[DIY] Masalah Setir Bikin Rider Galau dan Pusing. Tapi Bisa Kok Diselesaikan di Rumah

setir motor

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Masalah setir memang menjadi momok buat rider. Jadi serba galau, mau ngapa-ngapain jadi ragu. Kalau nggak dibenerin setir bunyi ceklak-ceklok, tanda steer stem kendor. Dibawa ke beres untuk dikencengan, diketok-ketok (nggak tega ngeliatnya). Dibawa pulang malah oleng, tanda kekencengan. Punyeng kepala rider kalau sudah kayak gini, trus gimana dong ???

Kalau mau puas, ya dicoba untuk diselesaikan sendiri…begini caranya

Kalau untuk motor bebek atau matic mudah melakukannya (pengalaman), coba lihat gambar ini

steer cs1

Biasanya bisa distel tanpa membuka apa-apa, akan tetapi jika mur ring pengatur setelan setir (12) tidak terlihat, terpaksa harus buka cover penutup. Langkahnya relatif mudah yaitu :

  1. Kendurkan mur ring pengunci (5)
  2. Atur mur ring setelan setir (12)
  3. Kalau dirasa sudah pas, kencangkan 5.

Untuk motor sport ada satu pekerjaan tambahan, yaitu mengendurkan baut pengunci tabung sok. Bisa pada segitiga atas atau bawah. Perhatikan contoh penyetelan setir untuk cb150r.

stel steer 1stel steer 2 stel steer 3 stel steer 4 stel steer 5

Wajib diingat bahwa mengendurkan baut pengikat tabung sok sebelum men-setel setir adalah wajib.

Untuk melengkapi gambar steer (komstir) ane tambah nih dengan beberapa gambar untuk cb150r dan nvl. Untuk cb150r berikut ini adalah gambar segitiga bawah

steer stem cb150r

dan gambar dibawah ini adalah segitiga atas (bridge)

segitiga atas cb150r

Jadi jika mengacu pada gambar dari part catalogue di atas, maka langkah-nya adalah :

  1. Kendurkan 18
  2. Kendurkan 8
  3. Stel 7, dikencangkan atau dikendurkan. Dengan enggunakan stud dan palu secara perlahan
  4. Kencangkan 18
  5. Kencangkan 8

Untuk vixion (nvl) caranya juga hampir sama. Lihat gambar steer vixion di bawah ini

steer stem vixion

Untuk men-stel nya bisa menggunakan langkah-langkah berikut :

  1. Kendurkan baut 11
  2. Kendurkan baut 10, pengikat sok atas (kunci hexa)
  3. Stel mur ring atas dan bawah 6
  4. Kencangkan baut 11
  5. Kencangkan 10

Tapi kalau setir digerakkan kiri-kanan berbunyi kretek-kretek di daerah bearing (biasanya yang bawah), maka tidak perlu disetel, mendingan langsung diganti. Kalau nggak mau repot yang dibawa ke bengkel. Tapi kalau mau repot ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Pastikan bahwa jika suspensi depan dicopot motor tidak akan ambruk
  2. Untuk memudahkan lepas roda depan dan semua yang menempel di tabung sok
  3. Lepaskan segitiga bagian atas dari as setir dan tabung sok
  4. Lepaskan mur ring pengunci dan komstir atas.steer vixion lepas mur pengunci
  5. Periksa bola baja dan ball-race atas bawah, jika cacat diganti baru.
  6. Cabut suspensi depan dari rumahnya
  7. Lepas komstir bawah dengan bantuan stud dan pahat baja dan ganti barusteer vixion lepas bearing race
  8. Seal debu wajib ganti baru.
  9. Langkah pasangnya kebalikan dari langkah bongkar.

Mohon maaf jika ada kurang dan salahnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

24 responses to “[DIY] Masalah Setir Bikin Rider Galau dan Pusing. Tapi Bisa Kok Diselesaikan di Rumah

  1. ganti model bearing bambu kipa sam..

  2. getok2 palu

  3. info mantab…

  4. jossssssss…..

  5. trnyta komstirnya cb jg oblak…

    • namanya juga setir, harus goyang tapi juga harus mantab, jadi musti pas setelannya
      tapi menurut pengalaman bawa cbr150 dan nvl, cbr150 masih mantab, sementara nvl sudah koclak sejak baru turun dari deler

      • nvl mudah sekali oblak, apa kontruksinya yg kurang bagus ato perlu diganti yg model bambu (bisa ga y pake punya klx), gimana om iwan?

        • nggak masalah kalau bisa PnP.
          tapi ane belum coba, sementara ceklak-ceklok di NVL ane cuekin dulu.
          kalau jalan biasa2 nggak bunyi kok, kalau ngerem mendadak baru “ceklok”

          • sekali kali bahas om komstir bambu bwt nvl ada ga ato bisa g, kalo ada waktu tolong buatin artikelnya, suwun..

      • wkakaka… baru turun dr deler? udh klaim bro?
        tp kok gk prnh ulas kasus cb150r komstir oblak jg ya??? penyakitan jg tu motor…

        • males klaim, waktu luang ane nggak banyak, kalau klaim ntar malah ngabisin waktu (antri – nggarapnya juga lama, apalagi kalau motor suruh ditinggal), lagian oblaknya sementara ane anggap wajar
          lha ane juga nggak pernah ngulas (bikin artikel) nvl oblak, malah justru artikel ini membahas cb150r oblak, ente sdh baca artikel ini apa belum?

  6. Lha vario150nya koq nggak ikut difoto pakgokil?

  7. Yang paling gampang dipraktekkan cuma dua gambar paling bawah,ambil martil kepruki daz-dez,daz-dez…hasile?…ambyar wkkkk..

  8. ribet juga yak yg ganti bearing komstir … but , nice inpoh pak !!!

  9. lek dikoreksi lek .. ndak bikin bingung

    Kencangkan 18
    Kencangkan 18

  10. yg penting area operasional tidak seret dan tak oblak klo di rem depan…jgn lupa grease nya yg bagus

  11. Kalau untuk tirev ( tiger revo ) caranya sama dg yg bwt cb150r ya?

  12. tiger26 (the power of dream)

    ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
    ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
    ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
    ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝

  13. Pak, langkah no 4 itu buka baut as setang ukuran berapa ya?

    Terimakasih

  14. kunci komstir ukuran berapa buat cb150r StreetFire ya pak?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan