Drama Adu Kuat YIMM VS AHM, Siapa Akan Jadi Tumbal ?

yimm vs ahm

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Memasuki bulan ke-3, Maret 2015, persaingan antara YIMM (Yamaha) dan AHM (Honda) semakin jelas terlihat, dan semakin memanas. Produk-produk baru terus bermunculan, saling serang dan saling hadang. Mulai dari kelas motor bebek (cub) sampai impor moge. Kelihatannya sih persaingan yang berlangsung normal saja, akan tetapi dengan harga motor yang semakin meroket, kecurigaan KPPU tentang adanya kartel sepertinya ada benarnya.

Terlepas dari itu semua, kita melihat kedua pabrikan tampak saling pukul dan saling hadang, di semua kelas. CS1 reborn akan lahir, mx king sudah sampai ke deler. Nmax 150 masih inden, vario 150 sudah lalu-lalang di jalan. Yzf r25 berjaya, disiapkan lawan tangguhnya cbr250 v-twin. Dan seterusnya, seakan-akan tiada habisnya stok motor baru untuk digelontorkan oleh kedua pabrikan ini.

Jika dilihat dari demand pasar yang juga terus meningkat, maka penggelontoran banyak macam produk akan membutuhkan sumberdaya yang luar biasa besarnya. Ketidak seimbangan antara permintaan dan produksi tentunya akan menjadikan antrian yang panjang. Dan bisa jadi tuntutan akan kapasitas produksi yang besar di luar batas kemampuan akan mengakibatkan banyak masalah. Diantaranya kelelahan produksi, penurunan kualitas dan lain-lain. Itulah konsekuensi dari adu kuat kedua pabrikan.

Adu kuat antara yimm dan ahm tentunya banyak yang tidak terlihat oleh masyarakat umum. Masing-masing punya strategi, baik berisi serangan, pertahanan dan jebakan. Nah apakah masing-masing dari mereka masih berada pada strateginya masing-masing, atau salah satunya sudah masuk jabakan pabrikan yang lain ? mungkin ada bro yang tahu ?

Dan jika sudah masuk jebakan ini maka akan terbawa hanyut dalam rancangan strategi rival, sehingga sangat mudah didikte dan diketahui langkah-langkah serangan yang akan dilakukan. Serangan-serangan yang dilakukan terasa hambar dan mudah dipatahkan. Alih-alih menghasilkan peningkatan market-share, yang ada malah penurunan dan kehabisan tenaga.

Tentunya keduanya sudah menyadari hal ini, akan tetapi kombinasi pengaruh yang kuat dari pasar, kekuatan produksi, timeline menjadikan benturan, gesekan, penyusupan tidak akan terhindarkan. Jika hal ini yang terjadi maka ada beberapa kemungkinan hasil dari adu kuat ini, yaitu :

  1. Terjadi benturan yang sesungguhnya, sehingga terjadi perang produk. Kualitas dan pelayanan semakin tinggi dan harga semakin rendah, dan konsumen yang akan diuntungkan
  2. Terjadi kompromi antara keduanya
  3. Terjadi kerjasama antara keduanya, mungkin ini yang dicurigai KPPU. Pada kondisi ini konsumen bisa dirugikan dan banyak pabrikan lainnya akan mati.

Begitulah unek-unek dari ane melihat persaingan yang ada. Ane cukup heran karena menurut ane persaingan ini biasa-biasa saja (persaingan yang sehat), akan tetapi tiba-tiba ada peringatan dari KPPU tentang kemungkinan kartel yang dibangun oleh kedua pabrikan yang bisa merugikan masyarakat. Wah kalau sudah seperti ini ane nggak faham alias “gelap”. Pastinya jika memang terbukti mereka melakukan kartel, maka KPPU harus menindak tegas kedua pabrikan tersebut.

Jadi siapa yang bakalan tumbang dengan 3 kondisi di atas ?

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

21 responses to “Drama Adu Kuat YIMM VS AHM, Siapa Akan Jadi Tumbal ?

  1. kalo ada yang jadi tumbal… yang gak diuntungkan justru konsumen, kalo gak ada yamaha, honda tidak akan berbenah semua line-up produknya…

    jadi saya memilih dua produk ini untuk selalu ada membuat produk bermutu dan berkualitas

  2. honhon tho ya…

  3. -@Darmo Munyuk @-

    yamaha sudah mulai terpojok dan digiring honda ke sudut motor yg segmennya terbatas. kalo sudah terpojok tinggal kasih uppercut ko deh yamaha

  4. Sampai detik ini yang dirugikan pihak ketiga/pabrikan lain.

  5. Dalam bahasa sepak bola friendly match, hanya persaingan antar teman guna memahami situasi pasar. Dengan kondisi seperti ini maka semua tertuju pada kedua pabrikan ini.

  6. Sampai saat ini kawak dan juki yng jadi korban

  7. Nggak penting siapa yang bangkrut, walau tinggal honda yang hidup kalo gak menarik ya nggak usah beli…

  8. yang jelas kppu harus berani bertindak dg tegas jgn hanya HANGAT2 TAI AYAM.
    seperti di negara maju, harga motor bisa murah krn sangat diawasi dg ketat

  9. yang dirugikan jelas kita kita yang mau beli, sebab duit kita akan selalu terkuras untuk memikirkan bagaimana caranya memiliki produk2 baru mereka..

  10. Dele regane larang

    bagi fbh ingin honda yg menang bagi fby ingin yamaha yg menang. kalo udah menang telak trus sak karepe dwe. sekarang pilih mana tetap ada persaingan yg seimbang apa jomplang?

  11. Yg paling dirugikan tentu saja bloger ternakan honhon sendiri. kenapa?
    la ya dong cthnya:
    yamaha vva? gk mungkin itu. sekali keluar jreeng. langsung kena bully kena tampar mulutpun tidak bisa bc lg.

  12. hai hai fb bangun semua …HONDA pabrikan penjualannya NO. 1 di DUNIA…ymaho semkinn nyungseeepp..

    • Yang jelas konsumen yg bakal jadi korban…
      apalagi konsumen macam ane…yang liat motor baru langsur keblinger pengin beli…
      lha ngetoke terus…bodhol sangune

  13. Korban pertama pertempuran honda dan yamaha di kelas underbone bisa jadi suzuki. Yang paling rugi ya konsumen karena semakin berkurang pilihan motor underbone. Mudah2an tidak terjadi

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan