MT15 Menggunakan Engine Vixion, Adalah Sesuatu yang Sangat Wajar

MT15 spyshot

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Banyak yang mengharapkan mt15 menggunakan engine dengan sistem penggerak klep dohc. Tapi apa lacur, bocoran terkini menunjukkan bahwa engine mt15 tetap menggunakan engine yang sama dengan vixion, yaitu sohc overstroke. Sesungguhnya penampakan sekilas dari knalpotnya saja menunjukkan bahwa engine-nya identik dengan engine vixion, makanya wajar pada akhirnya bocoran menunjukkan bahwa memang engine vixion yang digunakan.

Adapun penyematan engine vixion pada mt15, sesungguhnya sudah betul dan sangat cocok dengan karakter dan pamor motor yamaha bergenre “MT”. Karena engine vixion mamang sudah memilki torsi yang luar biasa di rpm bawah. Tentunya jika diaplikasikan pada mt15, torsinya harus diperbesar lagi, lebih nendang dibandingkan vixion. Sehingga seperti halnya mt125, engine mt15 merupakan versi bore-up dari mt125. 

Langkah ini tentunya sudah menjadi kebiasaan bagi yamaha. Karena yamaha sudah pernah melakukan hal ini sebelumnya, baik di bebek (vega-jupiter), metik (klan mio) dan di sport (mx-vixion). Jadi basis engine yang gunakan sama, dan perbedaan hanya pada karakternya saja. Dan untuk menjadikan perbedaan karakternya tentunya pabrikan sekelas yamaha sangat mudah melakukannya.

  1. Mau irit bore diperkecil, torsi diletakkan di rpm bawah
  2. Mau kenceng power diletakkan di rpm atas
  3. Mau torsi besar dan kencang, bore di perbesar power diletakkan di rpm atas
  4. Mau torsi lebih besar lagi, tapi power secukupnya, torsi diperbesar dan diturunkan di rpm bawah-menengah.

Jadi yang dimainkan oleh pabrikan adalah volume silinder, efisiensi volumetrik dan afr. Kalau semua motornya premium/pertalite ready maka cr-nya akan di-set di 10.4 s/d 10.6. Yang dioprek oleh pabrikan adalah profil camshaft, tentunya dengan diikuti mapping ulang ecu. Jadi dengan penggunaan platform engine yang sama, untuk beberapa motor, akan jauh lebih efisien dan menguntungkan.

Karakter “mt”15 memang sudah sangat cocok dengan engine vixion. Dan  jika engine vixion masih laku dijual (dipasang di mt15), buat apa pakai engine lain (dohc). Tentunya akan tidak efisien karena biaya riset dan pengujian engine dohc juga tidak kecil.

Apalagi langkah yang dilakukan honda (ahm) benar-benar membuat yamaha (yimm) serba salah. Mau membuat dohc overbore, honda cbr150 sudah siap menghadang. Mau membuat dohc square, new cb150r dan sonic150r sudah maju duluan. Jika dibenturkan dengan spesifikasi yang dimiliki honda, maka yamaha harus memperisapkannya dengan lebih matang, dan yang seperti ini sering dihindari oleh yamaha. Seperti persaingan motor-motor sebelumnya, supra(97) vs vega (109), tiger (2000) vs scorpio (225), supra125 vs jupiter mx (135) dan yang terahir vario150 vs nmax (155).

Jadi jika ingin berbeda, yamaha harus membangun engine yang belum dibuat honda, yaitu  dohc overstroke. Tentunya dengan volume silinder yang cuma 150 cc, membangun engine overstroke, akan menyisakan diameter silinder yang cukup kecil, Jika ingin tetap mempertahankan konstruksi ini, maka komponen di kepala silinder dohc akan kecil-kecil dan cukup menyulitkan bagi mekanik.

Selain itu untuk menjadikan komponen yang kecil tapi kuat, dibutuhkan material yang jauh lebih baik dibandingkan dengan material yang lebih besar dimensinya. Dan akan terjadi kompromi antara harga dan kekuatan material. Jika harga menjadi lebih penting, maka kekuatan material yang dikorbankan. Dan sebaliknya jika material dibuat bagus untuk memenuhi spek tersebut, maka harga akan menjadi mahal, dan ini akan menjadi kendala penjualan khususnya di Indonesia.

Jadi sangat wajar jika mt15 menggunakan engine klan vixion, selain cocok karakternya, lebih efisien ongkos produksinya. Sudah ada produk bagus dan laku, kenapa harus diganti ? Kalau sudah mendapatkan keuntungan yang besar dengan yang ada sekarang, kenapa harus keluar biaya lagi untuk menggantinya dengan sesuatu yang belum pasti untungnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

Advertisements

$where = 0;

26 responses to “MT15 Menggunakan Engine Vixion, Adalah Sesuatu yang Sangat Wajar

  1. Terus mesin DOHC yang di test di sumatera, punya sopoooo hehe

  2. munkin mesin dohc yg diisukan di tes disumatra utk nex r15,, atau bisa jg itu cuma isu blaka.

    • Kalo isu kayaknya bukan… mungkin buat next r15… tau kan yamaha itu kalo udah kepepet mau dohc high power pun bisa kluar… mirip2 strategi awal muncul penampakan vixion di 2006 akhir…

      #tapi kapan?? 😀

  3. mt-15 pake mesin vixion

    new vixion major facelift new machine lebih klop

    jangan sampe ngorbanin title MT “Master of Torque” tapi torquenya melempem

  4. Waduuuuhh, ya sayang banget klo tmpang bahenol gitu di tempolin engine vixi lg…
    lagian, klo torsi ditambah, ya buat apa, vixi itu udh kegedean di lini bawah.. Mubadzir teriak bentar lngsung ngos”ngosan lg ibarat petinju cm kuat smpe ronde 3, sisanya… Aahh sudahlah!

    • Kalo mau seting lagi di lini gearbox 6 speed saya rasa engk kedodoran kok bro… cuma emang top speed tergadaikan… namanya jg operstruk 😀

  5. sepertinya mustahil om dosen.
    masa mt15 pake mesin vixion.
    kecuali yamaha cukup “dungu”.

    ayolah, pake dohc, lagi ngetrend nih….
    cukuplah mesin minarelli dipake vixion aja. mt sama r15 harus dohc dong.

  6. Sbenernya mesin gen minareli itu udah top of torque… ingat gak gen 1 mx135?? Kalo bicara aksel udah bisa nyaingin 1600neotech…. tapi semakin kesini kualitas sparepart semakin berkurang (bobot crankshaft,dll) itu yang bikin kualitas asli mesin minareli ini tergadaikan… bahkan sebuah r15 pun yang notabene sport fairing dipaksakan memakai engine ini…

    otomatis mesin yang seharusnya torque dipaksa berubah menjadi high power… akhirnya larilah ke spek noken highlift, ini yg membuat mesin gen vixion,r15,mx150 kepanasan/haus oli dan hilang sudah karakter torque itu dan munculah karakter yg TANGGUNG (bawah enggak atas juga enggak)

    #sory dowo

  7. Setuju mesin vixion dipakai mt 15 lebih value jangan kebawa tetangga ikutan dohc pertahankan sohc vixion jooss

  8. Berarti ga ada yang baru dong dari yamaha

  9. Bisa jdi krn emang minarelli sono blm berhasil mengembangkan engine dohc 150cc yg powerfull & pnya durability yg setara dgn sojc 4valvenya serta isa dipakai Y utk mengganti sohc 4valvenya skrg coz mesin yg dipakai adlh riset warisan minarelli yg diakuisisi Y,,just opinion lho ya….

  10. Ada om, yamaha bisa pakai head nmax udah manteo pakai vva tinggal bikin cam lebih agresif udah maknyos bawah irit atas bisa liar.

  11. Bisa jdi krn emang minarelli sono blm berhasil mengembangkan engine dohc 150cc yg powerfull & pnya durability yg setara dgn sohc 4valvenya serta isa dipakai Y utk mengganti sohc 4valvenya skrg coz mesin yg dipakai adlh riset warisan minarelli yg diakuisisi Y,,just opinion lho ya….

  12. betul itu skrg lg riset head silinder mirip punya Nmax bossss.

  13. Setujuu….mesin vixion plus vva 6 percepatan…. wes itu aja dijamin juooss….

  14. Klan honda jazz pakai sohc aja sdd joss bgt..tinggal tambah tehknologi..

  15. Ternyata yamaha gagal bikin dohc overbore. Padahal fbnya udah ngeledekin near switty sonic150 dan NCB150r.
    Mungkin Emang segitu kemampuan Yimm. Padahal pabrik kecil macem SIS bisa bikin dohc 150cc.

    Analisa saya jika MT15 pake varian vixion stroke 58,7mm coz kubikasinya harus 155cc supaya sepadan ngelawan sonic & NCB.
    Pertimbangan lain jelas merugikan krn seperti menyediakan part upgrade klan vixion saja, user vixion lbh memilih part upgrade saja, sedangkan penjualan new produk MT15 akan tergerus.

    Paling mungkin pake basis byson fi stroke 57,9mm +high compressi+radiator kapasitas tetap 150cc.

    Tp jadinya persaingan stroke 57,8mm sonic/ncb vs stroke 57,9mm next MT15. Jeruk vs jeruk…. Xixixixixixixi

    • Ane rasa gak usah lah ngeladenin stroke 57,8….. cukup aja yg sekarang dipakein head nmax yg vva…. kalo perlu naikin diameter piston 60mm… udah cukup buat nabokin duo square… itu pun kalo yamaha gak pelit :D…. toh sekarang kualitas material mesin honda udah gak kayak dulu lagi… crankcase kanan kiri cb150 aja udah kayak krupuk… tipis…. wkwkkwkw

  16. Pake mesin nmax dah bagus
    Vva+155cc

  17. ane setuju kalo mt15 pake mesin vixion plus vva… dah tu aja…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan