Memotong Logam Dengan Bersih

Diposting pada

Cutting iron

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bagi bro n sis yang sering datang ke bengkel bubut atau bengkel las, tentunya tidak asing dengan kegiatan potong-memotong logam. Ada beebagai teknik yang motogokil sempat lihat, diantaranya adalah dengan gergaji, gerinda dan dengan las. Tapi kesemuanya menghasilkan limbah yang menyebar, baik itu asap maupun serpihan kecil/serbuk hasil pemotongan logam.

Sesungguhnya ada lho teknik lain yang digunakan untuk memotong logam, yang limbahnya langsung tersapu bersih. Teknik ini dikenal dengan water cutter, yaitu memotong dengan air bertekanan sangat tinggi.

water cutter

Kalau dilihat proses pemotongannya, air dengan tekanan yang sangat tinggi ini dapat dengan mudah memotong plat logam yang cukup tebal. Kemampuannya mirip laser, hanya saja sifatnya dingin, sedangkan laser panas. Enak banget membuat spare part variasi berbasis CNC dengan pemotong alat ini. Apa di Indonesia ada yang menggunakan alat ini ya ?

Coba lihat videonya di sini

Nggak kebayang, kalau alat ini dibuat mainan…bahaya banget. Cruuuttt putus deh anggota badan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

11 thoughts on “Memotong Logam Dengan Bersih

  1. Teringat hukuman jaman dulu, orang digundulin trus diteteson gundulnya pake air dingin terus menerus….ngeri banget nih hukumannya kayaknya cocok buat koruptor….cmiuw…

  2. water cutter motongnya tebel pak, coba pake wire cut, potongan cuma 0,1-0,2, temen ane sering motong pake itu,. motong plat kyk motong tembaga, cuma motongnya lebih pelan dibanding water cutter.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan