KTM RC200 Merusak Harga Motor Sport Kelas 30 Juta-an di Indonesia [Komparasi Spec Lengkap]

Diposting pada

rc200 vs cbr150 vs r15 small

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rilisnya harga diskon motor-motor ktm di GIIAS benar-benar membuat motogokil tertarik untuk menuliskan artikel ini. Bagaimana tidak, sebagai contoh, rc200 dengan spek yang wah dibandrol dengan harga 35 jutaan, sedangkan duke 200 dengan spek naked 31 jutaan. Ini benar-benar keterlaluan murah, jika dibanding dengan motor yang jauh lebih inferior baik spesifikasi dan performa, yaitu all new cbr15or dan r15. Dimana saat ini all new cbr150r dibandrol 33,3 juta, sedangkan r15 dibandrol 32.8 juta.

Sehingga saat ini dari sisi harga rc200 benar-benar merusak pasaran motor sport full fairing dari honda cbr150r dan juga yamaha r15. Apalagi jika dibandingkan dengan value dari rc200, benar-benar sangat jauh perbedaannya. Nah sampai sejauh mana perbedaan value dari ktm rc200 dibandingkan rival-rival nya yang saat ini menguasai pasar motor sport di tanah air, simak terus bro…

Sesungguhnya rc200 bukan baru, karena sudah lama dirilis di luar negeri. Dan ditempat kelahirannya (india) rc200 ini sudah dikomparasikan spesifikasi dan performanya. Dan inilah sepsifikasi yang berhasil motogokil komparasikan

RC200 vs CBR150R vs R15 specification by motogokil

Dari spesifikasi yang ada terlihat bahwa ktm rc200 unggul telak di performa. Sedangkan untuk fitur kaki-kaki r200 juga unggul, pada ukuran ban, lebar disk brake, merek rem, suspensi depan usd. Dan satu lagi yang membuatnya semakin value adalah tampangnya yang luar biasa agresif dan ditunjang dengan pwr yang paling besar, menjadikannya sangat menarik bagi rider penikmat kecepatan. Dan jika benar spesifikasi sebagus ini dihargai 35 juta-an, maka ktm rc200 ini menjadi motor sport dikelas 30 juta-an yang paling value for money.

Bayangkan…di india, ktm rc200 jauh lebih mahal dibandingkan r15, lha kok disini rc200 yang impor bisa mepet harganya dibandingkan r15 dan cbr150r yang lokal (duke 200 malah jauh lebih murah) [1], gimana  nggak gokil nih ktm ngasih harga ?

ktm rc200 vs yamaha r15 price

Tapi…tentu saja namanya buatan manusia tidak ada yang sempurna, pasti ada kekurangannya. Terutama bagi biker Indonesia yang tinggal di Indonesia, kekurangan yang tampak adalah dimensinya. Dengan berat 154 kg, motor ini lebih berat hampir 20 kg dibandingkan rival-rivalnya. Apalagi dengan seat height 820 mm, cukup membuat kebanyaka rider tanah air tidak percaya diri membawanya.

Kekurangan yang lain adalah rasio kompresinya (cr) yang sangat tinggi, benar-benar ready to race, 14.5:1. Sesungguhnya dengan spesifikasi ini, ktm menunjukkan bahwa kualitas material yang digunakan di sektor engine benar-benar kelas wahid. Akan tetapi dengan cr setinggi itu , maka kemungkinan besar rider rc200 akan sulit mendapatkan bbm yang sesuai. Karena dengan cr yang setinggi itu, bbm yang cocok mungkin hanya pertamax racing dengan ron 100. Kalau tidak maka jeroan engina akan cepat bermasalah.

Satu lagi kelemahan ktm rc200 adalah masalah overheat. Karena udara di Indonesia yang cenderung panas, engine dengan performasi yang sangat tinggi, maka tentunya engine akan lebih mudah overheat. Apalagi jika rider menggunakan bbm yang spesefikasinya kurang memenuhi syarat, overheat akan lebih sering terjadi. Dan jika hal ini tidak disadari oleh rider, maka mesin bisa ambrol.

Anda berbadan tinggi dan belum punya motor sport 30 juta-an ? Sepertinya ktm rc200 paling cocok buat anda saat ini. Buruan dibeli sebelum harganya naik, menjadi seperti semua.

40 thoughts on “KTM RC200 Merusak Harga Motor Sport Kelas 30 Juta-an di Indonesia [Komparasi Spec Lengkap]

  1. ane yg sbelumnya pngen “tobat” pake yg koplingan n pnen hijrah ganti metik slonjoran… skrg jd galau berat ini..haaddweuuhhh
    KTM..kurang ajar kau…

  2. waduh ada yang copas nick nih.

    kompresinya ketinggian. tapi kompresi dinamisnya dapat berapa ? pertamax ron 100 ( racing ) kan gak dijual eceran di pom. kalau pake pertamax turbo masih bisa kagak ya?

  3. Tenang kan ada pertamax turbo, saya rasa masih cukup sesuai.
    Pertamax 92 jd alternatif klo SPBU blom/ga jual yg Turbo.
    tp bingung jg Pertamax 92 ga ada gmna tuh, ron 92 ajj ga sesuai bgt apalagi 88/90.

  4. Om motogokil,setau saya duke itu perlunya RON95. D india sendiri kan panas n spek BBMnya g jauh beda sama dsini.
    Itu apa bener 14? Kok setau ane 11.3 ya? Duke 390 aja 12 koma sekian. Bukanya kendaraan jalanan kompresi paling tinggi itu 14 y? (Kalo g salah skyactive)

  5. GILA ,,, killer price is real !!!
    imbas lebih itu ke Honda soalnya CBR dan CB baru louncing semua !!

    yamaha kalo pintar bisa manfaatin dengan naikin harga mepet KTM , bikin model baru , mesin baru , fitur ditambah …
    power 22ps , torsi 16nm cukup buat new r15 cukuplah …
    soalnya berat basanya juga jauh beda ..

    kalo perlu r15 suntik mati …
    bikin R20 dan Mt20

    itu juga kalo yamaha pintar ,,
    takutnya nanti R15 new yang keluar
    mesin sohc lagi power 17ps lagi
    harga naik .. gali kuburan namanya

  6. Siapa bilang nih motor gak laku
    Dulu nih motor musih harga mahal banyak yang punya di tempat ane apalagi sekarang

  7. busyet….
    aje gile… dulu ktm duke 200 ditempat ane harganya 64jt…
    waktu itu ngiler abis…

    lha ini…. ajaib!!!!
    wah mending ane ngambil ktm rc250 deh…
    r25 ane lego ajah… ane males jadi fby…. wkwkwk…
    yamaha mending bikin produk super duper wow, mungkin ane bisa balik jadi fby… hahaha…

      1. iya sih om power r25 gede, tapi nanggung banget…
        ane pengen yg anti mainstream… hahaha…
        yamaha bikin kecewa om…
        motor R25 yg notabene produk global, bahan plastiknya kalah sama R15, desain buritan masih bagus R15, swing arm R15 lebih eye catching, dari part performa ecu R15 daytona bisa pake hp android, jadi singkat kata banyak yg harus disesuaikan lagi….

        sedangkan KTM RC250 beda bingits, ready to race… wkwkwk

  8. 14,5:1 itu kalo engga mau knocking dan masih bisa minun pertamax pakai water injection.Selain itu juga kalo 14,5:1 maka itu pistonya jenong banget,lebih berat kecuali pakai bahan bermutu,sehingga tenaganya tidak besar(ingat semakin berat piston maka gaya yang dihasilkan besar ditambah stroke panjanh,udah tuh jadi mesin diesel)

  9. yakin harga nya segitu.
    soalnya waktu ane cek harganya 2 kali lipatnya.
    tapi kalau harganya 30 jt an , ane mau bungkus tuh. hehehe

  10. pak dosen yg namanya motor mao diisi pertamax turbo or shell v-power skalipun masi murah itungannya,,,jadi kebangetan aja yg pake motor masi musingin fuel consumption,,,coba pak dosen piara medium sedan V6 200HP,,,baru berasa bedanya,,,piss

    1. kadang membicarakan fc bukan cuma masalah biaya, tapi masalah keberadaan spbu, keberadaan bbm oktan tinggi dan antri di spbu
      jadi kalau terlalu sering ke spbu, kadang bikin bete

  11. kgk bakal laku ne motor…mo disunat harganya jg gak ngaruh

    kenape : kl buat harian dijamin problem bermunculan….gak percaya ? beli aj nanti kirim testimoninya

    wkwkkwkwkwkw

  12. spertinya KTM hrus mndesain ulang motor sportnya biar cocok utk ukuran badan org asia.. rata2 tinggi org kita 165-170 bakal jingkit tu kaki wkwkwk.. mana berat lagi

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan