Penanganan Awal pada Kecelakaan Ringan

motor rusak

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Pagi-pagi sudah disibukkan dengan kejadian kecelakaan, si sulung. Katanya mau jalan-jalan ke air terjuan, malah pulang lebih cepat karena kecelakaan di jalan dekat rumah. Penyebabnya adalah terlena dengan jalan mulus, lurus, turunan dan performa mesin yang lagi enak-enaknya. Akhirnya kecepatan kendaraan melebihi respon rider dalam mengontrolnya, jatuh dan ndlosor deh.

Jika melihat bukti (kerusakan motor), kelihatannya motor jatuh dan terseret cukup jauh. Karena terlihat ujung handle rem depan sudah tidak bulat lagi, tinggal separuh. Biasanya jika jatuh ringan, bagian tersebut cuma aus sedikit, 1 – 2 mm saja. Pantas saja luka-luka pada tubuh si korban cukup parah. Lecet meliputi tangan, dengkul dan bagian sekitar ibu jari kaki kanan.

Segera saja korban ditenangkan terlebih dahulu dengan diberi minuman hangat. Kemudian ambil kapas dan revanol untuk membersihkan luka, kemudian diberi betadine untuk menghindarkan luka dari infeksi kuman. Berikut peralatan dan bahan/obat P3K yang kebetulan ada di rumah.

obat p3k

Luka yang dalam pada bagian sekitar ibu jari kaki, cukup parah karena terlihat coak, dan sepertinya nggak bisa dijahit. Setelah pembersihan luka selesai,  luka ditutup dengan kasa sufra-tulle. Gunting sufra-tulle secukupnya (sesuai dengan lebar luka), kemudian tempelkan ke luka lecet yang ada. Jika ada luka yang kemungkinan akan mengeluarkan darah, maka perlu ditambah kapas (diberi revanol) dan direkatkan dengan plester.

Itulah yang ane barusan lakukan, dan memang seperti itu yang biasanya ane lakukan pada ane saat luka karena kecelakaan sepeda motor ringan. Nggak tau bener apa salah, mudah-mudahan sih bener, karena menurut pengalaman selama ini, lancar-lancar saja dan alkhamdulillah sembuh. Berikut si korban yang sedang istirahat dengan penanganan awal kecelakaan seadanya.

luka tangan n kaki

Untuk meringankan rasa sakit yang diderita korban, diminumkan sebutir obat peringan rasa sakit (asam metafenamat). Dan untuk memberikan pencegahan infeksi bakteri diminumkan sebutir obat anti bakteri (amoxicillin).

Kalau ada kelirunya, mohon yang lebih ahli (perawat/suster/dokter) sudi memberikan kritik dan masukan. Semoga bermanfaat, dan Allah SWT menghidarkan kita dari kecelakaan seperti ini juga selainnya.

Wassalamu’alaikum wR wB.

25 Komentar

  1. Turut prihatin om, btw tergantung kecelakaannya gmn. Contoh kalo korban jatuh ga bisa bangun, coba tanya suruh gerakkan tangan dan kaki dikhawatirkan kalo engga bisa berarti ada patah tulang. Parahnya patah tulang leher atau belakang. Jadi jgn se enak udel e mindahin korban di angkat serampangan. Alih2 malah bisa lumpuh total bahkan langsung fatal kematian. Trus biasanya kalo sampai cedera kepala. Ane diajarin kalo bisa jgn sampe muntah. Karena ada kecenderungan gegar otak ringan (berat biasanya sampai muntah darah)

  2. Plus internal nya jangan lupa obat leluhur.. Kunir-madu (ini anti biotik alami bebas resiko) . Moga gara” ni jd ter-upgrade teknik dan insting nya, jngn smpe trauma, kesalahan dlm berkendara semata hanyalah pembelajaran.

  3. Sudah benar, kecuali Pemberian amox lbh baik dicoret bro…. Krn antibiotik bukan obat pencegahan…. Tapi kalau sudah terlanjur lbh baik diteruskan minimal 3 hari… Kalau lgs dicabut malah nggak boleh.

  4. untuk keringin luka lebih cepat beli ditoko obat cina namanya minyak batu…

    ane pernah nyoba luka dalam hitungan jam kering bro gokil.. mudahan-mudahan bisa membantu buat brother yg lain juga..

    semoga lekas sembuh..

  5. kalau bisa jg dibawa ketukang urut atau tukang pijet,mungkin aja ada anggota tubuh yg kesleo misal bwt gerak dkit aja sakit gthu

  6. Penanganan sudah benar tuh gan

    tinggal cek aja ada luka dalam apa enggak

    Drpda betadine bagus obat cina gan

    Namanya “tieh ta yao gin”
    sejenis obat merah tp lbh cepat kering soalnya ada sedikit alkoholnya

    Jadi obatnya ceess dingin

    Perih banget pastinya klo kena itu obat ..tp mujarab banget…

  7. semoga cepet sembuh aja…
    sebaiknya dicek ke dokter, yah jaga2 aja siapa tau ada luka dalam… pengalaman ane sebulan kemaren jatoh, Alhamdulillah ga ada yg lecet sedikitpun (pake safety gear), tapi dada kiri terasa sakit, besoknya dicek ke rumah sakit ternyata ada luka dalam & 2 rusuk retak.. obatnya sama tuh, cuman pain killer sama antibkotik plus obat gosok 😀

    antibiotik harus dilanjut 2 x 1 hari kayanya

  8. Apa kabar dgn luka yang di dengkul,bro??
    Suami sy jg lg tahap penyembuhan luka dengkul..
    Pake obat tabur cina “yunnan paiyao”
    Cm kaki jd kaku n ga bs di tekuk..
    Jd ga bs ngapa2 in..
    Cm duduk n tdr ajah..
    Buat obat dlm na pke “Pien Tze Huang”
    Jd buat ngeringin dr dlm..
    Kl obat nya abis sy kasih amoxylin+supertetra+ponstan..
    Buat ngilangin nyeri nya sm pengganti obat cina yang diminun..
    Krna lumayan mahal obat nya 😀

    Kira2 ada saran ga utk obat lain biar bs enakan,sob..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan