[MotoGP] Kesempatan Marquez Menjuarai Race di Brno Terbuka Lebar

motogp_aug20 czech mm overtake vr

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Para sesi kalifikasi kemarin, marc marquez (mm93) berhasil merebut pole position. Untuk masalah mm93 merebut pole position bukan hal aneh, sudah sering. Yang menjadi sedikit perbincangan adalah posisi tersebut direbut dengan (sangat terpaksa) harus mengovertake valentino rossi (vr46) yang ada di depannya. Banyak yang menyanjung, banyak juga yang menghujat, karena tindakan tersebut dinilai cukup berbahaya dan bisa mencelakakan rider lain, tapi untungnya aman-aman saja.

motogp czech grid start

Sebelumnya, baik pole position maupun race di brno ini dimenangkan oleh jorge lorenzo. Maka raihan ini tentunya menunjukkan adanya kemajuan pada mm93 dengan rc213v-nya. Apalagi mm93 berhasil memecahkan rekor kecepatan peraih pole position sebelumnya. Padahal mekanik hrc merasa kesulitan dengan penyeragaman ecu dan penggantian merek ban dari bridgestone ke michelin. Berikut ini hasil kualifikasinya

motogp_aug20 czech q2 result

Bandingkan dengan hasil kualifikasi di sirkuit yang sama pada tahun 2015

motogp 2015 czech q2 result

Terlihat bahwa baik lorenzo maupun marquez, mengalami perbaikan, semakin cepat. Hanya saja kecepatan marquez meningkat lebih tinggi dibandingkan lorenzo. Sayangnya rossi semakin lambat dari tahun sebelumnya, sehingga ia harus mem-push m1-nya lebih keras lagi.

Selain lap time yang paling cepat, mm93 juga menorehkan topspeed yang paling tinggi dibandingkan kandidat juara dunia lainnya. Perbandingan topspeed mm93-jl99-vr46 adalah 309.8 : 308.9 : 398, yang mampu mengalahkannya hanya iannone di grid terdepan. Artinya pada race di brno kali ini mm93 memiliki kesempatan besar menjadi jawara, karena kombinasi performa baik di tikungan maupun di track lurus cukup mumpuni.

Tapi…namanya balapan, sesuatu yang di luar prediksi bisa saja terjadi, hanya Allah yang tahu. Semoga saja pada balapan nanti sore, terjadi duel yang sengit antara rossi, lorenzo dan marquez. Dan dengan masuknya pembalap lain seperti iannone dan dovizioso, persaingan memperebutkan podium akan semakin seru.

Bagaimana dengan prediksi bro sekalian ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

7 Komentar

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan