ganti-oli-bloger

Sekali Lagi, Sok Depan ER6 Patah. Padahal Nggak Nabrak dan Hanya Ngerem Depan

Diposting pada

 

er6 sok depan patah0

Assalamu’alaikum wR

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Beberapa hari yang lalu, sempat ramai diberitakan kecelakaan antara honda supra dan kawasaki er6. Kemungkinan kecalakaan yang terjadi sangat fatal sehingga sok depan kawasaki er6 sampai patah. Kemudian muncul komentar-komentar yang menghubungkan patahnya sok er6 ini dengan kejadian yang sering menimpa motor lain yang juga (sering) patah sok depannya saat kecelakaan.

Baru-baru ini, terjadi lagi suatu insiden yang melibatkan er6, dan sok depannya juga patah. Akan tetapi kejadiannya sangat mengherankan, dan menjadi tanda tanya besar, karena er6 tidak bertabrakan dengan kendaraan lainnya. Melainkan yang terjadi adalah¬†kawasaki er6 hanya melakukan pengereman keras dengan kecepatan awal hanya 90 kpj, untuk menghindari penyeberang jalan. Dan lihatlah apa yang terjadi….

er6 sok depan patah1

Patah juga sok depannya mas bro. Nah lho ???

Berikut ini screenshot-nya

er6 sok depan patah3

Susah juga menganalisis penyebab patahnya sok depan er6 ini, pasalnya motor ini termasuk moge kualitas premium.

Kalau menurut perkiraan awal motogokil, meskipun kecepatan awal hanya 90 kpj, akan tetapi jika pengendara+barang bawaannya sangat berat, beban yang ditanggung sok depan menjadi sangat berat, karena bobot kawasaki er6 sudah lumayan berat yaitu 204 kg. Apalagi jika rider melakukan hard braking yang sangat kuat dalam waktu sekejab (tidak berangsur-angsur), maka momen yang ditanggung sok depan luar biasa besar, sehingga tidak kuat dan patah. Mengenai penyebab sok depan patah, sudah pernah motogokil bahas di artikel ini

Semoga kejadian ini menjadi pelajaran buat kita semua agar lebih berhati-hati di jalan raya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.