Magnet Lepas – Penonton Tewas, Bagaimana Bisa ???

magnet lepas penonton tewas

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dunia road race tanah air berduka, innalillahi wa inna ilaihi rooji’uun. Seorang penonton roadrace meninggal dunia akibat dadanya terhantam oleh magnet/rotor/flywheel yang terlapas dari motor beat peserta roadrace. Menurut informasi yang beredar, lepasnya magnet tersebut akibat askurk/crankshaft yang patah.

Dari semenjak mengenal dunia permotoran, baru kali ini motogokil mendengar ada magnet terlepas, mental keluar dari engine sebuah motor. Pertanyaannya adalah mungkinkah hal itu bisa terjadi ? Jawaban paling mudah adalah mungkin saja, tapi bagaimana hal itu bisa terjadi ??? Untuk mengetahui jawabannya bari kita simak beberapa hal yang memungkinkan kejadian tersebut…

Konstruksi rotor magnet

Konstruksi rotor magnet/flywheel honda beat adalah sebagai berikut

magnet lepas penonton tewas spul

Magnet bisa terlepas, salah satunya adalah karena mur pengunci (no.8) kurang erat mengunci magnet pada poros kranshaft

Posisi magnet pada sepeda motor matic

Posisi magnet ada di sebelah kanan, yang jika dalam kondisi standard tertutup oleh cover kipas. Pada matic yang menggunakan radiator malah lebih terlindung, karena selain tertutup cover juga terhalang oleh radiator.

magnet lepas penonton tewas cover kipas std2

Pada tim/rider roadrace yang memperhatikan keselamatan, cover akan tetap dipasang, akan tetapi rider yang sembrono akan melepas cover tersebut.

magnet lepas penonton tewas cover kipas race0

Ketika magnet terlepas, karena mur pengunci lepas, jika cover masih terpasang, kemungkinan besar besar masih akan tertahan di balik cover kipas. Karena setelah bebas lepas, magnet sudah tidak ikut berputar lagi (berputar hanya sesaat setalh lepas, karena gaya kelembaman). Untuk matic ber-radiator akan lebih aman, karena tertahan dengan keberadaan radiator yang menutupi magnet.

Kemungkinan crankshaft patah sangat kecil, karena engine brake matic sangat kecil (tidak seperti motor bertransmisi manual). Dan lagi crankshaft adalah salah satu bagian engine yang sangat kuat. Pada kejadian di dragrace saja, engine yang jebol karena power terlalu besar, atau piston menabrak klep yang floating, jarang terjadi crankshaft patah (belum pernah dengar, silahkan tanya google). Yang sering terjadi adalah setang piston yang patah. Perhatikan konstruksi as/poros crankshaft matic

magnet lepas penonton tewas 2

 

Dan kalaupun askurk/crankshaft patah, kemungkinan besar juga sebagian crankshaft akan tetap masih di dalam crankcase karena adanya bandul (patah pada bigend). Dan jika patah pada poros/asnya, dan ketidak beraturan hasil patahan akan tertahan oleh ring dalam dari bearing yang sangat presisi.

Dan memang wajar jika magnet yang keras dan cukup berat (sekitar 1.3 kg) terlepas dengan kecepatan tinggi, kemudian menghantan seseorang, bisa menyebabkan kerusakan fatal. Bahkan jika jarak cukup dekat daya rusak lebih hebat lagi. Apalagi jika mengenai organ fital seperti kepala dan dada, bisa menyebabkan kematian.

magnet lepas penonton tewas magnet

Jadi lepasnya magnet (yang mengakibatkan kematian penonton roadrace), kemungkinan terkuat penyebabnya adalah :

  1. Mur pungunci magnet kendor
  2. Cover kipas/magnet tidak terpasang
  3. Tidak adanya pengaman yang cukup bagi penonton, penonton terlalu dekat dengan sirkuit roadrace
  4. Taqdir Allah SWT, kesemuanya hanyalah lantaran, agar bisa dijadikan pelajaran.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

16 Komentar

  1. sepertinya sudah menjadi ciri khas negeri kita, baik balap resmi maupun ilegal.. MAKIN TERLIHAT KOPONG DAN PROTOL MAKIN KEREN!!
    ..
    jd mindset nya memperingan berat motor dilakukan bukan dg meningkatkan kualitas dan pemilihan bahan metalnya. Tapi justru LEPASIN APA AJA YG BIKIN BERAT.. hahahaaaa (jd inget jaman sma dulu 😀 )
    ..
    menurut ane mindset ini ada faktor dari minim nya dukungan pemerintah pada arena balap. Coba klo badminton, voly, basket, karate, taekwondo.. bisa dapet support tuh, so klo ada suntikan suplemen dana ya lbih fresh mindset nya,..
    ..
    tp balap motor, waduuuhh imbas nya ya akal”an yg penting halal.

  2. ane rasa klo ada tim moto gp dari indo jg pasti tampak cungkring sendiri motornya, terlihat kopong dan protol … wakakakakkkkk… fairing dilubangin, stang dilubangin, velg, piston jg dilubangin wakakkkkkk 😀
    ..
    aerodinamic?? safety?? aahhh itu cuman mitos, yg penting jambakannya 😀

  3. emg udh mindsetnya “anak resing” indonesia makin protol makin joss + ditempat ane lagi trend FU cakram segede kaset DVD yang dipadukan ban cacing velg jari2 padahal malah mirip smash/shogun modipan

  4. Team racing abal2 itu mah..masih setengah2 pengetahuanya. Masa asal terikan lebih enteng, mesin cepat panas pun gag di perhitungkan. Padahal kan kan klo suhu mesin stabil banyak efek positifnya

1 Trackback / Pingback

  1. Penampakan Magnet Maut yang Menewaskan Penonton Roadrace | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan