Konsumen Mempertanyakan Kualitas Sok Depan Kawasaki ER6

er6 sok depan patah1

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Masih ingat tentang artikel sok kawasaki er6 yang patah [artikel] ? Baru baru ini dirilis penampakan batang sok yang patah tersebut. Menurut empunya, batang sok depan tersebut terlalu tipis bagi sebuah moge kawasaki yang powerfull dan berat.

Berikut penampakan patahan batang soknya…

ER6 sok depan patah bottom ER6 sok depan pipa

Sampai-sampai konsumen (atau mungkin mekanik) sambat/mengeluh tentang kualitas sok depan kawasaki er6 ini. Berikut penuturannya

ER6 sok depan patah0 sensor

Tinggal kita tunggu nih hasil investigasi selanjutnya dari pihak kawasaki. Apakah patahnya sok depan tersebut karena impact yang cukup besar, atau memang karena kualitas part atau material penyusunnya. Mengenai sok patah, jangankan kawasaki, pabrikan sekelas bmw sekalipun mengalami kejadian yang sama, perhatikan gambar-gambar ini

swing arm bmw broken2

sok depan pecah

Entahlah, semoga tidak terjadi pada rider kawasaki er6 lainnya (kasuistis). Karena keselamatan rider benar-benar dipertaruhkan jika terjadi sok depan patah seperti itu. Dan kalaupun benar hal tersebut terjadi karena kualitas material yang rendah (mungkin vendornya curang), maka kawasaki harus segera me-recall motor-motor tersebut.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

20 Komentar

  1. diharap segera di investigasi, krena ini kejadian anomali.

    ER6/Ninja 650/EX6 itu udh eksis dari tahun 2006 dan spertinya kejadian begini baru kali ini yaitu di rem keras dari kecepatan 90 km/jam langsung patah.

    sy sendiri eks pemakai selama 7 bulan. kalau ngerem di trek lurus sentul biasanya dari 185-190 km/jam turun ke 90 km/jam masuk tikungan R1 selama 10 lap atau kurang. jdi rem benar2 intensif di forsir selama di track. dan Alhamdulillah gak ada masalah yang muncul seperti itu jga dari teman2 lain yang trackday.

    jdi kejadian ngerem mendadak dari 90 km/jam dan langsung patah itu menurut sy gak beralasan. kecuali ada hal lain :

    motor pernah nabrak dan terjadi keretakan mikro.
    memang ada factory fault (material defect) hanya terjadi di motor yang bersangkutan tersebut

    motor di design dari pabrik sudah memenuhi uji material menyeluruh. misalkan fork er6/ninja 650 begitu rentan, sudah pastinya banyak kejadian sperti itu disini maupun diluar negeri dan ini gak pernah jadi issue sejauh yg sy ketahui.

    ninja 650 hijau eks motor sy :

    https://sepedamotorblok.wordpress.com/2015/07/28/modifikasi-ninja-650-er6-untuk-balap/

  2. kil kil, ente info kayagini langsung koar koar padahl belum tau kebenarannya, ente dapet dari internet langsung ente share? nikah aj ente daripada stress semua pabrikan ente serang. berita dapet dari internet dishare, gile lu.

  3. perlu di investigasi oleh kawasaki supaya jelas penyebabnya apa.

    nanti coba sy f/up ke komunitas, apa memang benar sperti itu terjadi material defect di stanchion tube di motor yg bersangkutan tersebut atau ada hal lain yg si pemilik itu gak kabarkan

    motor er6/ninja 650 torsi nya cukup besar 64 Nm di 7000 rpm. akselerasi 0 ke 100 km/jam sekitar 3.8/4.1 detik. akselerasi ke 140/150 km/jam di jalan yg gak terlalu panjang dan sedang sepi itu mudah dicapai. mengerem kuat diatas 100 km kalau dijalan biasa dilakukan, apa lgi rider2 club komunitas yg biasa turing. seperti super rider kawasaki di jl. fatmawati jak-sel. anggotanya banyak yg punya er6/ninja 650.

    kalau beban terlalu berat gak beralasan karena pabrik sudah uji material. kawasaki z800 lebih berat sekitar 20 kg dari ninja 650 dan menggunakan fork yg grade nya juga standard seperti er6/ninja 650.

    Z800 biasanya dari 220-225 km/jam ngerem kuat deselerasi sampai speed 85-90 km/jam masuk tikungan ke kanan R1 sentul,

  4. point nya kejadian ini hanya di motor yg bersangkutan tersebut. kalaupun itu nanti memang “benar-benar” ada material defect setelah di investigasi.

    bukan secara keseluruhan motor er6/ninja 650 yg masuk ke indonesia.

  5. Eyang punya warung mana ya kok ga berani nongol sih setelah banyak fakta yang di beberkan oleh bro arena sepeda motor ? Takut ya kalo ketauan artikelnya cuman hoax ? Cuman buat naikin hits ?

  6. udh di f/up ke temen di komunitas mudah2 an di investigasi supaya ada kejelasannya. apa benar2 sperti yg diberitakan atau ada hal lainnya yg tdk dikasih tahu.

    krena untuk claim ke kawasaki sbenarnya yg bersangkutan tinggal datang saja.

    sperti claim tanki berkarat atau elektrik fan bermasalah dll kalau masih garansi bisa diganti. nah kasus ini kalau memang stelah di investigasi ternyata ada unsur factory fault, material defected atau metal fatique, kawasaki harus ganti rugi. tapi apa yg bersangkutan udh datang ke kawasaki? ini perlu kejelasan.

    belum ada insiden yg sperti ini di indo, kecuali fork patah krena motor nabrak. er6 alm uje klau gak salah jga gak patah, walaupun terjadi benturan. bengkok spertinya.

    di komunitas sendiri klau ngerem mendadak malah lebih diatas 100 km/jm klu dijalan. jdi itu hal yg biasa. di sirkuit speed 170-190 km/jam ngerem full utk masuk tikungan R1 kanan. rem benar2 musti kuat, klau tdk bisa susah belok krena masih terlalu kenceng.

    skarang malahan ada yg mulai suka gaya stoppie-stoppie. kalau akselerasi terus wheelie udh biasa.

    tapi tetap gak boleh takabur, bisa jdi itu factory fault sperti yg sy sebutkan diatas. bisa jdi juga ada hal lain yg ditutupi misalkan.

    factory fault bisa terjadi pada motor apapun, motor yg harga 1 m juga mungkin.

  7. menurut fb prapto mulyo, motor ada dibengkelnya tapi belum ktemu sama pemilik motor, baru via phone.

    tempat kejadian katanya di losari. nah ini bukannya ada kejadian juga di losari cirebon jabar antara er6 tabrakan dg supra?

    apa ini motor yg sama? berarti fork patah bisa jdi bukan krena ngerem mendadak, melainkan krena benturan.

    dan katanya nabrak pembatas jalan juga, seperti yg ditulis blog bonsaibiker :

    http://bonsaibiker.com/2016/01/08/ternyata-shock-kawasaki-er6-patah-bukan-sekedar-nabrak-supra-disinyalir-nabrak-pembatas-jalan/

    kalau nabrak ceritanya jdi beda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.