"Malam Jum'at", Antara Pemahaman Sesat (Cerita Horor) dan Pemahaman yang Lurus (Malam yang Penuh Keutamaan untuk Ibadah)


amalan vc cerita horor malam jumat

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di dunia sampai akhirat.


Sering kita dengar, baca artikel tentang cerita2 seram/horor yang di kaitkan dengan malam jum’at. Bahkan kita sering mendapatkan cerita2 seram/horor khusus pada malam jum’at saja, sementara2 malam lainnya cerita yang menyenangkan. Sekarang mari kita bertanya

“Ada apa dengan malam jum’at ? ”

“Mengeapa banyak orang menebar cerita horor di malam jum’at?”

“Bukankah malam jum’at adalah malam yang memiliki keutamaan untuk beribadah kepada Allah SWT ?”

Tampak jelas kontradiksi antara dua pemahaman mengenai malam jum’at ini, yaitu :

  1. Pemahaman yang sesat akan menggambarkan bahwa malam jum’at adalah malam yang menyeramkan, banyak setan bergentayangan, yang menjadikan kita takut. Takut pada setan.
  2. Sedangkan pemahaman yang benar dan yang syar’i adalah, bahwa malam jum’at adalah malam yang memiliki keutamaan dibandingkan dengan malam2 lainnya. Keutamaannya seperti halnya keutamaan bulan romadhon dibandingkan bulan2 lainnya. Dan saat itu adalah saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT dengan rasa takut kepada-Nya.

“Malam Jum’at dan Cerita Horor ” benar2 merupakan propaganda yang rusak, sesat dan batil. Di mana pada malam jum’at digambarkan dengan kengerian, kemunculan setan2 dan ketakutan. Ya benar ketakutan manusia kepada setan, dan inilah kesesatannya yang nyata. Dimana manusia yang berderajad lebih tinggi dari setan, justru dengan “propaganda” ini menjadi takut kepada setan, bukan takut kepada Allah SWT. Yang pada akhirnya derajad manusia jatuh pada level yang sangat rendah, bahkan lebih rendah dari setan.

Orang yang sering memprogandakan cerita2 seram di malam jumat ini perlu dipertanyakan tujuan dari tulisannya. Apakah ia memang menginginkan pembacanya menjadi takut kepada setan? Jika memang ini yang diinginkannya, maka dapat dipastikan mereka adalah orang2 yang digolongkan dalam “setan dari golongan manusia”. Karena dalam tulisannya mengandung ajakan untuk takut kepada setan (dari golongan jin). Tapi jika tidak demikian, hendaknya mereka bertaubat kepada Allah SWT, karena tulisan2 mereka langsung atau tidak langsung akan menggiring pembacanya kepada kesesatan dan kemusyrikan. Takut kepada setan bukan kepada Allah SWT.

Dan bagi bro2 semua yang menginginkan untuk menjadi manusia yang berderajad tinggi dan berpemahan lurus, tentunya akan memiliki persepsi yang jauh berbeda tentang malam jum’at. Malam jum’at adalah malam yang sangat baik, memiliki banyak keutamaan dan sangat disarankan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT di dalamnya. Berikut petikan beberapa dalil mengenai keutamaan malam jum’at dan amalan2 di dalamnya.

Rasulullah pernah bersabda. “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihis Salam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Riwayat Muslim]

“Di hari Jumat itu terdapat satu waktu yang jika seorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu.” [HR.Bukhari dan Muslim]

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]

Rasulullah berkata, “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at.” [HR. Bukhari]

Dari Abu Umamah, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al-Kubro, hasan lighoirihi).

Dari Abu Sa’id Al-Khudri, Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Ka’bah).” (HR. Ad-Darimi ).

Sangking banyaknya keutamaan malam/hari jum’at, sehingga Ibnu Qayyim Al-Jauziyah berkata:” Hari Jumat adalah hari ibadah. Hari ini dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, laksana bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Waktu mustajab pada hari Jumat seperti waktu mustajab pada malam lailatul qodar di bulan Ramadhan”

Jadi amatlah aneh jika ada saudara kita yang muslim, justru mempropagandakan malam jum’at sebagai malam horor dan bukan malam ibadah kepada Allah SWT.

Semoga tulisan ini bermanfaat, dan penulis memohon ampunan kepada Allah SWT jika dalam tulisan ini terdapat banyak kesalahan, wallohu a’lam.

doa kafarotul majlis

Wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

30 responses to “"Malam Jum'at", Antara Pemahaman Sesat (Cerita Horor) dan Pemahaman yang Lurus (Malam yang Penuh Keutamaan untuk Ibadah)

  1. Mantab, tulisan yg mencerahkan…

  2. terima ksh sudah mengingatkan akan keutamaan malam jumat….smoga yang tiap malem jumat buat artikel horor bisa tercerahkan jg amiin!

  3. colek mang kobay hihihi

    • hadir hehe…gak masalah saya mah, ini artikel mencerahkan kok, pendapat pemilik warung, sah-sah aja hehe… artikel cerita misteri bisa terbit kapan aja, kenapa malam jumat? Karena saya maunya ya malam itu, that’s all hehehe…

  4. keren nih artikel nya gan (y). ga cuma roda 2 & otomotif tapi ada pencerahannya juga TOP BGT. =)).

  5. Juozzzz gandosss artikelnya pak dosen. semoga makin bertambah amal pahala dan iman qt. aminnn…mkasih dh diingatkan . tidak seharusnya manusia takut sama setan. yg perlu ditakuti adalah siksa dari allah SWT.

  6. Ini nyindir kang kobayogas ya

    • Inilah ajaran yang lurus buat kaum muslim juga buat semua manusia, bahwa kita percaya bahwa setan ada, tetapi hendaknya kita menjadikan setan sebagai musuh yang nyata. Jika kita takut kepada setan karena “cerita2 horor”, maka kita akan dikuasai oleh setan, akibatnya kita kehilangan rasa takut hanya kepada Allah SWT, karena rasa takut kita sudah diisi oleh takut kepada setan.

    • ini bukan nyindir om,

      emang ini hal sebenarnya,

      emang banyak org awam ndak ngerti,

      karena emang dari lahir kita tunya kondisi spt, baek dari

      lingkunan ato ortu sendiri.

      yach kalu kita sadar dan mau belajar,

      ilmu agama kita pasti nambah,

      dan kita pasti lebih memahami agama kita lebih dalem

      bukan kata si anu, bukan kata ustad /kyai anu, bukan kata ortu

      tapi kita ikutin allho dan rosulnya sbg panutan.

      dgn artikel ini, mudah-mudahan ,

      komentator yg mungkin ndak sempet ngaji ilmu di masjid,

      bisa baca artikel ini,

      syukur-syukur dapet hidayah,

      amiin

      • Emang ini kenyataan sebenarnya…ane juga tau.
        Tapi tulisannya juga agak2 nyindir blog2 yg ada cerita horornya..
        Ane gak bela siapa2 lho..

        • abu abdurrahman

          sptnya memang kebykan cerita atau film horor itu disetting malem jum’at .saya pikir apa yg diposting yg punya warung sbg wujud nasehat dan nasehat ini global .bagi kaum muslim , hari jum’at byk keutamaannya dibanding hari minggu .spt ada sunnah baca al kahfi ,sunnah mandiin istri pd jum’at pagi ,perbyk baca sholawat ,ada waktu mustajab buat berdoa dll (ini bkn berarti menjelekan hari lain)

  7. biasa malah rumahku deket kuburan brud

  8. saya jg takut sm setan, takut sm godaannya yg bikin qt sering bermaksiat

  9. blog yg sempet ada selingan artikel tentang agama itu khan blog mas 3 dan wak haji taupik.

    tapi mungkin karena kesibukannya ,

    rada terbengkalai beberapa thn ini,

    blog mas 3 , mbuh ngak tau kelanjutannya,

    msh ada ato tdk

  10. setahu saya bahwa yg namanya jin penggoda tdk mngenal hari,brkali2 dah ktemu dan harinya tdk jum’at.
    opini pribadi; Sbenarnya manusia takut bukan krn hantunya ttp takut krn kgelapan n kesunyiannya.
    jd jin mmanfaatkan kgelapan n ksunyian buat mnggoda kt, supaya takut dan mndewakannya. jgn takut n biarkan saja anggap spt gk ada apa2 ntar dia kcele n hilang sendiri.
    Jin tdk takut dg apa yg kt baca ttp takut krn keyakinan kita.

  11. pendekar syair berdarah

    semua cerita seram itu berawal dari catatan hitam para ksatria templar yg ditangkap karena melakukan praktek sihir dan dibakar hidup-hidup persisnya tanggal 13 malam jum’at…

    😀

    persis seperti yg dikisahkan film davinci code dan kisah lebih lengkapnya ada dibuku knight templar…

  12. pendekar syair berdarah

    friday = hari berdo’a
    sunday = hari matahari

    😀

  13. ternyata komen ay kena spam… 🙁

  14. Artikel jos,lama kepikiran hal ini.

  15. Tuh..malam jum’at itu surah AL KAHFI menurut hadist soheh..bukan yasinan..meski gk dilarang.

  16. abu abdurrahman

    mungkin memang sengaja dihembuskan kau kufar .bukankah jum’at adalah hari besar islam yg byak keutamaan .drpd malam minggu yg katanya malam panjang

  17. Lha ente ngaku muslim tapi tiap artikel masih bilang “salam sejahtera” .. maksudnya apaan tuh, tolong dong pak pelajari dulu salam itu , sebenernya kemaren2 ane biasa aja bacanya.. berhubung ente nulis bab keagamaan , lha mbok ya koreksi tulisannya dulu.. jangan terlalu liberal

    • ya untuk memberi salam buat pembaca yang non-muslim, untuk yang muslim kan sudah ane kasih “Assalamu’alaikum wR wB”.
      Liberal nya dimana ?
      Kalo ente muslim tentunya faham denga pernyataan bahwa “Agama Islam adalah rahmat buat seluruh alam”, ada yang salah dengan seorang muslim yang menucapkan “Salam sejahtera buat kita semua” ???
      Tunjukkan dalil nya !!!

        • ane setuju dengan dalil tersebut
          sekarang ane niatin salam tersebut buat yang muslim juga dah, karena di blog ini pembacanya umum, ada yang muslim juga ada yang non muslim. Jadi dobel, yang muslim dapet assalamu’alaikum wR wB juga salam sejahtera, yang non muslim merasa dihormati. Tidak lagi ane khususkan buat yang non muslim.

          • Ok pak.. masalahnya blog ini udah termasuk hits, pembacanya banyak, jadi hal2 kecil yg bersifat sensitif harus d perhatikan, makasih pak..

          • sebenernya ane juga ingin menunjukkan sebuah hadits bahwa bahwa Rosulullah SAW, memberikan salam pada suatu majelis yang bersifat umum, berbaur antara orang musyrik (abu jahal dan konco2nya) dan kaum muslimin, akan tetapi baiknya ente cari sendiri aja.
            Mengenai hadis mengenai larangan memberi salam bagi non-muslim, ada asbabul wurudnya, nggak tiba2 disabdakan oleh Rosululloh SAW. Dan pada ahirnya memberi salam bagi non-muslim menjadi ikhtilaf ulama.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting