ganti-oli-bloger

CB150R Street Fire, Memenangkan Hati Remaja dan NVL Memenangkan Hati Orang Tua

Diposting pada

honda cb150r vs yamaha new vixion

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan. Salam satu aspal, buat bro rider semua.

Beberapa minggu yang lalu, ane mendapatkan kabar bahwa angkatan ane saat kuliah di TE-UB, akan melangsungkan kegiatan temu alumni di Gunung Bromo. Terbersit keinginan untuk mengikutinya, tapi dengan mengendari motor, kebetulan kita ber-4  sudah sepakat (satu alumni satu angkatan yg kebetulan kerja di UB, 3 sudah biasa bawa motor, yg 1 biasa bawa inova). Seorang teman, katakanlah yg namanya “Hadi”, yang biasa naik inova pengen juga ke Bromo naik motor.

Jadilah kita hunting motor baru, ada beberapa pilihan CBR150, CB150R, Verza, NVL, Byson. Ane anter hadi, ke deler yamaha (kebetulan tunggangan ane NVL supaya bisa langsung jadi referensi), di deler ditumpai-lah NVL sambil liat2 bodi dll. Rupanya hadi bener2 tertambat hatinya dgn NVL, terus mulailah ngobrol2 dengan sales untuk proses pembayarannya. Akan tetapi ternyata Hadi, punya kepentingan lain dalam membeli motor baru tersebut, yaitu agar bisa dipakai juga oleh anak laki2nya yg mulai dewasa (dah dapet sim C). Sebelum bener2 deal, hadi sempet telpon dan diskusi dengan anaknya, selanjutnya kita pulang.

Di hari berikutnya, ane tanya ke hadi,” Jadi pilih motor apa, di?”.

Jawabnya,”Wah payah nih, anak ku mintanya CB150R, padahal aku dah membujuknya untuk pilih NVL, dia tetep minta CB150R”.

Hadi memberikan tambahan, rupanya beberapa hari yang lalu, anaknya sempet turing ke Jogja dengan teman2nya sebanyak 8 motor, mungkin saat itu terlihat jelas performa masing2 motor baik CB150R maupun NVL.

cb item

Akhirnya jadilah Hadi meminang CB150R warna hitam. Hal ini bertolak belakang dengan rekan senior yg juga ingin beli motor sport baru, rekan senior ane, memilihkan motor NVL  untuk anaknya, kebetulan anaknya nurut dan tidak memberikan perlawanan. Menurut rekan senior ane, NVL nyaman dan memenuhi kebutuhannya, jadilah beliau memilihkan dan meminang NVL. Jadi kesimpulan sementara dari kejadian yang ane alami

  • NVL pilihan orang tua/dewasa (ane, hadi, rekan senior)
  • CB150R pilihan remaja (ABG)

Analisis situasinya kira2 :

1. NVL dipilih lelaki matang (orang tua/dewasa) karena beberapa pertimbangan yaitu; tampangnya bagus, build quality halus, torsi lumayan mumpuni untuk daerah macet, nggak terlalu kenceng (hati lebih tenang kalo NVL dibawa anak laki-nya) dan irit.

2. CB150R dipilih remaja karena “kenceng” meskipun tampangnya kalah dari NVL. Tapi kalo menurut ane secara “siluet” CB150R lebih proporsional.

Kira2 segitu dulu cerita perubahan mindset konsumen yang mulai terbalik terhadap produk honda dan yamaha. Entah ini berlaku secara umum atau hanya kasuistis saja, gimana menurut bro2 semua, mengapa hal ini bisa terjadi ???