Ketika CB190R Berevolusi Menjadi CB200R, Bisakah Menjadi Pengganti Tiger 2000 ???


GL 200 n CB190R

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Setelah cb190r muncul secara resmi, banyak spekulasi bahwa motor ini cocok dijadikan pengganti tiger 2000 yang melegenda. Akan tetapi melihat dari performa dan konfigurasi engine-nya, cb190r masih kalah dibandingkan tiger. Karena tiger memiliki power yang lebih besar begitu pula dengan transmisinya yang sudah 6-speed.

Tapi kemungkinan tersebut tetap ada, mengingat tiger sudah diskontinyu, dan jika kita lihat di internet ternyata sudah banyak owner tiger yang bosan dengan penampilan jadulnya dan merubah ke bentuk street fighter. Jika kita tulis “honda tiger revo 2000 modifikasi street fighter” di mesin pencari google, maka akan banyak sekali gambar yang menunjukkan fenomena tersebut. Seperti yang terlihat di bawah ini.

Honda-Tiger-Revo-Street-Fighter

Sepertinya sangat cocok dengan penampilan cb190r, yang seperti ini

 

honda cb190r repsol

Kalau penampilannya sudah cocok, bagaimana dengan performa engine-nya ?

Dari spesifikasi yang diberikan, dapat diprediksi performasinya berdasarkan data bore, stroke, rasio kompresi, power dan lain-lain. Deskripsinya seperti tabel berikut

performa cb190r

Nah jika ingin mempertahankan pamor yang ada pada tiger 2000, maka kubikasinya harus ditingkatkan, minimal 200 cc. Agar mencapai kobikasi tersebut, langkah paling mudah adalah dengan melakukan bore-up dengan piston yang lebih besar, dengan diameter 63 mm. Sekarang diameter piston sama dengan panjang stroke-nya yaitu 63 mm, sehingga mesin masuk dalam katagori square, yang enak untuk akselerasi juga enak untuk menjelajah (touring).

Dan yang cukup menarik, ternyata dengan hanya mengubah diameter bore-nya menjadi 63 mm, powernya menjadi 17.07 ps. Power sebesar ini sudah di atas power tiger revo yang hanya mencapai 16.7 ps / 8500 rpm.

performa cb200r

Nah tampang sudah sesuai keinginan, power juga sudah diatas generasi sebelumnya, sisanya tinggal percepatannya yang minta tambah gigi jadi 6-speed. Setelah itu barulah positioning harga akan menentukan layak tidaknya cb200r ini menggantikan tiger200.

Oh ya ada yang terlupa, bahwa konfigurasi engine di atas masih berada pada posisi yang sangat rendah performanya. Masih banyak variabel yang bisa ditingkatkan, misalnya :

  1. Posisi power puncak yang bisa ditingkatkan lebih tinggi lagi menjadi 9000 rpm
  2. Efisiensi volumetrik bisa dinaikkan menjadi 90%
  3. AFR diturunkan menjadi 12.6

Dengan ubahan ini, power dapat ditingkatkan menjadi 22 ps.

Kesimpulannya, sangat memungkinkan honda akan menjadikan cb190r menjadi basis motor pengganti tiger, karena setipe, sama-sama berpendingin air-cooled. Stylenya juga sudah sesuai dengan harapan kebanyakan pengguna tiger sebelumnya. Tinggal meningkatkan kapasitas silindernya menjadi 200c dan menambah percepatannya menjadi 6-speed. Dan hal ini sangat mudah dilakukan oleh honda, jadi siap-siap saja, barangkali kedatangan cb200r sebagai penggati tiger sudah dekat.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

24 responses to “Ketika CB190R Berevolusi Menjadi CB200R, Bisakah Menjadi Pengganti Tiger 2000 ???

  1. Peetamax kah ?

  2. salah pak dosen, itu tuk menggantikan mega pro

  3. GL series diganti CB series…

    Yang menarik dari MotoGP Silverstone 2015: http://wp.me/p1eQhG-1kJ

  4. Kenangan punya GL Pro…Gares/tulang kering pd biru, gara2 pake kick starter membal kena tulang kering. Adakah yg pounya pengalaman menyakitkan seperti ane tadi…kkwkwkwk

  5. mantap ulasahanya suhu..

  6. Ya pistonnya comot punya tiger saja jd bore x stroke 63,5 x 63 trus tambahin pendingin oil cooled, klo water cooled (liquid cooled) males sering checknya..
    Atau mngkin pengganti tiger pakai mesin trail crf230 (223cc) bore x stroke (65,5 x 66,2)

  7. Artikele mbah Motogokil ini selalu spektakuler tenan, hehehehe jozzz tenan. Ilmuku gak sampek situ mbah hahahhaha.

  8. Mantap, mudah2an nanti mesinya di revisi jika di jual di Indonesia.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor manual di Google play Gan
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.application.servismotorkopling

  9. Lbih enak pake mesin new cb150 d bore up 200cc pak dosen.. Tiger terkenel buas pada eranya.. D ktawain new satria malahn nantinya

  10. Trail crf nya kpn yahh…

  11. Bagusnya bkin 2 varian aja.. yg satu cm sohc 200cc 6 speed tpi minimal udh water cooled dn satunya lagi pke dohc 250cc 2 silinder 6 speed

  12. Wait and see kt tunggu apa gbrakan honded selanjutnya

  13. jomblis silindris

    motor mahal ini

  14. honda,, the power of dream ::D

  15. bentuk sangar,, tp tenaga kurang. nanti bisa kayak tetangga sebelah :*D

  16. tapang oke tapi iq minus…
    persis kaya fby nih motor

    😀

    klo ahm mau posisikan sebagai pengganti tiger nih motor kudu disekolahin lagi biar giginya numbuh dan otaknya mesti diboreup biar lebih joss…

    😀

    gak usah kasian ama sebelah terus….

  17. makin gahar klo ini motor pake mesin cbr250..

  18. Semoga benar adanya, diwujudkan sama AHM..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan