaa

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting