Buat Rider yang Merasa "Wah" dengan Motornya (Khususnya Moge)

15 moge di jalur transjakarta

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Arogasi bisa dilakukan siapa saja di jalan raya, bisa oleh rider motor komuter, anggota club motor , patwal dan pengendara moge serta yang lainnya. Akan tetapi yang sering menjadi sorotan saat ini adalah anggota clob motor khusus nya moge. Mungkin saja arogansi yang mereka lakukan bersamaan dengan datangnya kecemburuan sosial yang disertai oleh perasaan dilanggarnya hak-hak mereka di jalan, sehingga masyarakat geram.

15 buang moge3

Dan menjadi suatu fenomena yang tidak bisa dipungkiri, bahwa seseorang rider yang mengendarai motor miliknya yang menurutnya “wah” sering membuatnya terlena, lupa diri dan sombong. Padahal kondisi seperti ini sangat berbahaya, karena dapat mempengaruhi “feeling” berkendara, yang terkadang menyebabkan kecelakaan, baik sendiri atau melibatkan pengguna jalan lainnya. 

potongan body motor

Sesungguhnya para rider tidak perlu terlalu bangga dengan motornya. Baik rider moge, sport apalagi motor bebek dan matic, biasa saja lah. Motor cuma sekedar benda, kendaraan alat transportasi. Karena di suatu tempat di muka bumi yang lain, motor tidak beda jauh dengan sampah, walaupun menurut kita itu adalah motor yang “wah”.

Coba perhatikan orang-orang yang sedang membuang motor-motor keren dari truck

Jpeg
Sampah Motor Gede

Kalau dilihat ban nya warnanya kayak baru, kembangannya juga masih dalem, menunjukkan motor-motor tersebut masih lumayan baru. Tapi motor-motor tersebut diperlakukan layaknya sampah. Yang kemudian diangkat dan dilemparkan oleh alat berat membentuk tumpukan sampah motor yang cukup tinggi.

 

Jpeg

Padahal secara orang kita, tuh motor masih lumayan bisa buat “ngeceng”, tapi di sana menjadi limbah. Banyak juga yang bergumam, “Sayang nya…”, kalau kita disana disuruh untuk mem “bersihkan” limbah ini, tentunya akan dilakukan dengan senang hati. Bermodal kunci-kunci yang memadai, itu motor-motor yang akan dihancurkan, sebentar saja akan segera mreteli, dan dipacking kirim ke Indonesia untuk dijual eceran, laku keras di sini.

Jadi seharusnya kita menganggap motor kita tidak terlalu berlebihan, biasa-biasa saja. Sayang boleh saja sebagai rasa bersyukur karena telah diberi nikmat oleh Allah SWT. Dan menjadi sombong serta arogan, tentunya sangat memalukan dan tidak pada tempatnya, karena yang berhak sombong cuma Tuhan, Allah SWT.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr wb.

27 Komentar

  1. namanya juga indonesia pak, naik sampah aja sombongnya minta ampun. . . yg naik mocil dianggap kasta rendahan, padahal banyak juga orang mampu yang gak suka naik moge

  2. gimana ya om..
    ane rada gak setuju kalo bbrp sikap tersebut dibilang arogan, buat moge personal ato patwal,,
    ..
    usut diusut semua ada penyebabnya, contoh :
    knp club moge terkesan begitu, krn bawa moge itu tanggung jawab nya besar om, gak semudah kita pelintir gas vario. So semua harus dipastikan clean dari variable yg mengakibatkan resiko membahayakan baik bagi diri sendiri maupun org lain.
    ..
    terlebih lagi di sini,, ahh,, gak ush bawa moge kali om,.. yg bawa matic itu sruntulannya, kurang ajarnya, egoisnya lebih gede dr yg bawa moge!!
    ..
    jd memang ya kalo bawa moge harus seperti itu, raungin kenalpot dll.. itu justru lebih safety, dia dirancang mampu lari di atas 200kpj dg mudah.. secara gak ada jalan di indo yg mewadahi kecepatan seperti itu kecuali sirkuit. So kita sebagai pengguna jalan jg harus nyadar mereka pengguna moge butuh ruang gerak yg berbeda demi keselamatan bersama.
    ..
    justru dg kita gak nyadarin itu ya kita lah sendiri yg arogan! mentang” udh bayar pajak jalan terus kebutuhan kita sama?
    Salah lah, dimensinya beda, percepatannya beda, beratnya beda, ruang gerak nya beda.. kita ya harus sadar lah jangan justru gak terima krna iri blm kesampaian beli moge.
    sejauh ane menapak di aspal dan ketemu moge,, gak ada tuh yg menurut ane arogan,, kalo matic dp murah justru puaaaling banyak!!
    ..
    seperti biasa indo ini negara demokrasi, yg banyak yg bener, bukan yg bener yg banyak.. so matic seruntulan itu banyak tetep bener” aja di mata masyarakat. Kalo terjadi crash yg disalahin pasti yg motor lbh gede, ane udh alamin sndiri om!

    • Udh tau jalanan indo ga cocok pake moge knp pake moge
      Klo d bilang butuh ruang gerak yg lebih,,,ya make moge nya d sirkuit aje sono,,jgn d jln umum

  3. gini deh, ane kasi contoh yg lbh real buat om,
    om kan ada bnyk motor tuh..
    ..
    nah skrng coba jalan pake vario statis di 60kpj, terus ganti jalan pake cbr di 60kpj.
    feelnya apa om, mana yg memiliki variable lebih berantakan di jalan?
    ..
    nah skrng tinggal bayangin aja klo om lakuin hal yg sama dg CBR Fireblade 1000cc
    ..
    masih yakin mau masukin dlm kategori arogan? 🙂

    • Sebenernya semuanya bisa diatur dan disadari berdasarkan kebutuhan.
      Sekarang ane kasih contoh lain, tinggal di perumahan jalan pas-pas an, tapi pake mobil segede fortuner, pas jam sibuk anter anak sekolah. Pengguna jalan yang lain jadi nggak kebagian jalan, memang tidak arogan. Akan tetapi secara tidak langsung bikin susah orang lain, kenapa bisa beli fortuner nggak bisa beli karimun untuk jalan sekecil itu ? kalau mau sama-sama enak ya pakai kendaraan yang sepantasnya, supaya bisa berbagi di jalan.
      Begitu pula dengan moge, jalan di Indonsia nggak kaya jalan di eropa, amerika, arab atau australia. Alangkah bijaksanannya jika terpaksa pakai moge mengikuti aliran arus yang ada, jangan mau menang sendiri. Kalau nggak mau sengsara pakai moge, ya jalannya pas sepi seperti abis subuh atau menjelang tengah malam. Atau pakai motor biasa untuk harian, dan pakai moge untuk fun-race di sirkuit atau saat libur jalan agak kosong
      Intinya pakailah kenderaan sesuai kondisi jalannya, semuanya bisa enak dan nyaman

  4. coba liat gambar ke-2
    hahahaaa…
    yg arogan sapa coba?
    ..
    masih untung ditendang(ditegur keras) sm patwal, drpd bener” ditendang bemper mobil belakangnya..
    udah ban cacing
    gak ada plat nomor
    gak pake spion
    ya gini ni potret jati diri rider indo yg baik dan benar di mata masyarakat!
    banyak banget cung di jalan!
    (dg kondisi kaya gitu bahkan ada truk kontainer di belakang jg gak bakalan tau! ntr klo kepala udh pecah masuk kolong truk keluarga tangisan semua.. klo ditendang patwal marah,, hahaaaa WTF!)
    ..
    ane jd bingung dg definisi kata AROGAN stlh baca artikel ini 😀

    • Sudah pernah disuruh minggir sama segerombolan anak klub ?
      Kebetulan ane pernah, baik klub mocil (jalur malang-kediri) maupun klub moge (jalur probolingo-paiton), seandainya ane nggak minggir kemungkinan besar kena tendang. Padahal jalan sudah dikasih 3 jalur, masih minta 2 jalur lagi dari arah berlawanan.
      Gimana, sudah faham definisi arogan ???
      Kalau gambar judul artikel bisa nggak jadi definisi arogan ??

      • hmm,,, klo ibarat org jualan dan ada komplain biasanya akan direspon menurut banyaknya komplain.. ya semacam keputusan me recall produk dsb,, mksdunya ya lbh banyak klub motor yg gak main kaki setahu ane 🙂
        ..
        knp ane gak bilang itu masuk ranah arogan? karena selain alasan yg ane bilang, justru kuantitas arogan pengguna jalan yg selain mereka itu lebih banyak sehari” nya, ane korbannya om smpe terkapar seminggu yg lalu cuman bisa tiduran aja.
        ..
        anak klub gak tiap hari jg lewat,, kita tinggal minggir deselerasi bentar udh berlalu mereka. Toh mereka jg butuh jaga ritme anggota yg jalan.. jngn smpe ada yg tertinggal dll,, ya klo ane sih lbh hormati itu, wlopun bisa jg ngacir di dpn mereka.
        Kalo semua org pertahankan kebutuhannya masing” di jalan ya perang om 😀
        ane nganggep klo di jalan ane pegang kebutuhan pribadi, dan anak klub pegang kebutuhan klub, rider moge pegang kebutuhan pribadi yg lebih besar dari ane dr sinergi dg motor nya.
        So, ya ane yg ngalah klo ketemu kategori begituan.
        ..
        intinya sih, bagaimana menyatukan variable di jalan itu jd harmoni. Krn ya klo trjd apa” ruginya dialamin bnyk pihak.
        dan sejauh ini ane hormati moge sebagaimana kekuatan tunggangan mereka, cz bos ane sdniri punya moge dan sharing sm ane gmn keluhan dia di jalan, dan paham bener yg dia rasain, betapa minim nya kesadaran berkendara di indo, main serundul, gak liat spion, gak peduli pengendara di belakang, main potong jalan, dll
        ..
        org ane yg cm pake cibi mungil aja udh jd korban matic seruntulan ee 😀
        ..
        final nya knp ane gak setuju sm artikel ini, krn takut justru menimbulakan sikap arogansi pengguna personal. Krn akan nganggep sikap rider moge dan klub motor ato patwal itu salah mutlak, dan malah timbul rasa jengkel tiap moge lewat ato terjadi gejolak perang harga diri di jalan. Aduuuhhh,,… bos ane pnya Diavel om, baik orgnya, gak seruntulan, plng cuma lg libur aja di pakenya, & wlopun ane gak pernah nyobain diavel ny 😀 tp ane tau yg dia rasain klo arogansi personal justru merajalela di jalan.

        • sebenernya kalo ente cermat baca artikelnya, sejak awal sudah disebutkan bahwa arogansi di jalan bisa dilakukan siapa saja termasuk motor kecil
          dan ane rasa kepentingan pribadi, club dan lain2 atau konsekuensi pribadi karena beli moge dan konsekuensi klub karena harus menjaga ritme, tidak bisa digunakan untuk menghalalkan dominasi di jalan raya, karena kita punya hak yang sama di jalan. masalah bos ente yang santun di jalan, itu memang sudah seharusnya dan tidak masuk dalam pembahasan di artikel ini
          kalau ente nggak setuju, nggak masalah juga, karena ya itu tadi, mungkin ente belum pernah mau di tendang oleh anak klub dipaksa minggir ke jalan karena ia mau lewat.

        • penunggang moge emang arogan. ane udah minggir dipaling kiri masih dibleyer . . . klo yang bleyer bebk atao matic ane biarin. lha ini moge yang knalpotnya bising. takut juga ane klo di tabrak

  5. kembali ke orangnya, siapapun dia.kebetulan beberapa temen yg pake moge. Yg patuh aturan, ada yg struntulan. Yg bersikap biasa2 aja, jga ada yg arogan individu nya. Yg suka sruntulan dan sok akan gak ditemenin di komunitas.

    Kesadaran si rider terutama, kalau di jalan semua sama. Motor matic sampai moge harus ikuti aturan.

    Terobos lampu merah, terobos jalan yg berlawanan arah karena mau potong kompas. Gak mau mengalah yg akhirnya jdi bikin macet. Di Jakarta bnyk seperti ini

    Memang di akui bagi yg seneng speed akan tergoda utk membejek throttle pas jalanan lgi kosong di depan. Yg pakai matic akan ngacir. Apa lgi pakai z1000 sugomi yg akselerasi 0-100km dlm 2.7 – 3 detik.

    Tpi harus dipikirkan bahwa di jalanan bisa berubah per detik. Bisa aja kendaraan lain muncul dg tiba2. Itu yg harus dihindari

  6. Konvoi kendaraan melihat situasi traffic. Klau lgi ramai, baiknya ikut ngantri. Bukan memaksa nerobos ke depan. Ini yg jdi terlihat arogan.

    Berlaku jga kepada individu. Dg nerobos lampu merah, memotong jalur di depan kendaraan lain dg tdk kasih lampu sein dll jga terlihat arogan. Sikap arogansi karena merendahkan aturan di jalan raya. Siapapun dia baik moge atau matic.

  7. Iya begitu memang merasa paling wahhh.
    Inget ajah tadi ketika di pom bensin shell tebet ada 2 mtor satu R1 dan satu R25 beriringan bareng. Ketika masuk pom bensin blayer2 sok oke..rasanya pingin tak timpuk kunci steer ajah

    • Moge truslah mlaju,,matick minggir lo klo g mo ktabrak,matick brani lo balapan ama moge??apaaaaa’An matick larinya aza kaya angsa mo ngajak ribut ama moge yg larinya wuidiiiih nazis gileeee kaya kilat cuy,,matick klo lo ktmu ama moge d jalan apelagi klo ktmunya ama moge street fighter si penguasa jalan mndingan lo cpt2 nyingkir kpinggir klo g mo ktabrak,jngn skali2 brani coba2 adu kbut g bkal mnang mski lo ampe trkntut kntut.

    • Stiker yg biasa dpake d spakbor belakang motor.

      “Bangun pagi minum kopi
      Oper gigi motor lelaki..”

      “Cwo pake matic
      Sekalian aja pake lipstick.”

      “Cwo pake bebek
      Sekalian aja pake softeks..”

      “Real man 3 pedals..” buat mobil haha

  8. “Bisa di bilang Kita masih terjajah oleh negara jepang, tanpa sadar masyarakat indonesia masih terbunuh secara halus dengan produk sepeda motor mereka”.

    -sumber: supir bus ALS (antar lintas sumatera)

  9. rider pake klx, masuk jalur cepat pramuka, mau nyalip lewat tengah diantara mobil2,,, kan bahaya tuh mana sempit lagi,,, maksa pula, gak aku kasih, lewat kiri kan lega,,, eh gak terima trus gerobakku ditendang. alhamdulillah

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan