[Ngaji Islam] Yang Sering Kita Lupakan," Bersyukur Atas Semua Nikmat yang Allah SWT Anugrahkan Kepada Kita".

mukadimah4

Kita sering sekali mendengar kata “Nikmat” dan kata “Syukur”, tetapi kadang kita kurang bisa memaknai kata2 tersebut. Secara umum kata nikmat terkait erat dengan “terpenuhinya segala keperluan”, sedang bersyukur maknanya adalah “berterimakasih”. Kemudian bagi kaum muslimin harus meyakini bahwa semua kenikmatan, semua kebutuhan kita adalah dari Allah SWT, seperti dalam firman-Nya :

“Dan apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah-lah (datangnya)” (QS. An Nahl: 53)

Kemudian atas nikmat ini Allah SWT mengabarkan bahwa Allah SWT telah menganugrahkan begitu banyak nikmat, sampai manusia tidak dapat menghitungnya

“Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghitungnya. Sesungguhnya manusia itu, sangat dzalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)”. (QS. Ibrohim : 34)

Sehingga sangat layak bagi manusia untuk bersyukur, berterimakasih hanya kepada Sang Pemberi Nikmat, yaitu Allah SWT. Allah SWT telah memberikan arahan kepada manusia, bagaimana caranya bersyukur, yaitu dengan “hanya menyembah kepada-Nya, atau dengan men-tauhid-kan Nya”.

Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rizky kepadamu dari langit dan bumi ? Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?!” (QS. Fathir:3)

Dan memang hanya Allah SWT yang mampu memberikan semua nikmat tersebut kepada manusia, tiada satu pun selainnya yang sanggup melakukannya

“Sesungguhnya yang kamu sembah selain Allah itu, tidak mampu memberikanmu rizki kepadamu; maka mintalah (cari) rizki itu disisi Allah, dan sembahlah Dia dan bersyukurlah kepada-Nya. Hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan.” (QS. Al-Ankabut:17)

Dan Allah SWT akan memberikan ganjaran dengan nikmat yang lebih besar lagi, jika kita mensyukuri nikmat-Nya

“Dan jika kamu sekalian bersyukur atas nikmat yang Aku berikan, maka niscaya akan Aku tambah nikmat-Ku untukmu. Dan jika kamu sekalian kufur atas nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku itu sangat pedih”. (QS. Ibrohim : 7)

Itulah dalil dari AL Quran yang Mulia untuk dapat kita jadikan pelajaran. Berikut ini beberapa kisah yang dapat menginspirasi kita supaya bertambah rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Seorang bapak berusia 70 tahun menderita tidak bisa buang air kecil selama beberapa hari. Setelah bertambah rasa sakitnya, bapak itu mendatangi dokter spesialis. Maka dokter meminta kepada bapak itu agar di operasi dan bapak itupun menyetujui. Setelah selesai di operasi dan berhasil, maka dokter memberikan tagihan rumah sakit kepada bapak itu. Bapak itu melihat isi tagihannya, maka menangislah bapak itu. Dokter pun berkata kepada bapak itu, “Jika tagihan tersebut memberatkan anda, saya bisa meringankannya untuk anda.” Maka bapak itu menjawab, “Bukan itu yang membuat aku menangis. Yang membuat aku menangis adalah bahwa Allah telah memberi aku nikmat untuk bisa buang air kecil selama 70 tahun, dan Allah tidak pernah mengirimkan tagihan apapun kepadaku untuk membayarnya.”

Subhanallah…

Sudahkah kita mensyukuri nikmat Allah SWT yang satu ini, juga nikmat2 lainnya ???

Hendaknya kita senantiasa untuk selalu bersyukur kepada Allah baik dikala suka maupun duka, karena terlalu besar nikmat2 yang telah diberikan Allah kepada kita.

Organ tubuh kita bergerak, berjalan, mengetik, bekerja dll, jika ditotal semua gerakan kita mencapai ratusan ribu kali dan ribuan jenis gerakan dalam sehari. Bagi yang faham bagaimana merancang gerkan robot, tentunya tahu seberapa dahsyat mekanisme dalam tubuh yang diberikan Allah SWT kepada kita, apakah kita bersyukur?

Jantung kita berdetak sekitar 115.000 kali dalam sehari, dan ini berlangsung seumur hidup! Bila jantung berhenti berdetak, matilah kita. Jantung kita berdetak seperti suatu alat pompa dengan sumber energi baterai yang sangat kuat, apakah kita bersyukur?

Urine (air kencing) manusia bisa mencapai 500 liter dalam setahun. Jika seseorang mengeluarkan biaya sekitar Rp.10juta untuk biaya operasi akibat tidak bisa buang air dalam sehari, maka bagaimana jika orang itu tidak mampu buang air seumur hidup? Berapa biaya yang harus dia keluarkan? Apakah kita bersyukur?

Kita bernafas 20 kali dalam 1 menit, berarti 28.800 kali nafas perhari. Jika dalam sekali nafas kita membutuhkan 100 ml oksigen dan 395 ml nitrogen, maka dalam sehari kita membutuhkan 2.880 ltr oksigen dan 11.376 ltr nitrogen. Jika harga oksigen senilai Rp.25.000 perliter dan nitrogen Rp.9.950 perliter, maka udara yang dihirup oleh kita dalam sehari setara dengan uang Rp.176,6 juta, dalam sebulan sejumlah Rp.5,3 milyar, dan dalam setahun Rp.63,6 milyar!! Apakah kita bersyukur?

Dan masih sangat banyak (tak terhitung) nikmat Allah SWT yang belum kita sadari, apalagi kita syukuri…

“Fabiayyi alaa’i rabbikuma tukadzdzibaan”

Maka nikmat Rabb mu yang manakah yang kamu dustakan ? (Qs. Ar Rahman: 13).

Semoga bermanfaat bagi penulis pribadi, juga bagi bro2 semua.

doa kafarotul majlis

Wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

13 responses to “[Ngaji Islam] Yang Sering Kita Lupakan," Bersyukur Atas Semua Nikmat yang Allah SWT Anugrahkan Kepada Kita".

  1. Subhanalloh menitikan air mata ane Pak..
    Mmg apa2 yg qt pakai baik brupa fisik maupun materi adl “pinjaman” dr Alloh..
    Alloh hanya meminta qt beribadah
    walaupun ibadah qt lakukan 100% (baik wajib maupun sunnah) niscaya tiada mampu membayar semua nikmat Alloh..
    Jadi surga bukan hadiah atas susah payahnya qt ibadah,krn qt tak akan mampu menebusnya..
    Tp surga adl bentuk sifat Rohman Rohim / kasih sayang Alloh kpd qt..
    Itu….!!

  2. Suwun buatencerahannya, makin komplit blog ini. Mantabz

  3. tersadarkan abis baca ini

    bedanya klw sudah Dia minta tagihan,
    waktunya ga bisa diundur ga bisa ditolak, gabisa dikurangi /dikompromikan barang sedetikpun

    mari untuk terus giat nambah amal kebaikan.
    solat dan sedekah jangan bolong, jangan sampe lupa

  4. pendekar syair berdarah

    terimaksih untuk tausyiahnya bro gokil…
    sejenak ane tertegun atas apa yg selama ini telah Allah berikan tanpa meminta imbalan, tapi kita kadang mengingkarinya…

    😀

    itu baru masalah bersyukur, belum masalah lain, terutama dosa yg bakal mengharamkan diri kita dari surga-Nya…
    nauzubillah, semoga mulai detik ini kita dibimbing untuk lebih baik dan diberi ketetapan hati dalam mencapai ridho-Nya

    😀

    untuk semua brother fby dengan segala kerendahan hati tolong dimaafkan atas komen-komen ane yg tidak berkenan…

    😀

    tak lupa buat bro gokil.

    • sama sama bro,
      semoga Allah SWT senantiasa menjaga kita untuk tetap dijalan-Nya
      dan di ujungnya nanti kita memasuki pintu maut dengan khusnul khotimah.
      aamiin yaa robbal ‘aalamiin

  5. alhamdulillah semoga dpt mengurangi kerak dlm hati kita semua

  6. Alhamdulillah. Super sekali om.. artikel yg super manfaatnya

  7. Subhanallah

  8. Maaf, yang punya blog kendaraan pribadinya punya dua atau satu ?

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan