Kalo Dipikir-pikir, Sebenernya Kita Sangat Senang Disuapin Teknologi “Usang” Motor Luar Negeri

motor indonesia

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kalau kita lihat di jalan raya, betapa banyak motor “baru” berseliweran. Media masa juga turut menginformasikan motor yang akan muncul yang seakan2 membawa teknologi “baru”. Akan tetapi apakah memang demikian ? Apakah teknologinya bener2 baru ? Atau hanya teknologi usang grade “0 ” yang sudah tidak dipakai di negara2 maju?

Mari kita cermati mesin2 yang ditanamkan di motor2 tsb, sebahagian besar mesin2 disain lawas yang sudah bertahun2, bahkan mungkin belasan atau puluhan tahun yang lalu. Begitu pula dengan perangkat2 penunjang yang lainnya, seperti sistem bahan bakar, pengereman, sasis dll.

Meskipun demikian, kita juga layak bersyukur dengan adanya teknologi yang diperkenalkan ke kita. Akan tetapi seharusnya kita menindaklanjuti teknologi tsb jangan hanya sekedar kenal, akan tetapi belajar memahami prinsip2 kerja dari teknologi tsb. Sehingga kita bisa mengambil alih dan “mengembangkan” sedikit-demi sedikit teknologi yang ada. Jika tidak, maka kita akan terus menjadi bangsa terjajah yang tidak memiliki posisi tawar sedikitpun. Apapun yang diberikan honda, yamaha, suzuki, kawasaki dll, kita tidak bisa melawan, kita selalu menerimanya.

Yang lebih parah adalah adanya orang2 yang berperan sebagai antek2 “penjajah otomotif”, yang selalu membuat hiruk-pikuk, sehingga kita sulit mendapatkan suasana yang kondusif untuk menambah ilmu pengetahuan dan pemahaman mengenai dunia otomotif. Ane khawatir jangan2 memang ada fihak2 tertentu yang tidak senang kalau kita menjadi pintar di bidang otomotif ini. Karena jika kita pintar dan faham, maka apa yang mereka tawarkan akan tampak kelemahannya, sehingga mau-tidak mau mereka harus memberikan teknologi dengan grade yg lebih tinggi lagi (bukan grade “0” lagi). Jelas ini sangat merugikan buat mereka para “penjajah otomotif” dan kroni2-nya, apalagi kalau kita sanggup membuat yang sama bahkan lebih baik dari yang mereka tawarkan.

Karena itu sadarlah bro2 sekalian, yang melakukan taktik “devide et impera” bukan cuma belanda, negara lain juga menggunakan taknik ini. Antara kita rider diadu domba, cara2 yang dikembangkan adalah dengan menjadikan kita fanatik, sehingga melupakan belajar. Antara pemerintah dan rakyat diadu domba sehingga pemerintah kurang memperhatikan industri sepeda motor nasional yang bagus dan murah, tetapi lebih mendorong rakyat untuk lebih konsumtif membeli motorluar negeri.

Marilah kita semua jangan malas belajar, kita bisa mandiri otomotif, karena potensi bangsa Indonesia sangat besar jika kita bersatu. Sangat sayang jika sumberdaya yang kita miliki justru untuk mensubsidi bangsa lain (penjajah), sementara bangsa kita juga masih kekurangan.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

89 responses to “Kalo Dipikir-pikir, Sebenernya Kita Sangat Senang Disuapin Teknologi “Usang” Motor Luar Negeri

  1. layak direnungkan bersama

  2. Jualannya juga mas atpm cuma asal laku tidak menjual barang berkwalitas dan baru bukan ter itu pasti mahal makanya mas apabisa adain artikelnya masalah tiap atpm mana kejujurannya dalam jualan disini

  3. yach karena negara (pejabat) kita seneng impor,

    langsung jadi. terima duit , beres.

    tidak seneng belajar u. berkembang,

    yach kita msh tertinggal lha dgn malay sekalipun

    (pernah punya pengalaman dgn birokrasi malaysia dan

    bagaimana pejabat kita menanggapi teknology jepang)

    sangat beda.

    dan sampai detik inipun msh spt dulu, blm berubah

  4. sekali enginner kita buat kesalahan

    langsung dihujat

    padahal itu adalah proses belajar pengembangan ilmu

  5. Ada atpm bonafide tapi jualan ecek ecek dan laku lagi sebenernya kita yang bodo apa yang jualannya mas,tapi ada juga yang dah tahu mana mesin yang agak baru ini pasti yang udah pada sekolah,walaupun msnnya juga belum sempurna permintaan konsu$men,kapan kita sadar dengan produk sendiri buatlah motor dengan rancang bangun dan spek yang canggih sesuai kemauan kita semoga

  6. Teknologi terbaru itu rata rata di cangkok big bike, sedangkan 250cc keatas sudah terkena pajak barang mewah,

    Mesinnya beda, body nya sama 😀
    http://rezaholic.wordpress.com/2014/02/05/imajinasi-liar-body-sama-mesinya-beda/

  7. Pantes aja ada yg maju dii garda terdepan kalau teknologi motojipinya(walau cuma ds+fp) dicolek

    Kwek kwek kwek

  8. Coba kyk Hero India,pede aja tuh bikin motor mesin diesel..
    Seakan wg indonesia sudah dlatih “jijik” produk cino,”jijik” produk lokal macam kanzen dulu,alasan kualitaslah dll pdhal bikin niru cino aja kangelan,,
    bisanya cuma menilai n mnghujat doang,,
    podo ae kyk aq!
    Ayo dunk bikin karya sendiri,biar ketahanan energi dlm negeri bs aman hehehe..
    Oh iya om motogokil,ngomong2 soal energi,ane saat SMA dulu sring bongkar pasang motor bwt modifikasi brbahan bakar bio gas,maklum om ane sekarang di kalimantan,listrik ga ada,tp limbah sawit sini sangat menggiurkn energinya,cuma trbuang percuma..
    Ane eksplorasi ke balai penyuluhan peternakan songgoriti batu tanya modifikasi mesinnya,eh dirahasiakan om,mlh nawarin generator 1500watt 7jt dh pke biogas,niat buat bisnis tuh..
    Cz org balai situ udh ada yg bisa bikin,yg udh operasi di pujon pake mesin zebra 1,3L pke biogas buat mutar generator 10kW,tak tanya pemiliknya eh ga tau yg dirubah apaan??
    Mgkn om tau apa aja yg dimodifikasi,atau mgkn ksh tau alamat org yg pke mesin brbahan bakar bio gas itu??
    Mf om kpanjangan..

  9. kami sudah sadar semua bro…tp apa daya jk pucuk pimpinan negara tdk mau melirik ato mndukung usaha2 ank negri yg brprestasi..jmn skrg sudah berubah uang sbg kiblat segalanya nasionalisme sudah keropos…contoh saja mobil PT esemka dbully oleh ank bangsa sendiri dg cara meloloskan mobil LCGC..mmg untuk mncapai kualitas dan prestasi tg bth wktu yg tdk singkat…harusnya LCGC dtolak krn pangsa pasarnya untuk produk dlm negeri..1000th kdpan aq tdk ykn bgsa ini bisa jd bgsa yg besar sprt cita2 proklamator, kpntingan pribadi/golongan adlh sgalanya selama slogan itu trtanam djiwa ank bangsa selama itu kt trjajah n trpuruk

    • yach itu yg terjadi.

      ndak tau kapan berubah

    • Betul masbro.. dan ini terjadi di banyak sektor which pucuk pimpinan & elite politik negri ini gak berpihak ke para engineer/scientist kita sendiri.. Sy pun akhirnya minggat macul ke negri2 orang untuk berkarya di bidang ane dan dihargai..

    • kuku atpm macem astra, indomobil, hpm udah dalem nancep di pemerintahan. lobi mereka buat sekali kayak dulu waktu pembatalan naik bbm yang rusuh trus karena 2014 tahun politik ya perlu modal lah..kalo ada yang bisa nyediain modal ya yang diatas tinggal tandatangan

    • Aku rasa nggak bisa juga nyalahin pemerintah. Soalnya, siapa yg pilih pemerintah itu dulu? Bukannya kita sendiri yg senang dgn politik biaya tinggi? Jadi salah kita semua, pemerintahan yg buruk merupakan hasil dari pilihan rakyat yg buruk juga.

      • politik biaya tinggi identik ama demokrasi.
        demokrasi katanya sih dari amrik sono yg ternyata tidak ebih demokratis dari kita.

        • demokrasi asalnya dari bisikan syaithon yang terkutuk
          kalo menurut ane, yang bener, tetep bener, meskipun 1 berbanding 1000000
          karena nggak mungkin diturunkan nabi dan rosul, jika kebenaran berdasarkan suara terbanyak

    • betul brader sependapat.

  10. sbtulnya banyk ahli dbidang otomotif, tp apadaya kl birokrasi di negeri ini td mndukung sdm nya sndiri

  11. cs1 meskipun mesin sonic tahun 2000 tpi bisa ngeprettin motor2 baru…hebatt

  12. tapi tetep teknologi Honda selangkah lebih maju dari kompetitor.
    ketika lainnya masih karbu, Honda udah injeksi. ketika yang lain masih stagnan model sport dengan lampu bulat Honda udah mengadopsi model lain. contonya di Honda Vixion…

    paling keren…

  13. Sayang yg buat artikel juga beli, sohc pula .

    Padahal kata dia DOHC itu superior ..
    Artikel ini sangat bertentangan dengan pembelaanya waktu itu ..

    Sampean ingin teknologi baru ??
    Sampean punya duwit berapa ??

    😀

  14. @ HRS
    iya bnr bgt bro,qt sbg anak2 muda mmg sukanya mengejek doang,bhkn pmerintahannya sm aja,iri dengki dh jd kbiasaan qt..
    Qt tak pernah mghargai sbuah proses..
    Cari mantu aja cari yg kaya,,
    prnh ada org katakanlah brpendidikan tinggi yg punya anak cwe cakep bgt,bilang “lbh baik aq punya mantu pemulung cz jelas penghasilannya halal n dr keringat sendiri pula..”

  15. @roy
    @mbah darmo
    mulai deh..

  16. Kita tunggu aja kreasi tangan dingin pak dosen,membuat motor dengan teknologi terbaru .. Harga murah , kencang dan irit !!

    Sukur2 bisa jalan mundur .

    ojo teori tok pak .

    😀

  17. Koq gak nyambung sama judulnya, Teknologi usang?

  18. Nunggu mtr pke teknologi hybrid kelamaan..
    Paling tdk nunggu motor honda pke teknologi i-VTEC
    atau Yamaha yg kolaborasi ma Toyota bikin motor berteknologi VVT-i
    sip! Hihihi..

  19. Bener banget mas bro…ane aja iri ama India…sebegitu mendalamnya doktrin “swadesi” dimana mereka bangga dengan produk dalam negerinya sendiri.

    Bandingkan dengan bangsa kita, kita tidak memiliki yg nama “Pride”…liat aja smua produk motor dalam negeri akan dicap abal2…dan down grade. Walau memang itu benar, tp adalah awal yg baik tuk alih teknologi yg seharusnya kita dukung. Yg dibutuhkan cuma kemauan, itu saja.

    Kalo dulu kita punya Soekarno yg berani unjuk dada, kalo sekarang pemimpin kita jg gak lebih dari antek neokapitalisme.

    Mari muali dari diri kita, mulai dari sekarang tuk belajar mencintai dan menghargai produk dalam negeri.

    • karena itu mulai dari diri kita masing2, walaupun kita masih pake produk asing, paling tidak kita mau belajar dari produk2 tersebut, dan “memiliki cita2” untuk mampu membuat yg serupa dengan itu bahkan lebih baik lagi.
      disamping itu mulailah kita menyadari bahwa kita sdh diperalat, sehingga kita saliing serang sesama anak bangsa, jangankan bersatu untuk maju, saling menghormati dalam berkomentar pun kita tidak mau.

  20. KAMEN RIDER GAIM

    cuma smartphone yg belum ketinggalan

    tapi jujur lho, ni artikel nyinggung TIGER banget

    ckckck

  21. Pingback: Kalo Dipikir-pikir, Sebenernya Kita Sangat Senang Disuapin Teknologi “Usang” Motor Luar Negeri | udinsastro

  22. Tau aja bro, mobil jepang di indonesia udh beredar 10tahun di jepang sendiri.

  23. Cobalah mandiri dari diri sendiri terus kekeluarga dan seterusnya klo bisa jangan mau kita disubsidi tapi klo inget oknum polisi seenaknya menilang tanpa alasan pasti itu yang merusak pikiran kita lagi menjadi kotor lagi kenapa ada aparat kita seperti itu pasti udah tahu citra polisi kita era kapan mau bener

  24. Tolong dijelasin lebih rinci dong pak
    Mksd nya “tertinggal’ itu seperti apa???
    Soalnya di sini masih belom dirincikan secara tajam seperti sistem pengabutan atau apanya nih???
    Sehingha tidak menimbulkan multitafsir

  25. mau bangun industri otomotif nasional? hahahahaha, memangnya indonesia punya duit berapa banyak sih?, bangun dulu industri hulu, baru mikir buat motor nasional. hahahaha.. untung saja sudah di tetapkan kebijakan ekspor olahan tambang yang baru. ga mentah lagi meeeen.
    keadaan saat ini sudah lebih baik buat indonesia, hitung saja berapa banyak komponen motor roda dua buatan asli indonesia. setidaknya sudah 70% lebih, biasanya hanya mesin saja yang masih impor. dan lagi di masa depan lebih menjanjikan bertarung di pasar otomotif baru dengan motor listrik, noh sudah banyak prototipe yang berhasil di buat, teknologi dasarnya sudah banyak di kuasai oleh indonesia. mw pilih apa saja ada.

    • makanya ane sebut usang, karena negara2 maju sdh mengarah ke motor listrik
      tapi di Indonesia digencarkan penjualan motor bakar, masih mending kalau bahan bakarnya hidrogen alias fuel cell

      • nah itu dia simpul masa depan industri otomotif nasional, MOTOR LISTRIK, skala industri, mudah membuatnya, pasarnya masih sangat luas(seluas samudra. hehehe), kalo cuma ukuran ASEAN sih ane kira bisa jadi leader market. SDM banyak/melimpah. secara produk pastinya jauh lebih awet, ramah lingkungan, fleksibel, dan pastinya hemat ongkos.

    • Makannya pemerintah harus mendukung perusahaan otomotif nasional. mesin blm bisa buat? perasaan vendor yg buat piston ada, contoh fim piston di bogor, kelistrikan jg ada contoh brt yg bisa buat cdi racikan sendiri. Tinggal kemauan pemerintah buat bantu pengembangan. Atau katakanlah buat bumn bidang otomotif gt lah.. Insinyur indobenesia buat pesawat terbang dari nol aja bisa masa cm motor gk bisa.

    • ga bakal dikasi berdiri sendiri ama jepang.. apalagi penboysnya juga militan ngehina industri motor yang pengen berdiri sendiri

  26. merdeka jgn selalu jadi boneka!

  27. bener om gokil, kalo mau maju pola pikirnya dulu di benerin. siapa tau pas pemimpinnya bener orang2 pinternya udah pada siap 😀

  28. ngoaha..haa..haa… judule NGIMPI..! waspada,barangkali ada kroni2NYA dimari

  29. super sekali!!! ayo berdikari

  30. Siap menjadi cerdas

  31. bener tuh
    kecewa berat pas browsing ke webnya honda thailand
    vario techno (click i) 110 disana udah injeksi, desain bak cvt lebih keren, desain tutup radiator oke sedang disini sama kayak vario yg pertama muncul 2006 cuma ganti baju 🙁

  32. Terimakasih pencerahannya.
    Tetap semangat Om.

  33. dulu malah banyak yang ngedoain ama nyukurin kanzen tersendat sendat

  34. Mari bermimpi ..

    Siapkan bantal n selimut ..

    Mari bakar aja kertas burem yg di atasnya ada coretan DOHC 32 dk !

    Karena itu teknologi usang !
    Karena masih berbahan bakar ..

    Tunggu pak dosen aja buat motor ramah lingkungan teknologi angin .

    😀

  35. 2 jempol buat bro motogokil!

  36. produsen motor indonesia gak ada lagi.

  37. http://m.youtube.com/watch?v=7zpBxlh0U0U

    fu150 vs cbr 250 vs ninja 250 Street Drag Race

  38. josss! sampe2 proyek mobil listrik, motor listrik tenggelam ga ada kabarnya lagi???? padahal targetnya tahun ini sudah produksi??? wes mboh lah, memang sudah kadung rusak semua….

  39. Pendekar Syair Berdarah

    sangat setuju sekali…
    orang-orang yg kompeten didunia otomotif seperti agan harusnya bikin komunitas ato asosiasi…

    😀

    lobi setiap petinggi atpm, karena ane yakin mereka semua orang indonesia termasuk buruhnya…

    😀

    bahas soal issue industri otomotif yg bersifat mandiri dan berjangka panjang demi masa depan anak cucu kita…

    maaf cuma pendapat awam…

  40. Pendekar Syair Berdarah

    iptn disuntik mati…
    saking bejatnya moral pemimpin kita…

    😀

    lebih baik jd tukang palak daripada punya sendiri ribet ngurusnya…

    😀

    mungkin seperti itu mental pemimpin negeri ini… busuk dan berjiwa pengemis…

    nazisss…..

  41. ranjang ternoda

    ada rupa ada harga.
    dinegara maju sana juga itu berlaku.l
    misal itu AHM jualannya sekelas clan crf teknologinya dgn rentang harga 45-130 jt. kemampuan daya beli masyarakat sudah sebesar itu? jika berkaca dari data aisi maka MS rentang harga tsb tidak mencapai 1%. karna masyarakat menimbang keekonomisanlah sehingga meninggalkan transportasi umum beralih ke motor. sebodoh amat ama hi tech yg penting nyaman n bisa nganteri cari mamam. atw maunya tukang ojek,bakso cilok cari mamam pake silverwing,cbr1000sp,vtr1200 dkk gitu.

    dijajah dgn produk ujung ujung nya nyebut jepang penjajah. jangankan Indonesia wong Amrik n UE dibombardir produk Jepang kok. dgn negara yg mengusai teknologi yg berimbang dgn jepang aja megap megap klo urusan teknologi yg tanamkan n value for money pada suatu produk.

    cuap cuap disini jg ga guna toh ga buat perubahan. bangun diri dan kembangkan,suatu saat ente ente besar dan mempunyai power buatlah seperti apa yg ente kritisi diatas demi kemjuan. sukur sukur ndak ikut terkontaminasi apa yg di kritisi tsb.

    btw,ane hanya orang bodoh yg tereliminasi dari dunia pendidikan,yg menolak 120jt demi kursi pns, yg menolak posisi staft di suatu PMA.

    • ya kalau cuma cuap2 emang nggak ada gunanya
      tapi kalau belajar pasti berguna,
      apalagi jika punya cita2 yang tinggi disertai usaha mencapainya, mungkin saat ini masih belajar siapa tahu besok ada kesempatan untuk mewujudkan
      kalau Allah SWT berkehendak memberi jalan, siapa yg bisa lawan?
      kalau kita nggak usaha, mana Allah mau memberi kita jalan ???

  42. kalo di mobil ada esemka,dan di motor ada kanzen,.. tp sayang ada orang yg nuduh part mereka dari china.. shngga orang awam terpengaruh.. padahal emang knapa kalo part dri china ?? sngguh,disayangkan.. coba lihat india,maju bro kalo soal otomotif.. padahal dulu tidak ada apa2nya..

  43. bangsa kita memang belum dewasa,mereka masih memakai pemikiran2 kolot,kaku,kuno,dan sebagian besar dr mereka itu bodoh tapi sok pintar tanpa mau belajar(pasrah opo jare sing nggawe urip),gk mau maju.
    Ditambah lgi bangsa kita krisis identitas,contoh:
    1.film india lgi booming,semua mengikuti tarian/nyanyian/gaya pakaian org India.
    2.Lgi marak boyband,semua berlomba2 membentuk boyband
    3.Gaya bicara campur aduk pake bhs. Inggris,dan masih banyak lgi yg lain (kepanjangan klo saya sebutkan semua).
    Poin yg no.3 ini,yg parah..gk hanya kalangan masyarakat umum/selebritis saja,para penjabat baik menteri atau anggota DPR dll sering mengucapkan kata yg dicampur aduk dengan Bhs.Inggris seolah mereka semua tidak bangga dengan Bhs.Indonesia.
    Bagi kalangan org2 sok intelek..Ok,gk jd masalah.
    Tp bagi org awam/berpendidikan rendah/org bodoh seperti saya, apa bisa memahami/mengerti????

  44. Thanks kang bro @motogokil, , , , Very Inspiring. . . .

  45. Pingback: Pricing Strategy ??? Bajaj Dah Duluan, Merek Lain Cuma Ngikutin | motorgoodness

  46. Pingback: Pricing technique ??? Bajaj Dah Duluan, Merek Lain Cuma Ngikutin – UratMalu

  47. emang bener. .
    lha mobil esemka gimana kabarnya itu. .
    mobil listrik yang pernah dicoba pak dahlan juga gimana nih. . .kok hilang ditelan pemilu. .

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan