[MotoGP] Ketika Petisi Tak mampu Membatalkan Gelar Juara Dunia MotoGP

jl99 champ 2015

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah musin motogp 2015 usai dan Jorge Lorenzo sebagai juara dunia, banyak yang tidak puas dengan prestasi lorenzo. Para pendukung rossi benar-benar muak dengan pencapaian ini, sehingga banyaklah lahir meme-meme yang menghina lorenzo dan mengagungkan rossi. Tapi mereka tidak bisa membantah bahwa kenyataannya lorenzo lah yang menjadi juara dunia bukan rossi.

Saat race director (rd) memberikan 3 poin pinalti akibat sepang clash, para pendukung rossi membuat petisi untuk membatalkan pinalti tersebut. Dan nyata sudah pendukung rossi memang benar-benar banyak, dan sebahagian besar fanatik, sampai-sampai tidak percaya lagi dengan ke-valid-an putusan rd. Tapi saat lorenzo dinobatkan sebagi juara dunia motogp 2015, mengapa mereka (fbr) tidak membuat petisi lagi, miasalnya

” Batalkan gelar juara dunia yang diperoleh Lorenzo, karena dibantu oleh Marquez ! Dan Rossi lebih layak menjadi juara dunia motogp 2015 !! “

Ternyata mereka meskipun fanatik terhadap rossi, mereka masih berfikiran waras. Karena lorenzo memang pantas menjadi juara (meskipun menurut opini mereka karena dibantu marquez). Jika diadu performa lorenzo dan rossi, jelas sekali bahwa lorenzo unggul hampir di semua sisi. Perhatikan angka-angka berikut

vr46 vs jl99 record 2015

Dengan data performa yang sangat jelas ini, para pendukung dan pencinta rossi (fbr) tidak mampu membantah, bahwa lorenzo layak menjadi juara dunia. Akan tetapi fbr tetep tidak bisa menerima jika gelar juara dunia lepas dari rossi, maka dibuatlah gelar juara dunia versi mereka, yaitu :

Peoples Champion

Wah mantab nih, ada gelar juara di ajang balapan, tapi yang memberi bukan FIM. Bukan juga karena performa, melainkan karena opini-opini yang ditebar oleh si pembalap (rossi). Sehingga membuat pendukungnya terharu.

rossi crying

Perhatikan gestur wajah rossi saat wawancara, giamana fbr nggak terharu kalau melihat rossi seperti ini.

Kalau menurut motogokil, nge-fans sama seseorang adalah wajar dan manusiawi. Tapi jangan keterlaluan sehingga menganggap semua yang dilakukannya adalah benar. Jangan pula menganggap semua yang dikatakannya, opini-opininya benar, tanpa mau tahu fakta yang ada.

Semoga bisa mengiringi istirahat malam ini, akhir kata selamat beristirahat, wassalamu’alaikum wR wB.

58 Komentar

  1. Mungkin mereka sdh pada nyadar Oom! ga da gunanya buat petisi, melawan kekuatan Spanyol! disamping itu Honda ikut bermain! butuh kekuatan yg luar biasa, byk yg terlibat di blkg layar hanya untuk mengalahkan 1 org Italy! bayangkan kl Rossi menang akibatnya buat Honda! bayangkan jg kl skrg Yamaha pk Lorenzo! semuanya murni BISNIS! MM hanya pion dibalik semua ini!

  2. yup betul! namanya msh kanak2, yg penting “puas” aja dulu, tanpa memikirkan akibat ke dpn nya! akibat yg lsg diterima skrg, berani ga Honda mjd kan MM sbg ikon produknya? blm yg lain yg blm terbaca saat ini. suatu saat jika dia sdh dewasa pasti mengerti ada yg jauh lbh UTAMA dr sekedar kepuasan pribadi!

    • Hidup itu singkat, Namun bs jd skaligus mnjadi hal terlama yg mungkin utk dilakukan,
      IMHO Melakukan sesuatu utk kepuasan pribadi bagi MM adalah murni cara dia mengekspresikan diri sbgi manusia normal, popularitas?
      Semakin bnyk rekor trpecahkan, smakin sring podium 1, maka popularitas akan dtng dgn sndirinya.
      Bukankah tdk setiap orang diciptakan utk slalu mbuat orng lain ikut senang,
      Perkara honda ikut senang bhwa MM sdemikian patuh maka itu bonus, yg jelas mm tau apa yg dia mau & tunai apa yg ia kehendaki dalam diamnya.
      Dari sudut pandang lain, dgn final sprti kmrin, ga sdikit orang yg ikut snang entah fb JL, FBMM dan antirosi,-anda sadar kan ga smua orng trcipta utk mnyukai idola culas-,
      khususnya mreka yg bkerja di honda trlepas di bidang apa ia difungsikan karena ditilik dri aspek marketing dibutuhkan less effort ketika si tua tdk world champ & ga jd brand ambass.
      Berlpang dada lah,
      If you still wanna defend your idol, do it in ur own way, at ur own risk, don’t ever mind &blame others.
      And quit lecturing anybody about satisfaction and how it would impact their life in the future.
      Mind your own business,
      Its that simple folk,

      • Mind your own business too…
        It’s that simple folk….
        You don’t need reply my comments, oke bro? Lucu dech kamu…. Mlh ngasih kuliah kayak dosen aja…. anda sadar kan apa itu arti kata mind your own bussines? Tp anda mengurusi Rossi, mengurusi saya berkomentar, ngebahas Mm, honda dpt bonus, ya begitulah! Spt nya anda slh satunya org yg diciptakan tdk untuk membuat org lain senang, jika ternyata ada org lain senang karena anda itu bonus namanya! Oh iya saran saya open your mind!

        • justru saya merasa anda lebih tidak open minded saat mengatakan
          -anda salah satu yg trcipta tidak utk mbuat orng lain senang.-
          remember saya ga harus mnyenangkan siapapun
          terlebih anda,

          dangkal sekali anda itu kalau menyangka saya trcipta untuk mbuat orang lain senang, rupanya eksistensi anda itu sangat dipengaruhi oleh bagaimana perasaan/persepsi orang lain ttg anda
          tidak ada yg lebih mnyedihkan daripada menjadi individu yang demikian.
          saya bisa perkirakan dangkalnya otak anda itu,
          btw pernah liat comberan?
          itu tepat sekali untuk menggambarkan pikiran anda yg berharap eksistensi saya adalah utk mbuat orang lain senang

          perhatikan comberan itu, selain dangkal juga keruh
          benar2 representasi anda banget itu
          ngoa hahaha,

  3. tdk semua org bisa koreksi diri, jk rossi bisa koreksi diri mulai awal masuk motoGP sampai sekarang pasti tahu dosa2nya kpd pebalap lain,,jauh lbh berat dr apa yg dilakukan MM, krn rossi sudah dianggap Tuhan oleh FBR maka Rossi dianggap Maha Sempurna tiada kesalahan apapun,

  4. Udh mas jgn d omong trs, ini sprti kita ngobrolin makanan d depan org kelaparan, g tega liat muka rossi ky gtu. Sukurin lo fbr, dongkol berkepanjangan!!!

  5. ketika duo pembalap hebat di satu pabrikan tak lg akur,akan brpengaruh pd pengembangan motor.tahun 2013 ketika rossi gabung lg sm yamaha,hbungannya sm jorge udh ga sepanas dulu.nah yamaha pelan2 bangkit stlh klah sm honda 2013-2014.tahun ini hasilnya bs dliat.mknya pak jarvis bilang,”enough of the polemics,let’s move on”.sbnrnya ane respek sm rossi.tp fansboy garis kerasnya yg bikin eneg..

  6. cukup jelas kalau lorenzo lebih pantas utk pegang titel juara dunia. lorenzo lebih cepat melesat di tikungan.

    walaupun begitu rossi pantas di apresiasi dg pencapaiannya di 2015 ini, tetap berada di posisi top level. skill balap rossi tetap luar biasa pada umur segini dan pastinya masih ada nyali utk geber poll. Krena pembalap juga manusia yg pasti ada rasa takut klau mengalami cedera berat.mungkin gak mau cacat seperti rainey atau simoncelli. Doohan di era jayanya dg 5x WC berturut-turut pilih berhenti setelah mengalami big crash dan cedera berat.

    rossi jga pasti faham klau race pace nya akan berkurang banyk dan gak kompetitif. tpi dia lihat di 2015 ada kesempatan utk ambil satu kali lgi juara. mungkin saat itu dia lihat marquez sebagai rider ternekat dan tercepat sedang mengalami masalah dg motornya. mungkin itu yg rossi pikirkan bahwa dia punya kesempatan lgi walaupun tdk banyak.

    dan jga lorenzo yg motornya satu tim, artinya sama power dan torsinya.( mungkin beda sedikit torque delivery sesuai keinginan si rider melalui seting ECU) rossi berpikir akan lebih mudah utk menantang (challenge). tpi ternyata lorenzo masih unggul di corner speed

    sy apresiasi rossi sebagai salah satu rider “the greatest of all time” . atas pencapaiannya 7x WC dulu mulai dri jaman motor GP500, motogp 990cc dan 800cc. dg berbeda merk, honda dan yamaha. tpi era nya rossi sdh lewat. rosi gak akan bisa “push to the limit” lgi seperti dulu wktu masih lebih muda. krena refleks & nyali yg jga berperan terhadap performa balap jga menurun.

    th depan mungkin era nya marquez dan rider muda lainnya.

    • tambahan :

      setiap pembalap “push to the limit” , faktor keberuntungannya semakin berkurang, kemungkinan crash akan semakin tinggi.

      makin kenceng crash nya makin tinggi /parah kemungkinan cederanya. tapi bisa jga tdk.

      marquez crash pada kecepatan tinggi 209 mile (336 km/jm) di mugello dan selamat dg cedera ringan. marquez terlalu cepat di lintasan lurus dan mengerem kuat sampai ban depan ngunci.

      kalau di ulang lgi di mugello sperti itu mungkin ceritanya akan lain. jdi di setiap pembalap ada faktor keberuntungan utk tdk crash dan tdk cedera atau cedera ringan. yg mana hal itu gak bisa diprediksi walaupun sehebat apapun skill si pembalap

  7. nge fans sama pembalap dan merk motor boleh2 aja, asalkan jngn kelewatan. yg akhirnya jdi subyektif, mau menang sendiri.

    rival-rivalan itu biasa. jaman rossi masih di honda 2003 rivalan dg sete gibernau yg juga pakai honda. waktu itu kelihatan speed rossi bisa lebih cepat dri gibernau. dan lebih banyak menang di posisi 1 dari gibernau.

    2002 rossi honda rival dengan biaggi yamaha, rossi lebih banyak menang ke 1.

    di 2004-2005, 2008-2009 rossi juga lebih bnyk menang posisi 1

    kalau musim 2015 ini beda, rossi bukan yg tercepat dan terbanyak menang di posisi ke 1. itu realitas nya.

      • tetap lorenzo lebih bnyk di posisi satu nya dari rossi, misalkan 3 race terahir gak dihitung. jl 6, rossi 4.

        di jaman jaya nya, rossi selalu kuat di p island dan sepang. th 2010 di sepang rossi bisa masuk 1.

        di brno rossi ketinggalan cukup jauh 10 detik. di aragon gap 2.7 detik dibelakang jl. jdi setelah berjalan setengah musim balap 2015 sisa 9 seri, rossi memang kalah cepat dg jl di dry race.

  8. Sesungguhnya ini adalah rencana besar yamaha dan berhasil,,.sebagaimana tlah kita ketahui bersama semenjak kehadiran mm di moto gp hampir tidak ada yang membendung lajunya,dua tahun berturut turut meraih gelar jurdun,mebuat yamaha berfikir keras untuk menghehtikan ini bocah, dan ahirnya rossi di tugaskan untuk menghadang ini bocah dan jl di tugaskan untuk ngepus secepat mungkin,rencana berhasil ahirnya yamaha meraih juara.

  9. Saya perhatikan selama musim 2015 rossi ngak ngotot menang setiap race, paling main aman podium 1,2,3 asal dapet point. Beda dengan lorenzo dan marc terlihat lbh fight disetiap race.
    mungkin rossi punya strategi lain & pastinya belum akan pensiun sampai musim motogp tahun depan.

  10. Lihat aja tahun depan. Apa yang ditanam orang (baik ataupun jahat) akan dipanen di masa datang. Khususnya Marquez akan mengalami kejadian yang sulit dipercayai oleh semua orang.

  11. rossi lagi nikmatin gaji kok kita masih pada ribut…
    mm juga mungkin bahagia mungkin kecewa gak bisa mempertahankan gelar ,dan untuk menyalip rekor 5x juara berturut turut milik rossi harus dimulai dari awal lagi….
    lorenzo lagi cengar cengir dapat juara tahun ini….
    kita masih haruz bekerja keraz untuk meneruskan hidup….

  12. Kok masih ada aja ya yang menghujat Rossi dan fans-nya??? Orang sudah gagal kok masih terus aja dihujat? karepmu opo….?????$@%#^&$@^&)%*$%@#
    Saya tegaskan bahwa di tahun 2015 ini Rossi, Marquez, Pedrosa, Iannone, dan semua pembalap motogp lainnya adalah LOOSER!!!! and the only one WINNER is Lorenzo = MOTOGP WORLD CHAMPION!!!! no matter what you think, or whatever you say. It’s done bro…. it is all over for 2015 motogp season. Yang namanya juara itu hanya ada satu, lainnya hanyalah sekumpulan pecundang (entah karena motor lemot, nasib sial atau memang orangnya yang lemot juga).
    Saya salah satu fans Rossi tapi saya tidak pernah menganggap dia dewa apalagi tuhan? OMG!!!! saya sudah punya tuhan sendiri yang jauh lebih hebat dari apapun yang ada di seluruh alam semesta!!!!! Tapi lama2 saya muak juga membaca tulisan2 hujatan terhadap Rossi, come on bro… wake up… udah nggak jamannya lagi hujat-menghujat menyebar kebencian. Sadar nggak kalian semua kalau sebenarnya pemenang dari perang bharatayudha motogp 2015 adalah HONDA?!!! silahkan dianalisa sendiri, pikirkan baik2 dengan tenang, singkirkan dulu ego dan emosi. Apa efek bagi yamaha kalau yang juara dunia Lorenzo dibandingkan Rossi.
    Tentunya pak dosen gokil sudah paham mengenai hal ini.

    • “Konsumen akan lebih tertarik menggunakan produk yang sama dengan artis yang diidolakannya”

      sedikit yg gw tau
      Keputusan Pembelian Motor Jupiter MX, sangat dipengaruhi oleh model iklan (Sulistiono,2012) dimana saat itu Rossi yag mnjd Endorser.

      Keputusan Pembelian Motor Yamaha juga dipengaruhi Vale sebagai Endorser (Ash-shiddieq,2014). Masih banyak lagi.. Endorser mempengaruhi Sales

      Sebelum seri MotoGP ’15 berakhir image Horhe sudah negatif, diakhiri dengan polemik konspirasi spanyol yang mengantarnya sebagai juara dunia yg tak kunjung usai. seluruh dunia menyaksikan balapan.. dan mengaanggap dia tak layak juara.

      Walaupun banyak yg mendukung horhe pantas dgn melampirkan statistik, mengutip dari pendapat orang lain. Tapi jika konspirasi tersebut masih belum tuntas. Penilaian kemenangan GP’15 masih bias.

  13. klo dlm hal otomotif ymh selalu disudutkan
    klo dlm hal rider motogp selalu rossi yg disudutkan
    dg bumbu penggiringan opini…
    begitulah kira-kira namanya blogger
    Smoga Fuahaaam

  14. yg menentukan juara dunia itu jumlah point bukan banyaknya podium 1 walopun tdk dipungkiri bahwa podium 1 menyumbang point terbanyak. tahun 2006 hayden jg podium 1 nya g lebih banyak dr rossi ato jgn2 hayden g dpt podium 1 waktu itu (ane g tau persis silakan cari datanya sendiri) ane jg fbr tp ane g nganggep rossi tuhan. ane suka rossi karena cara balap dia.. skill dia.. attitude dia. ane fbr bukan berarti ane fby. kayaknya pak gokil ini benci bgt ya ama rossi.. benci boleh pak gokil tp jgn benci buta bgitu. hehehe

    • nggak juga, ane biasa saja
      tapi fans juga jangan sampai buta, sehingga tidak bisa terima kalau idolanya salah, kesalahannya sangat fatal
      tahun 2015 ini rossi teribat dalam 3 insiden yang kontroversial, kemudian tuduhan2 dengan berdasar asumsi dan serangan2 secara verbal kepada pembalap lain
      jadi jika ada orang benci rossi karena kelakuannya ini, ane kira wajar
      tapi kalau ane sih nggak benci juga nggak ngefans, biasa saja, karena nggak ada untungnya sama sekali

      • Artikel ini menggambarkan hal yang sebaliknya, bahkan semakin menyulut api kebencian antar fanboy. Sepertinya pak dosen seorang yang cukup religius, mestinya sadar bahwa setiap tindakan/ucapan/tulisan apalgi yang bisa diakses ribuan bahkan jutaan orang pasti ada implikasinya entah itu positif atau negatif. Mestinya sejak awal niat mau menulis sudah disadari, tujuan menulis itu apa sih? hanya untuk bikin heboh saja kah? Bila permusuhan dan kebencian semakin menyebar akibat tulisan ini, secara tidak langsung pak dosen gokil turut andil di dalamnya. Sudah disadari kah mengenai hal ini? Mohon maaf bila kurang berkenan, tugas saya untuk mengingatkan. Salam….

        • terima kasih sudah diingatkan
          tapi tolong ingatkan juga orang2 yang mencintai idolanya setengah mati, sampai buta dan tuli, sehingga selalu membenarkan apapun yang diperbuat idolanya meskipun ia salah.
          dan masalah permusuhan, sebelum artikel ini terbit (perhatikan tanggalnya), hal itu sudah terjadi. Silahkan lihat artikel2 dan status2 fb para blogger pentolan fbr, sesungguhnya merekalah yang menyulut permusuhan
          artikel ini hanya ingin menunjukkan bahwa mereka salah, bahkan salah sekali

      • saya fbr.. saya jg sadar bahwa manusia pasti ada salahnya pak dosen. seorang rossipun pasti pernah berbuat salah dlm hal ini kesalahan dlm motogp. saya tdk mnutup mata jika pembalap idola saya salah. gini aja pak dosen yg terhormat ini ngefans sama siapa? biar kt sama2 tahu kemana arah dari artikel2 yg mnyudutkan rossi atopun fbr.

      • apakah fansboy mm senang kalau tahun ini juara 3?
        pasti yang mencaci rossi fansboy mm, karena gara2 rossi marquez sering ndlosor….
        apakah fansboy marquez terima kalau jagoannya gak jurdun?
        tanyakan hatimu….

        • di hati ane nggak ada pembalap motogp
          sengaja ane kosongin, untuk hanya diisi oleh hidayah dari Allah SWT
          para pembalap mau menang atau kalah, siapapun tidak pengaruh terhadap kehidupan ane
          karena ane punya kesibukan yang sangat banyak, nggak sempat fokus memikirkan mereka

        • Sejujur isi hati ane mmg fans berat Marquez, tpi biasa2 aja si MM gak jurdun & ane ga ngeyel kayak kebanyakan FBR disaat jagoannya gak menang hehehe….

      • ada teori yg mengatakan ..

        “Individu yg berada satu kelompok, performnya bergerak pd garis rata-rata”. Seseorang yg telah mencapai nilai tertinggi, peningkatan performnya tidak securam individu yng levelnya berada dibawahnya.Hal tsb karena motivasi..banyak hal yang mempengaruhi motivasi, terutama kepuasan kinerja..

        JL gabung dg Rossi 2008. tp Butuh 2 musim mampu jura ’10. tapi sayang di ’11 gelar drebut stoner.

        beda dg Marc yg jelas memilik talenta
        juara Moto2 ’12
        Juara MotoGp ’13 & ’14

        So.. Jorge mestinya brterima kasih pd Vale. Paddock Yamaha g’ terpisah sehingga memungkinkan saling intip data. Ciaooo..

  15. sy pikir untuk fans rossi akan lihat realita bahwa memang rossi sdh menurun performa balapnya, gak lgi sperti di era jaya wktu masih muda. klau aja race pace rossi masih bisa sperti dulu, misalkan seperti th 2009. mungkin hasil akhirnya gak sperti skrng ini. rossi akan mampu fight “handle bar to handle bar” dg jl di sisa 9 seri 2015

    kesalahan rossi kenapa meladeni marquez di sepang? tpi rossi jga manusia yg ada batasans emosi. begitu jg dg marquez, bermain dg rossi di sepang akibat tuduhan yg dia terima di p island. mungkin krena jauh lebih muda sikap emosional marquez lebih bisa diterima,walaupun itu tdk benar.

    walhasil rossi tetap sebagai rider dg prestasi luar biasa sepanjang sejarah grand prix motor. utk prestasi seperti rossi gak mudah jga mencapainya. beberapa rider dg skill dan nyali tinggi tapi gak berhasil seperti rossi krena mengalami cedera berat.

    mick doohan adalah master on two wheels. doohan pilih pensiun di masa jayanya mengejar juara ke 6X berturut-turut krena kecelakaan berat. motornya highside dalam kecepatan 180 km/jam. stoner pembalap brilliant, tpi akhirnya pilih berhenti lebih awal.

    rossi beruntung gak mengalami cedera parah di masa jayanya. realitanya sekarang rossi semakin berumur dan semakin berkurang speednya.

    marquez punya nyali dan skill tinggi, dia akan punya potensi menjadi pengganti rossi, tpi akan selalu ada test yg akan dia hadapi yaitu faktor keberuntungan. keberuntungan utk tdk mengalami cedera berat yg bisa menghambat karier. krena setiap kali “push to the limit” , faktor keberuntungan akan berkurang.

    jdi sy pikir rossi patut di apresiasi atas prestasi panjangnya di grand prix motor, juga marquez sebagai pembalap muda yg punya potensi tinggi utk sperti doohan dan rossi ke depan.

    • Buat para fans rossi.. istiqfar.. buka Mata.. buka fikiran.. Iya, rossi pembalap hebat di masanya.. tapi skrng buanyak pembalap Lbh hebat dari dia..(selain krn dia pegang motor pabrikan juga) coba pegang ducati atau suzuki atau motor Tim satelit.. iso mok bayangne?? Bisa tambah jeblog dia. Frustrasi dia.. nafsu kuda tenaga ayam.. main tendang.. bikin rumor ra jelas.. panen kui akibatnya.. taun depan siap2 dimangsa kedua kalinya Kalo msh lebay.. liat saja.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan