Dengan Hanya Mengandalkan "Deltabox" dan Finishing yang Halus, Akhirnya Vixion Tumbang

NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bulan oktober kemarin data aisi menunjukkan angka penjualan yang aneh bagi “jagoan” honda dan yamaha yang telah lama berseteru. Penjualan honda new cb150r naik pesat, sementara penjualan new vixion advance sebaliknya, jeblok. Cukup aneh karena hampir tidak pernah penjualan klan vixion anjlok sebesar itu dan dikalahkan oleh penjuawan klan cb150. Perhatikan pergerakan data aisi vixion dan cb150 bulan september dan oktober ini

vixion vs cb150r sept-okt 2015

Angka ini bisa dikatakan anomali, karena tidak pernah terjadi sebelumnya. Entahlah apakah angka ini memang realita penjualan, atau hanya akal-akalan pabrikan untuk memperlihatkan kekuatan marketinganya. Yang tampak di angka-angka aisi seperti itu, cb150 naik hampir 93% sedangkan vixion turun 46%.

Tapi menurut motogokil hal tersebut mungkin benar terjadi. Karena jika para calon pembeli potensial rajin buka internet dan mengamati penampakan nva (vixion) dan ncb (cb150r), maka keunggulan dari nva yang tersisa hanyalah deltabox  dan kualitas finishing– nya. Mengapa demikian ? Kerena banyak variabel yang dulu diunggulkan, sekarang tertimpa isu miring yaitu :

  1. Batang sok depan yang lebih besar dan kokoh, tapi banyak kabar yang menunjukkan bahwa jika terjadi kecelakaan, sering sekali kejadian sok depan vixion patah
  2. Handling yang mumpuni karena didukung oleh frame deltabox yang rigid dan balancing yang baik. Akan tetapi kasus yang sering muncul adalah sok belakang yang terlalu empuk sehingga limbung di kecepatn tinggi, apalagi saat menikung. Serta komstir yang sering bermasalah, sehingga cukup mengganggu pengendalian baik saat memasuki tikungan ataupun keluar tikungan
  3. Silinder yang sudah mengadopsi teknologi diasil dan piston model tempa (forged) serta ring piston yang keras laksana intan. Akan tetapi banyak sekali kasus yang menceritakan bahwa engine vixion terlalu banyak membakar oli mesin di rpm tinggi, sehingga pada knalpot terlihat asap putih dan oli mesin cepat habis.

Itulah isu negatif yang menerpa keunggulan yang di-usung oleh klan vixion (nva) saat ini. Benar tidaknya silahan di-check di komunitas rider vixion yang banyak tersebar di kaskus dan facebook, serta situs-situs otomotif (motor ) nasional.

Kemudian ketika dibandingkan penampakannya, terutama oleh calon pembeli awam (jarang buka internet), maka akan tampak beberepa “yang dulu” merupakan nilai plus pada vixion, mulai diimbangi bahkan diungguli oleh ncb. Bagian yang sangat tampak adalah :

  1. Roda-ban, dulu nvl tampil gagah dengan ban tapak lebar. Kemudian ncb tampil dengan ban yang lebih lebar
  2. Dulu nvl tampil dengan tutup tangki rata, sekarang ncb tutup tangkinya juga rata
  3. Dulu nvl tampil dengan speedometer yang eye catching dengan “hi bro” nya. Kemudian ncb tampil dengan speedometer full digital
  4. Lampu ncb sudah full led sedangkan nva belum, nanti setelah pemakaian akan terasa efeknya. Lampu dop biasa akan mudah putus jika dibandingkan led, baik bagian depan maupun belakang.

Dan ketikan calon pembeli melihat spesifikasi engine-nya, tampaklah bahwa teknologi engine ncb berada di atas vixion, yaitu pada :

  1. Power ncb lebih besar dibandingkan nva
  2. Percepatan ncb 6-speed sementara nva 5-speed
  3. Penggerak klep ncb dohc, sementara nva sohc

Akan tetapi memang jika dilihat kualitas finishingnya nvl atau nva masih lebih halus dibandingkan cb150r (old and new). Begitu pula jika melihat bagian tengah, vixion tampak lebih kokoh dengan deltabox-nya, dibandiingkan ncb dengan truss frame yang kelihatan agak semrawut. Apalagi ditambah dengan beseliwerannya kabel kopling dan selang radiator tambah kelihatan ruwet, untungnya berwarna hitam, jadi tidak terlalu kentara.

frame nva vs ncb

Semoga bermanfaat bagi yang sedang pilih-pilih motor sport 150cc.

Wassalamu’alaikum wR wB

 

41 Komentar

  1. Secara objektif memang nyata NCB menggerus penjualan NVA.. Coba jumlahkan total tiap bulan, market size Naked 150 cc memang dari dulu berkisar di 40 rb-an unit/ bulan..

    Bisakah Vixion kembali dominan?? Jawabannya enggak bisa. Honeymoon is over.

    • sok tau kaya dukun

      gw bukan FB – FB alay model lu

      jangan sampe kaya R25 ya cung yang koar2 bisa kill Ninja,
      bisa sih (bulan pertama doank) sisanya tau sendiri gmn penjualan R25 vs Ninja,

      Gigit jari akhirnya R25 cm menang “awal2 doank”

    • ..kemungkinan pembeli ncb merupakan pengguna Honda dgn varian berbeda. Artinya hny market share nya saja yg bergeser.. alasannya fariasi..
      dgn asumsi daya beli konsumen tetap..

    • Susah.. klan CB sdh berani all-out.. dog fight.. tau sndiri kekuatan Honda.. kita liat nanti klan cbr bentar lg bikin tsunami.. Di semua kelas cc.. mulai 150 keatas.. Honda sdh nemu pace’nya. Waspadalah.. waspadalah..

  2. PIkson ibarat fortuner
    New Cb ibarat pajero sport

    Kalo fortuner sampai kiamatpun akan tetap lebih laku daripada pajero sport, karena faktor Toyota?

    Lah pikson itu kan yamaha……

    Wess siap2 ditinggalin konsumen…

    __

    Any Question?

  3. sepertinya calon konsumen sudah mulai bosan dengan vixion secara sejak 2007 smpe skr, dijalanan bnyak bngetttt, sama kya kasus mbit. jd intinya bosen om.

  4. Menurut penerawangan ane yang ilmunye masih belum ada apa-apanye dibandingken bro ‘pengamat’ apalagi dibandingken dengan dosen cakil, sedikit banyak disebabken karena para fby nungguin MT15 brojol. Atau R15 facelift mungkin? Mungkin lho yah.

    Udah ah, kebanyaken komen ntar pasti langsung dituduh fby kayak yang udeh-udeh ngoahahahahaha.

    Any kuesyen?

  5. Jika pasar CB150R terus naik dan Vixion tetap, itu sudah warning buat yamaha. Kenyataan sekarang malah lebih parah, cb150r naik dan vixion anjlok, itu benar-benar warning yg sangat keras bagi yamaha. Semoga petinggi yamaha gak jumawa mengemukakan alasan ini itu, tetap fokus dan lebih giat utk mempertahankan pasar sport. Kalo semua segmen dikuasai honda ya gak asik lagi bagi konsumen.

  6. vixion itu emang sudah sharus’y tumbang,, masa dri 2007 tu cuma gonta ganti baju doang,, sektor mesin gk tersentuh,, harus’y mesin jg ikut dirombak ksih DOHC atau miniman VVA + 6 speed

  7. Penjualan Vixion series tinggal menunggu waktu saja.
    Secara mesin vixion series udah DiAsil, forget piston, durasi noken bisa dibilang full race overlap 58°(NVL) krn overhead/haus olie direvisi jd overlapnya 56° gen nva & mx-king.
    Bicara spec standar pabrik dgn regulasi euro3 & silincer standar, Sebenarnya upgrade mesin vixion series udah mentok, performanya segitu2 aja.
    Lawan next spec NCB & sonic stroke 57,8mm, dohc, inj. Kalah kemana2 konsumsi bbm, akselerasi & top speednya.
    any kuesyen? …… Xixixixixixixi

  8. Sekarang ini mesin motor sudah dohc/sohc 4valve dgn diameter klep in 75%d sedangkan out 60%d, inj dgn throtle body besar.
    kok masih pake durasi >260°, gaya2an pake VVA buat apa? Bisa Kencang?
    Injeksi kok boros? Fail technology?
    Nanya ah buat Yimm yg pentolannya alumni PTN anu…. Xixixixixixixi

  9. Kalau Yamaha lover nahan beli motor karena nunggu MT-15, gak masalah buat Yamaha, tapi kalau anjloknya penjualan Vixion karena yang pingin beli Vixion pindah ke lain hati, yo siap-siap aja.

  10. Warning buat yamaha u lebih memperhatikan kualitas produk dan keinginan pasar!!!!!!!!!!!. Buat honda pelan tapi pasti, dengan memperhatikan keinginan pasar akhirnya bisa petik hasilnya dan konsumen yang di manjakan.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan